Tantangan Persahabatan Terberat Adalah Saat Hadir Orang Baru, Apa yang Sebaiknya Dilakukan?

Tantangan Persahabatan Terberat Adalah Saat Hadir Orang Baru, Apa yang Sebaiknya Dilakukan?

tantangan persahabatan
foto: pixabay

DAFTAR ISI

Dalam menjalin persahabatan, akan banyak momen menarik yang kamu alami pada suatu hubungan. Salah tantangan persahabatan adalah ketika sahabat kamu mempunyai pacar. Pernahkah kamu bingung harus bersikap bagaimana ketika sahabat kamu mulai pacaran?

Bagi kamu yang bingung dengan apa yang harus dilakukan ketika sahabat punya pacar, hal-hal berikut mungkin bisa menjadi pandangan untuk menyikapi salah satu tantangan persahabatan ini.

Tantangan Persahabatan yang Harus Dihadapi

Tunjukkan Bahwa Kamu Bahagia dengan Status Barunya

Saat sahabat kamu punya pacar baru, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menunjukkan bahwa kamu bahagia atas hubungan barunya. Hal ini bisa diekspresikan dengan mengucapkan selamat. Bagi kamu yang merasa malu untuk mengucapkannya, cukup tunjukkan gesture positif saat ia bercerita tentang hubungan barunya.

Berpendapat Positif Mengenai Pacar Barunya

Ketika baru saja menjalin hubungan, hal yang pasti dilakukan oleh seorang sahabat adalah meminta tanggapan mengenai sosok kekasih barunya kepada orang terdekat. Jika kamu mengalami hal ini, cukup katakana hal positif yang kamu ketahui terlebih dahulu.

Apabila kamu mengetahui hal penting lain yang mungkin bersifat negatif, simpan dan sampaikan ketika perasaan sahabat kamu telah stabil. Ingatlah, ini tantangan persahabatan yang harus kalian lewati bersama.

Siap Mendengarkan Ceritanya

Dalam menjalin hubungan asmara, pasti akan ada banyak hal yang diceritakan teman kamu. Di saat seperti ini, kamu harus menjadi pendengar yang baik meski tidak begitu tertarik dengan cerita asmaranya. Berikan pula tanggapan yang sederhana agar temanmu merasa di dengar.

Jangan Buru-Buru Minta Dikenalkan dengan Pacar Barunya

Hal terlarang yang sering dilakukan ketika seorang teman memiliki pacar adalah minta cepat-cepat dikenalkan. Nah, bisa jadi ini menjadi hal yang tidak disukai oleh teman kamu. Biarkan semua mengalir secara alami, sampai ia sendiri yang memiliki inisiatif untuk mengenalkan kamu dengan pacarnya.

Jangan Memberi Kritik yang Berlebihan

Ketika menjalin hubungan asmara, disadari atau tidak akan mulai muncul perbedaan pada sahabat kamu. Perbedaan yang umum terjadi adalah intensitas komunikasi antara sahabat yang mulai berkurang.

Dalam hal ini, jangan coba-coba untuk mengkritiknya secara berlebihan, cukup lakukan pendekatan dan jadilah lebih aktif dalam membangun komunikasi dengan sahabat kamu.

Hindari Mengatakan Hal Buruk Tentang Pacarnya

Setelah mengenal siapa sosok yang berhasil memenangkan hati teman kamu, secara alami kamu akan mencari tahu bagaimana kepribadian hingga keseharian pacar teman kamu. Tak jarang pula muncul berbagai opini yang mungkin kamu dapat dari orang lain.

Dalam hal ini, jangan sekali-kali mengatakan hal buruk yang kamu ketahui mengenai pacar teman kamu. Sebab, teman kamu tidak akan langsung memercayainya.

Beri Sahabat kamu Waktu untuk Kencan

Menjadi seorang sahabat bukan berarti kamu bisa mengatur apa saja yang boleh dan tidak boleh ia lakukan, termasuk pula masalah mengatur waktu. Jangan sekali-kali melarangnya untuk pergi kencan dengan menjadikan kamu sebagai alasan.

Hal ini akan membuat sahabat kamu merasa tidak nyaman dan menganggap kamu telah memonopolinya.

Ajak Bicara Empat Mata Ketika kamu Mulai Cemburu

Tak bisa dipungkiri, melihat teman kamu memiliki pacar baru akan membuat kamu merasa cemburu. Rasa cemburu yang kamu rasakan adalah hal wajar.

Namun, jangan sampai perasaan itu membuat kamu menjadi overprotektif terhadap sahabat kamu. Bicara saja secara empat mata seperti biasanya dan ajak sahabat kamu untuk sesekali menghabiskan waktu bersama.

Jalin Pertemanan yang Wajar dengan Pacar Teman kamu

Terlalu akrab dengan pacar teman kamu adalah hal yang bisa mempengaruhi persahabatan. Diakui atau tidak, sahabat kamu akan mulai bertanya-tanya tentang perasaan kamu yang sebenarnya terhadap kekasihnya. Cukup kenali pacar teman kamu secara wajar, sehingga tidak memunculkan berbagai kecurigaan yang merugikan.

Jangan Terlalu Sering Ikut Sahabat kamu Kencan

Ada kalanya kamu akan diundang untuk ikut jalan-jalan alias kencan bertiga. Fase ini biasanya akan muncul saat hubungan sahabat kamu dengan pacarnya mulai berjalan lumayan lama.

Hal ini menandakan bahwa ia menaruh kepercayaan terhadap kamu, namun ada kalanya kamu harus menolak ajakannya agar sahabat kamu juga merasa bahwa kamu peduli atas hubungan asmaranya.

Jangan Terlalu Ikut Campur dengan Urusan Asmaranya

Mengatakan beberapa hal yang sensitif mengenai hubungan asmaranya akan menjadi hal yang menyebalkan bagi sahabat kamu. Mungkin kamu bermaksud untuk menunjukkan kepedulian kamu kepadanya.

Akan tetapi, ekspresi kepedulian di waktu yang tidak tepat justru akan membuat sahabat kamu berpikiran negatif. Untuk mengatasi hal ini, ungkapkan pendapat kamu ketika ia sedang memiliki suasana hati yang baik.

Tunggu Hingga Ia Menceritakan Masalahnya

Akan ada waktu di mana sahabat kamu mengalami masalah asmara. Ketika hal ini terjadi, jangan berusaha mencari tahu permasalahan tersebut kepadanya.

Coba katakan saja bahwa kamu akan siap untuk menjadi tempat bercerita ketika ia membutuhkannya. Hal ini akan membuatnya mengetahui kepedulian yang kamu miliki dan membuatnya nyaman untuk bercerita.

Kehadiran orang baru adalah tantangan persahabatan sekaligus keniscayaan yang pasti terjadi. Itu tadi adalah beberapa hal yang harus kamu lakukan ketika sahabat kamu memiliki pacar. Jangan sampai kesalahan dalam bersikap membuat hubungan persahabatan kamu menjadi retak.