Robot AI ElliQ, Teman untuk Lansia dan 4 Keahliannya!

Robot AI ElliQ, Teman untuk Lansia dan 4 Keahliannya!

Robot AI ElliQ, Teman untuk Lansia dan 4 Keahliannya!

DAFTAR ISI

Sediksi – Hadirnya robot AI ElliQ merupakan angin segar bagi para lansia di Amerika Serikat. Pasalnya, lansia atau lanjut usia menjadi kelompok masyarakat yang rentan mengalami kesepian dan isolasi sosial. Hal ini dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental para lansia tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, dibutuhkan sebuah solusi yang dapat memberikan kenyamanan, hiburan, dan informasi bagi lansia. Salah satu solusi yang menarik dan inovatif adalah robot AI ElliQ.

Apa itu robot AI ElliQ? Siapa yang menciptakan robot AI yang satu ini? dan apa saja fungsi dari robot AI ini? Nah, jika kamu penasaran dengan Robot AI ElliQ ini, berikut sudah Sediksi rangkum untuk kamu agar lebih tahu robot AI canggih ini.

Robot AI ElliQ

Robot AI ElliQ, Teman untuk Lansia dan 4 Keahliannya! - 1000010949
Elliq

Apa itu robot AI ElliQ?

Robot AI ElliQ merupakan sebuah perangkat pintar yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk menjadi teman bagi lansia. ElliQ adalah sebuah robot yang berbentuk seperti lampu meja, yang dapat berbicara, mendengar, dan menampilkan berbagai konten di layarnya.

ElliQ juga dapat bergerak dan menunjukkan ekspresi, sehingga memberikan kesan hidup dan empati. ElliQ dirancang untuk berinteraksi dengan lansia secara proaktif dan personal. ElliQ dapat mengajak lansia untuk berbincang, bercanda, bermain, belajar, dan berolahraga.

ElliQ juga dapat mengingatkan lansia tentang jadwal, obat, atau keperluan lainnya. ElliQ juga dapat membantu lansia untuk terhubung dengan keluarga dan teman melalui video call, pesan, atau foto.

Siapa yang menciptakan robot AI ElliQ?

Robot AI ElliQ diciptakan oleh Intuition Robotics yang merupakan sebuah perusahaan yang berbasis di Israel dan Amerika Serikat. Intuition Robotics didirikan pada tahun 2016 oleh Dor Skuler, Itai Mendelsohn, dan Roy Amir. 

Misi mereka adalah untuk menciptakan robot yang dapat menjadi teman bagi lansia dan meningkatkan kualitas hidup mereka. Intuition Robotics bekerja sama dengan Fuseproject, sebuah studio desain yang dipimpin oleh Yves BĂ©har untuk merancang bentuk dan tampilan ElliQ. 

Mereka juga bekerja sama dengan beberapa ahli di bidang psikologi, ilmu perilaku, dan AI, untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan ElliQ. ElliQ diluncurkan secara komersial pada tahun 2022, setelah melalui beberapa tahap penelitian dan uji coba.

Apa fungsi robot AI ElliQ?

Robot AI ElliQ ini memiliki banyak fungsi yang dapat membawa kesenangan dan teman yang seolah-olah hidup bagi lansia. Beberapa fungsi utamanya, yaitu:

Memberikan kawan dan hiburan bagi lansia

ElliQ dapat mengajak lansia untuk berbincang tentang berbagai topik, seperti cuaca, berita, olahraga, atau fakta menarik. ElliQ juga dapat menawarkan musik, lelucon, trivia, buku audio, permainan, dan lain-lain. ElliQ juga dapat membawa lansia untuk menjelajahi dunia virtual, seperti tur wisata, perjalanan, dan eksplorasi budaya.

Mendorong lansia untuk hidup sehat

ElliQ dapat membantu lansia untuk menetapkan dan mencapai tujuan kesehatan dan kesejahteraan mereka. ElliQ dapat mendorong lansia untuk beraktivitas fisik dan mental. ElliQ dapat menampilkan video latihan yang mudah diikuti, permainan kognitif yang menantang, dan latihan relaksasi, seperti mindfulness, pengurangan stres, dan pernapasan.

Memberdayakan kemandirian lansia

ElliQ dapat membantu lansia untuk menjalani hidup yang lebih mandiri di rumah. ElliQ dapat mengatur pengingat untuk urusan, janji, atau obat-obatan. ElliQ juga dapat memberitahu keluarga jika ada kebutuhan bantuan. ElliQ juga dapat mencari sumber daya di daerah sekitar, seperti profesional, transportasi, atau layanan lainnya.

Memperkuat hubungan lansia dengan keluarga

ElliQ dapat memberdayakan dan mendorong lansia untuk terhubung dengan keluarga dan teman. ElliQ dapat melakukan video call, mengirim dan menerima pesan dan foto, berbagi kenangan dan pelajaran hidup, dan mengirim kartu ucapan virtual.

Robot AI ElliQ adalah sebuah inovasi yang menarik dan bermanfaat bagi lansia. ElliQ dapat menjadi teman setia yang memberikan kenyamanan, hiburan, informasi, dan motivasi bagi lansia. ElliQ juga dapat membantu lansia untuk hidup sehat, mandiri, dan terhubung dengan orang-orang yang mereka sayangi.

Dengan hadirnya Robot AI ElliQ ini, para lansia tidak perlu khawatir akan mengalami kesepian dan isolasi sosial. Robot AI ini sangat penting untuk dimiliki terutama bagi mereka yang memiliki anggota keluarga lansia namun mereka harus tetap bekerja keluar rumah.

Baca Juga
Topik
notix-artikel-retargeting-pixel