11 Perlengkapan Mendaki Gunung untuk Wanita Pemula, Catat Apa Saja!

11 Perlengkapan Mendaki Gunung untuk Wanita Pemula, Catat Apa Saja!

perlengkapan mendaki gunung untuk wanita pemula
Unsplash/Jake Melara

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Saat ini mendaki gunung adalah salah satu olahraga yang saat ini digemari. Olahraga mendaki gunung tidak membatasi gender. Semua bisa menikmati olahraga mendaki gunung.

Peralatan yang mumpuni untuk menunjang pendakian gunung juga diperlukan. Apa saja perlengkapan mendaki gunung untuk wanita pemula? Apa bedanya dengan laki-laki?

Pada dasarnya, perlengkapan yang digunakan oleh wanita tidak jauh berbeda dengan laki–laki. Bagi wanita yang ingin mendaki gunung, ada beberapa peralatan yang sebaiknya disiapkan agar mendaki gunung menjadi lebih aman dan nyaman.

Mari kita ulas apa saja perlengkapan mendaki gunung untuk wanita pemula agar pengalaman naik gunung jadi lebih berkesan.

Perlengkapan Mendaki Gunung untuk Wanita Pemula

Pakaian Mendaki Gunung untuk Wanita

Jangan hanya karena terlihat bagus, kemudian melupakan hal–hal kecil yang sebenarnya sangat penting. Pada dasarnya pakaian yang dikenakan harus nyaman, dapat menyerap keringat dan mudah kering. Pakaian jenis ini biasanya digunakan pada saat perjalanan pendakian agar stamina tidak terkuras karena suhu panas yang dikeluarkan oleh tubuh.

Menggunakan kaos tipis dan tidak ketat dapat menjadi solusi yang cocok bagi para pendaki gunung agar udara dari luar dapat masuk untuk mendinginkan badan. selanjutnya, celana panjang yang dapat melindungi bagian kaki agar lebih aman dan nyaman pada saat melakukan pendakian.

Celana panjang yang tidak ketat dan tidak terlalu tebal sangat disarankan bagi pendaki gunung agar tidak menempel pada kaki sehingga terdapat celah untuk masuknya udara luar untuk mendinginkan bagian kaki.

Bagi pendaki wanita yang berhijab, disarankan menggunakan hijab yang simple dan menempel erat pada kepala agar tidak menyulitkan pada saat pendakian.

Jaket Outdoor

Berikutnya, jaket khusus yang dipakai untuk mendaki gunung. Pada dasarnya jaket yang digunakan untuk mendaki gunung haruslah bisa menghangatkan tubuh sehingga pendaki terhindar dari hipotermia yang disebabkan oleh udara dingin yang ada di gunung. bahan yang dipakai harus bisa menahan suhu dingin, juga menahan hembusan angin, serta tahan terhadap percikan air.

Mantel

Mantel atau jas hujan juga sangat penting untuk dibawa pada saat mendaki gunung. Mengingat Indonesia merupakan negara tropis yang bisa sewaktu–waktu turun hujan sehingga baju menjadi basah dan menyebabkan kedinginan sampai hipotermia.

Sepatu/Sandal Gunung

Kemudian, menggunakan sepatu khusus untuk mendaki gunung. Terkadang para pendaki mengabaikan hal ini, misal dengan menggantinya dengan sepatu running. Fungsinya berbeda dan sepatu running akan licin saat digunakan di gunung. Sebaiknya, bisa menyewa sepatu gunung.

Desain sepatu gunung disiapkan untuk sangat erat mencengkram tanah. Ini akan meminimalisir terjadinya terpeleset pada saat melakukan pendakian. Ukuran sepatu gunung yang tepat sangat menunjang kenyamanan selama melakukan pendakian.

Tas Carrier

Untuk melakukan pendakian gunung, sudah tentu membutuhkan tas carrier yang cocok dan sudah disesuaikan dengan kemampuan tubuh agar tidak terlalu menguras tenaga pada saat membawanya. Kapasitas 30 liter hingga 50 liter merupakan batas maksimal yang direkomendasikan bagi pendaki wanita.

Sebenarnya, kapasitas carrier sangat bergantung pada durasi pendakian. Apabila pendakian berlangsung lama hingga membutuhkan waktu beberapa hari, maka kapasitas carrier yang dibawa juga akan bertambah misalnya dengan membawa tas carrier berkapasitas 60 liter hingga 70 liter.

Sleeping bag

Sleeping bag juga termasuk salah satu yang paling penting dari perlengkapan mendaki gunung untuk wanita pemula. Perlengkapan ini esensial bagi pendaki yang sudah berpengalaman sekalipun.

Hawa gunung yang dingin bisa diatasi oleh kehangatan yang ditawarkan oleh sleeping bag. Jadi, kita bisa beristirahat dan tidur dengan lebih nyaman dan tentram.

Obat–obatan Pribadi

Mendaki gunung merupakan salah satu olahraga yang ekstrim dan tak lepas dari bahaya yang mengakibatkan luka atau cidera. Obat–obatan pribadi sangat penting untuk dibawa pada saat pendakian terutama jika memiliki sakit yang dikhawatirkan akan kambuh pada saat pendakian.

Obat – obatan pribadi yang biasanya dibawa adalah minyak angin untuk pertolongan pertama pada saat pingsan, serta krim yang bersifat hangat agar otot tidak kaku dan mengalami kram otot pada saat pendakian.

Trekking Pole

Tidak semua pendaki memerlukan Trekking Pole, tergantung kontur tanah yang sedang dilewati. Bagi pendaki wanita, peralatan ini sebenarnya sangat penting yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh pada saat melakukan pendakian dan membagi beban sehingga tidak bertumpu pada pundak saja.

Logistik

Logistik yang dibawa harus memperhatikan kebutuhan gizi tubuh dan dapat mengganti tenaga yang terbuang secara cepat. Biasanya, logistik yang dibawa adalah buah pisang dan juga madu yang dapat dikonsumsi pada saat melakukan pendakian.

Sunblock

Kondisi kulit laki–laki dan perempuan tentu berbeda. Kondisi kulit pada wanita lebih lembut dan juga lebih sensitif terhadap debu sehingga diperlukan sunblock untuk melindungi kulit dari debu dan sinar matahari.

Urinoir Wanita

Peralatan yang satu ini sangat bermanfaat bagi wanita apabila pada saat pendakian sulit mencari toilet atau sedang berada dilokasi yang sulit untuk buang air.

Itulah beberapa perlengkapan mendaki gunung untuk Wanita pemula. Pada dasarnya, tidak jauh berbeda dengan laki-laki. Meski demikian, biasanya ada perlengkapan lain yang dibutuhkan agar kegiatan naik gunung jadi lebih aman dan nyaman.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel