Penjelasan Lengkap Perbedaan Kepulauan Britania, Britania Raya, Inggris Raya, dan Inggris

Penjelasan Lengkap Perbedaan Kepulauan Britania, Britania Raya, Inggris Raya, dan Inggris

perbedaan inggris inggris raya dan britania raya

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Meskipun istilah Kepulauan Britania, Britania Raya, dan Inggris sudah sering ditemukan di mana-mana, masih banyak yang belum paham perbedaan dari keempatnya.

Masing-masing istilah tersebut punya kesamaan dengan satu sama lain, tapi juga perbedaan. Beberapa perbedaannya harus diperhatikan juga karena dalam beberapa aspek, tidak bisa digunakan secara bergantian.

Meski terletak di Kepulauan Britania, tak semua negara yang ada di sana termasuk negara yang tergabung dalam United Kingdom (UK) lho.

Untuk lebih jelasnya, begini penjelasan lengkap dan disertai tabel terkait perbedaan Kepulauan Britania, Britania Raya, Inggris Raya, dan Inggris.

Kepulauan Britania

Penjelasan Lengkap Perbedaan Kepulauan Britania, Britania Raya, Inggris Raya, dan Inggris - image
Peta kepulauan Britania (Thermmark)

Kepulauan Britania atau British Isles merupakan istilah geografi yang mengacu pada pulau-pulau Britania Raya, Irlandia, dan sekitar 5.000 pulau kecil lainnya yang tersebar di Samudera Atlantik Utara, atau barat laut benua Eropa.

Negara Republik Irlandia yang terletak di pulau Irlandia adalah bagian dari kepulauan Britania, tapi hanya sebatas itu. Republik Irlandia bukan bagian dari Britania Raya ataupun Inggris Raya.

Yang perlu diketahui tentang orang Republik Irlandia tentang hal ini adalah mereka tidak suka disebut sebagai orang Inggris (British). Sehingga istilah yang benar untuk menyebut orang yang berasal dari Irlandia adalah orang Irlandia (Irish).

Britania Raya (United Kingdom)

Penjelasan Lengkap Perbedaan Kepulauan Britania, Britania Raya, Inggris Raya, dan Inggris - uk 01
Peta Britania Raya atau Inggris Raya (World Atlas)

Britania Raya, Inggris Raya, Great Britain atau United Kingdom memiliki definisi yang hampir sama, tapi tetap punya perbedaan yang perlu diperhatikan.

Adapun perbedaan definisi terjadi karena faktor sejarah yang panjang di antara negara-negara dalam kepulauan Britania.

Britania Raya atau Great Britain sendiri mengacu pada istilah geografis untuk sebuah pulau yang disebut pulau Britania, salah satu pulau di kepulauan Britania.

Wilayah Britania Raya ini terdiri dari negara Inggris atau England, Skotlandia, dan Wales yang kini lebih memilih disebut sebagai Cymru (dibaca: Kemri), sesuai bahasa asli mereka, bahasa Wales.

Tidak semua pulau milik UK juga milik Britania Raya meskipun jaraknya berdekatan. Isle of Man atau beberapa pulau lebih kecil lainnya misalnya, bukan bagian dari Britania Raya walaupun bagian dari UK.

Inggris Raya

Inggris Raya atau United Kingdom (UK) merupakan negara berdaulat yang mencakup wilayah Britania Raya dan Irlandia Utara. 

Karena merupakan negara berdaulat, maka UK juga punya nama resmi yaitu Perserikatan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara.

Sehingga UK bisa dikatakan sebagai istilah yang mengarah pada aspek politiknya, bukan hanya geografis.

Sebagai negara, Inggris Raya atau UK ini dipimpin oleh Perdana Menteri (PM) selaku kepala pemerintah yang dilantik oleh Raja/Ratu Inggris, selaku kepala negara. 

Pada 25 Oktober 2022, Rishi Sunak yang terpilih sebagai PM Inggris bersama anggota kabinetnya dilantik oleh Raja Charles III, selaku raja dari Kerajaan Inggris.

Inggris

Ketika menyebut Inggris atau England, kebanyakan orang akan berpikir bahwa Inggris adalah sebuah negara yang berdiri sendiri.

Memang benar Inggris adalah sebuah negara, tapi juga negara bagian dari UK yang bisa juga disebut sebagai bagian dari negara konstituen.

Sehingga posisi Inggris setara dengan Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara yang sama-sama berada di bawah kepemimpinan Rishi Sunak selaku PM Inggris Raya saat ini. 

Maka sama seperti ketiga negara tersebut juga, Inggris bukan sebuah negara berdaulat yang bisa berpartisipasi dalam kegiatan internasional.

Untuk bergabung dalam komunitas internasional, Inggris perlu diwakilkan oleh pemerintah Inggris Raya seperti ketiga negara konstituen lainnya.

Sebelum adanya Inggris Raya dan Kerajaan Inggris, Inggris merupakan sebuah negara monarki berdaulat yang dipimpin oleh keluarga kerajaan yang masih mengepalai Inggris Raya hingga saat ini.

Tabel perbedaan kepulauan Britania, Britania Raya, Inggris Raya, dan Inggris

Untuk lebih memahami perbedaan antara kepulauan Britania, Britania Raya, Inggris Raya, dan Inggris, berikut ini tabel yang merangkum keempatnya.

PerbedaanKepulauan BritaniaBritania RayaInggris RayaInggris
Istilah dalam bahasa InggrisBritish IslesGreat BritainUnited Kingdom (UK)England
DefinisiIstilah geografis untuk menyebut gabungan antara pulau Britania dan IrlandiaIstilah geografis untuk Inggris RayaIstilah politik untuk negara berdaulat yang terdiri dari 4 negara bagian lainnyaIstilah politik untuk negara yang menjadi bagian dari Inggris Raya
Terdiri dariInggris (England)
Skotlandia
Wales/Cymru
Irlandia
Inggris (England)
Skotlandia
Wales/Cymru 
Inggris (England)
Skotlandia
Wales/Cymru
Irlandia Utara
Dipimpin olehRaja Charles IIIRaja Charles IIIRaja Charles III
sediksi.com/ranimasida

Itu dia penjelasan perbedaan antara kepulauan Britania, Britania Raya, Inggris Raya, dan Inggris yang benar. 

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel