20 Menu Takjil yang Sering Dijumpai di Pinggir Jalan, Punya Cita Rasa Khas!

20 Menu Takjil yang Sering Dijumpai di Pinggir Jalan, Punya Cita Rasa Khas!

Takjil yang Sering Dijumpai di Pinggir Jalan

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Menjelang adzan berkumandang, kawasan pinggir jalan berubah menjadi surga kuliner bagi para pencari takjil. Kamu pun akan disambut dengan aroma menggoda yang berasal dari aneka ragam makanan yang siap membatalkan puasa.

Banyak sekali orang jualan takjil yang sering dijumpai di pinggir jalan ini punya cita rasa yang menggugah selera. Saat bulan Ramadhan, berburu takjil di pinggir jalan bagi beberapa orang menjadi ritual rutin yang harus dilakukan. Sediksi, akan turut menunjukkan 20 menu takjil yang sering dijumpai di pinggir jalan. Ada apa saja?

Menu Takjil yang Sering Dijumpai di Pinggir Jalan

Gorengan

Makanan satu ini menjadi pahlawan takjil yang selalu ada saat Ramadhan. Dari tempe mendoan, tahu isi, hingga pisang goreng, setiap gigitannya adalah kombinasi sempurna antara renyah di luar dan lembut di dalam.

Es Campur

20 Menu Takjil yang Sering Dijumpai di Pinggir Jalan, Punya Cita Rasa Khas! - 7xm.xyz820192 1024x680 jpg
Getty Images

Segarnya es campur dengan paduan buah-buahan, sirup, dan es serut akan membuatmu lupa dengan dahaga seharian. Warna-warni dalam gelasnya seolah meminta dan mengajakmu untuk segera menikmatinya.

Es Cincau

Es cincau hijau yang kenyal, disiram dengan santan dan gula merah cair menjadi pilihan yang sempurna untuk menyegarkan tenggorokan dan memberi energi kembali sesudah menjalankan puasa seharian.

Kolak

Kolak yang dipadu dengan potongan pisang dan ubi dalam kuah santan manis merupakan sajian tradisional yang selalu dinanti. Hangat dan manisnya kolak mampu mengusir dahaga setelah berpuasa seharian.

Sop Buah

Sop buah dengan irisan buah segar dan kuah sirup yang manis akan memanjakan lidahmu. Di dalamnya berisi aneka buah, begitu nikmat dan segar untuk disantap.

Kue Basah

20 Menu Takjil yang Sering Dijumpai di Pinggir Jalan, Punya Cita Rasa Khas! - 7xm.xyz232592 1024x795 jpg
Getty Images

Kue basah tradisional terdiri dari lapis legit, kue talam, dan serabi tidak hanya lezat tapi juga cemilan penuh dengan cita rasa nostalgia.

Salad Buah

Terdiri dari paduan buah-buahan segar dan saus mayones atau yoghurt adalah cara modern untuk menikmati takjil yang menyehatkan.

Bubur Sumsum

Bubur sumsum yang lembut dan gurih, disajikan dengan sirup gula merah merupakan perpaduan kelezatan sederhana yang menggugah selera.

Tahu Bulat

Jajanan satu ini digoreng garing dengan bumbu yang meresap sempurna. Camilan sederhana yang tidak bisa kamu tolak.

Batagor

Batagor dengan paduan tahu, ikan, dan bumbu kacangnya yang khas tak boleh kamu lewatkan saat berburu takjil di pinggir jalan.

Es Pisang Ijo

Es pisang ijo dengan balutan adonan hijau, kuah santan, dan es serut adalah perpaduan rasa yang unik dan menyegarkan.

Es Kelapa Muda

Es kelapa muda dengan daging kelapa yang lembut dan air kelapa yang manis adalah minuman alami yang akan menghidrasi dan menyegarkanmu.

Martabak Manis

20 Menu Takjil yang Sering Dijumpai di Pinggir Jalan, Punya Cita Rasa Khas! - 7xm.xyz654853 1024x769 jpg
Getty Images

Jajanan martabak manis, atau yang sering disebut terang bulan, merupakan kue tebal yang manis dengan berbagai topping seperti cokelat, keju, atau kacang nggak pernah absen saat puasa. Teksturnya yang lembut dan rasa manisnya yang pas membuat martabak manis menjadi favorit banyak orang saat berbuka.

Pempek

Pempek, makanan khas Palembang ini terbuat dari adonan ikan dan tepung, yang kemudian digoreng dan disajikan dengan kuah cuka yang khas. Sensasi asam, manis, dan gurih dari pempek membuatnya menjadi pilihan takjil yang unik.

Roti Bakar

Roti bakar mungkin terdengar sederhana, tapi jangan salah, variasi topping seperti cokelat, selai, hingga keju membuat roti bakar ini menjadi camilan yang nikmat dan mengenyangkan.

Es Kacang Merah

Minuman dingin yang terbuat dari kacang merah yang telah direbus, disajikan dengan es serut dan susu kental manis. Minuman ini tidak hanya lezat tapi juga memberikan energi yang kamu butuhkan.

Pisang Bakar

20 Menu Takjil yang Sering Dijumpai di Pinggir Jalan, Punya Cita Rasa Khas! - 7xm.xyz452329 1024x684 jpg
Getty Images

Pisang bakar dengan taburan gula merah atau keju di atasnya adalah cara lain untuk menikmati buah pisang. Hangat dan manis, pisang bakar ini akan membuatmu merasa nyaman dan puas.

Risol Daging

Jajanan satu ini dilapisi kulit yang renyah dan isian daging yang gurih adalah teman setia saat berbuka yang selalu menggoda.

Onde-onde

Onde-onde dengan kulit yang krispi dan isian kacang hijau yang manis adalah bukti kecil dari kekayaan rasa dalam tradisi.

Kue Cubit

Kue cubit yang empuk dengan taburan meises di atasnya adalah penutup yang sempurna untuk takjil hari ini.

Dari gorengan hingga kue cubit, itulah menu takjil yang sering dijumpai di pinggir jalan, sekaligus menunjukan keragaman dan kekayaan kuliner Indonesia. Selamat berbuka dengan takjil yang telah menemani kamu sepanjang Ramadhan ini!

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel