Dongeng Sebelum Tidur: Membangun Imajinasi Anak dengan Cara yang Menyenangkan

Dongeng Sebelum Tidur: Membangun Imajinasi Anak dengan Cara yang Menyenangkan

dongeng sebelum tidur
Image from Pixabay

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Dongeng merupakan salah satu bentuk sastra lisan yang populer sejak jaman dahulu. Dongeng sebelum tidur adalah tradisi yang sudah dilakukan sejak lama di mana orang tua atau orang dewasa membacakan sebuah cerita kepada anak-anak sebelum tidur.

Tidak hanya sebagai hiburan sebelum tidur, dongeng sebelum tidur juga dapat membantu membentuk imajinasi dan kreativitas anak.

Dalam artikel ini, yuk kita bahas manfaat membacakan dongeng sebelum tidur, bagaimana cara memilih dongeng yang tepat untuk anak-anak dan beberapa contoh dongeng yang bisa dibacakan untuk anak.

Mengapa Dongeng Sebelum Tidur Penting untuk Anak-anak?

Membangun Imajinasi dan Kreativitas Anak

Dongeng sebelum tidur dapat membantu membangun imajinasi dan kreativitas anak-anak. Cerita-cerita dalam dongeng seringkali memiliki karakter dan alur yang tidak biasa sehingga dapat memicu imajinasi anak-anak untuk membayangkan sesuatu yang baru dan berbeda.

Selain itu, dongeng juga mengajarkan anak-anak untuk berpikir kreatif dalam menyelesaikan suatu persoalan atau masalah dalam cerita.

Menenangkan Pikiran dan Membantu Anak Tidur dengan Nyenyak

Dongeng sebelum tidur juga dapat membantu menenangkan pikiran anak dan membuat mereka merasa nyaman sehingga mudah tertidur.

Banyak anak yang sulit tidur atau cemas sebelum tidur, dan dongeng dapat membantu meredakan kecemasan mereka. Selain itu, membacakan dongeng kepada anak dapat menjadi momen yang intim dan akrab antara orang tua dan anak sebelum mereka tidur.

Bagaimana Memilih Dongeng yang Tepat untuk Anak-anak?

Pilih Cerita yang Sesuai dengan Usia dan Minat Anak

Pilihlah cerita yang sesuai dengan usia dan minat anak. Anak-anak yang lebih muda akan lebih menyukai cerita yang sederhana dan singkat, sementara anak-anak yang lebih besar mungkin menyukai cerita yang lebih kompleks dan panjang.

Pastikan juga bahwa cerita yang dipilih tidak terlalu menakutkan atau mengandung adegan kekerasan.

Pilih Cerita yang Membawa Pesan Moral yang Baik

Cerita dalam dongeng sebelum tidur sebaiknya mengandung pesan moral yang baik untuk anak-anak. Cerita-cerita seperti “Si Kancil dan Buaya” atau “Cerita Rakyat Indonesia” mengandung pesan moral yang baik seperti kejujuran, kerja keras, dan persahabatan.

Gunakan Imajinasi dalam Membacakan Cerita

Gunakan imajinasi dalam membacakan cerita kepada anak. Cobalah untuk menggunakan suara yang berbeda-beda untuk setiap karakter dalam cerita. Gunakan gerakan dan ekspresi wajah untuk menghidupkan cerita.

Contoh Dongeng Sebelum Tidur

Berikut adalah beberapa contoh dongeng sebelum tidur yang bisa kamu bacakan kepada anak:

Cinderella

Cinderella adalah dongeng klasik yang bercerita tentang seorang gadis miskin yang tinggal bersama ibu tiri dan saudara tirinya yang jahat. Namun, dengan bantuan peri, Cinderella akhirnya berhasil menemukan cinta sejatinya dan hidup bahagia selamanya.

Raja Midas

Raja Midas adalah dongeng yang bercerita tentang seorang raja yang sangat tamak. Suatu hari, ia mendapat hadiah dari dewa Dionysus, yaitu kekuatan untuk mengubah apapun yang ia sentuh menjadi emas. Namun, kekuatan tersebut akhirnya membawa malapetaka bagi Raja Midas.

Putri Tidur

Putri Tidur adalah dongeng yang bercerita tentang seorang putri yang dikutuk oleh penyihir jahat. Menurut kutukan tersebut, putri tersebut akan tidur selama seratus tahun dan hanya bisa terbangun oleh ciuman dari pangeran yang jatuh cinta padanya.

Peter Pan

Peter Pan adalah dongeng yang bercerita tentang seorang anak laki-laki yang bisa terbang dan tidak pernah tumbuh dewasa. Ia tinggal di Neverland bersama dengan teman-temannya yang juga tidak pernah tumbuh dewasa, dan selalu berpetualang di dunia fantasi.

Thumbelina

Thumbelina adalah dongeng yang bercerita tentang seorang gadis kecil yang sangat kecil, hanya seukuran ibu jari. Namun, dengan keberanian dan kesabaran, ia berhasil mengatasi berbagai rintangan dan menemukan kebahagiaan yang sejati.

Kancil dan Buaya

Dongeng kancil dan buaya adalah salah satu cerita rakyat yang terkenal di Indonesia. Dongeng satu ini bercerita tentang kancil, si tokoh utama cerita ini, adalah hewan kecil yang sangat cerdik dan lincah. Dia selalu cerdas dan pandai dalam menghadapi masalah, meskipun ukurannya kecil.

Namun, di hutan tempat tinggalnya, ada buaya yang sangat rakus dan sering memakan hewan-hewan kecil, termasuk kancil. Dengan kecerdikannya kancil mampu memperdaya buaya yang ingin memakan kancil.

Cerita ini sering dijadikan sebagai bahan pembelajaran bagi anak-anak tentang pentingnya kecerdikan dalam menghadapi masalah.

Kesimpulan

Menceritakan dongeng sebelum tidur merupakan kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi anak. Selain dapat memperkaya imajinasi dan kreativitas anak, dongeng juga dapat membantu mengembangkan kecerdasan emosional dan membangun karakter anak.

Setelah tahu banyak manfaatnya, masihkah perlu menunda membacakan dongeng kepada anak sebelum tidur?

Lihat tulisan lainnya di Google News

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM