Gaya Belajar Visual: Definisi, Karakteristik hingga 7 Contohnya

Gaya Belajar Visual: Definisi, Karakteristik hingga 7 Contohnya

gaya belajar visual

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Bisakah anak meningkatkan efektivitas belajarnya melalui penggunaan gambar? Apakah kemampuannya dalam mengingat informasi lebih baik saat dia dapat membayangkan atau melihat visual? Gaya belajar visual seringkali menjadi pilihan yang efektif. Mengetahui gaya belajar anak, memungkinkan orang tua untuk mengadopsi pendekatan yang lebih sesuai, memastikan bahwa anak dapat memahami, dan menguasai materi dengan lebih baik.

Nah, orang tua wajib tau, nih gaya belajar visual dari definisi, karakteristik hingga contoh-contohnya agar bisa diterapkan di rumah atau di manapun!

Definisi Gaya Belajar Visual

Gaya belajar visual merupakan satu dari tujuh gaya belajar umum. Enam gaya belajar lainnya mencakup gaya belajar auditori, kinestetik (fisik), verbal (linguistik), logis (matematika), sosial (interpersonal) hingga yang terakhir ada gaya belajar soliter.

Individu dengan gaya belajar visual cenderung memahami informasi lebih baik melalui visual, seperti gambar atau ilustrasi. Mereka lebih menyukai pengamatan langsung atau menghadapi hal-hal seperti gambar, diagram, instruksi tertulis, dan sejenisnya.

Pembelajar visual memiliki kecenderungan untuk menggunakan alat-alat seperti bagan, peta, grafik, dan diagram untuk mengakses dan memahami informasi. Strategi pembelajaran yang paling efektif bagi mereka adalah melibatkan penggunaan gambar untuk menjelaskan konsep dan ide, misalnya melalui peta konsep yang kreatif dan menarik.

Ciri-Ciri Gaya Belajar Visual

Individu dengan gaya belajar visual memiliki kecenderungan untuk lebih cepat mengingat kata-kata yang ditampilkan secara visual. Mereka cenderung suka melakukan catatan sebagai metode pembelajaran. Pendekatan mereka dalam memecahkan masalah melibatkan persiapan ide-ide yang disusun dengan cara menuliskannya.

gaya belajar visual
Sinotif

Berikut adalah ciri-ciri gaya belajar visual:

  • Karena memiliki kecenderungan untuk berimajinasi, pembelajar visual terkadang sering terbawa lamunan.
  • Mereka menikmati stimulasi visual seperti gambar, warna, kontras cahaya, dan sejenisnya.
  • Mampu memahami makna mendasar di balik bahasa tubuh dan ekspresi wajah, meskipun mungkin perlu melihatnya secara langsung untuk pemahaman yang lebih baik.
  • Keahlian membaca peta dan grafik seringkali menjadi kelebihan mereka.
  • Dalam hal pengejaan, mereka cenderung memvisualisasikan kata-kata untuk mengejanya dengan benar.
  • Pandai menggunakan intuisi untuk memecahkan masalah.
  • Menikmati menonton video, menggunakan kartu flash, dan menyorot informasi sebagai alat pembelajaran.
contoh gaya belajar visual
Kejora Indonesia
  • Mudah memperhatikan hal-hal baru dalam ruangan atau perubahan fisik seseorang.
  • Sering membuat daftar untuk mempermudah mengingat informasi.
  • Memiliki bakat yang kuat dalam seni, mekanik, atau teknologi.
  • Perfeksionis dan cenderung sangat terorganisir.
  • Mudah mengidentifikasi pola dalam informasi yang mereka lihat.
  • Lebih suka lingkungan yang tenang karena mudah terganggu oleh kebisingan.

7 Contoh Gaya Belajar Visual

Berikut adalah beberapa tips untuk mendukung gaya belajar visual yang edukatif untuk anak.

Gunakan Papan Tulis Lebih Banyak

Membiasakan diri untuk menuliskan kata-kata baru di papan tulis dengan menambahkan sedikit petunjuk seperti garis bawah untuk meng-highlight kata penting, dapat membantu dalam mendukung gaya belajar visual. Penggunaan papan tulis secara aktif dapat meningkatkan pemahaman mereka.

Gunakan Spidol daripada Pensil

gaya belajar visual
Bebeclub

Menggunakan spidol warna-warni alih-alih pensil dalam kegiatan belajar dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Warna-warni spidol dan kemudahan penggunaannya dapat menarik perhatian anak.

Tambahkan Simbol atau Gerakan Saat Mengajar dengan Kartu Flash

Menggunakan isyarat visual seperti simbol atau gerakan saat mengajar dengan kartu flash dapat membantu memperkuat pemahaman anak terhadap kosakata. Misalnya, menggambarkan kata “enak” dalam bentuk lingkaran es krim dan mengajarkan gerakan yang terkait dengan ide “enak.”

Bermain Kartu Flash

contoh gaya belajar visual
95 Percent Group

Permainan dengan menggunakan kartu flash, seperti mencocokan dua gambar yang sama, dapat menjadi metode yang menyenangkan sekaligus efektif untuk mendukung pembelajaran visual si anak.

Gunakan Slideshow atau Video

Menggunakan slideshow dengan banyak gambar atau video dapat menjadi alternatif pembelajaran yang menarik bagi anak. Metode ini dapat lebih memikat perhatian mereka daripada pembelajaran melalui bacaan kertas biasa.

Tuliskan Informasi yang Didengar

Menuliskan kembali materi yang didengar membantu visual learner dalam memahami dan mengingat informasi dengan lebih baik. Disarankan untuk membuat catatan dengan kata-kata sendiri, atau jika waktu terbatas, pertimbangkan merekam audio untuk kemudian ditranskripsikan.

Gunakan Grafik, Bagan, atau Diagram

gaya belajar visual
Hope Blog

Mengubah informasi teks menjadi grafik, bagan, atau diagram membantu menyajikan data secara jelas dan ringkas. Gaya belajar visual cenderung lebih mudah memahami informasi visual, sehingga penggunaan visualisasi dapat meningkatkan pemahaman.

Gaya belajar visual membuka pintu bagi pemahaman yang mendalam melalui penggunaan gambar, warna, dan visualisasi. Penting bagi para pendidik dan orang tua untuk memahami kebutuhan dan preferensi pembelajaran anak-anak, sehingga mereka dapat menyediakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan optimal.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel