6 Tips Mendekorasi Interior Ruangan untuk Menciptakan Suasana Nyaman

6 Tips Mendekorasi Interior Ruangan untuk Menciptakan Suasana Nyaman

Tips Mendekorasi Interior Ruangan

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Mendekorasi ruangan adalah salah satu cara untuk membuat rumah jadi lebih nyaman dan menarik. Namun, mendekorasi ruangan tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, seperti pemilihan warna, furnitur, aksesori, pencahayaan, dan lain-lain. Jika kamu tidak memiliki keahlian desain interior, kamu mungkin merasa bingung dan kesulitan untuk mendekorasi interior.

Tapi jangan khawatir, karena di artikel ini, Sediksi akan memberikan beberapa tips mendekorasi interior ruangan yang mudah dan praktis.

Dengan mengikuti tips mendekorasi interior ruangan ini, setidaknya kamu punya gambaran untuk mendekorasi interior ruangan dengan lebih mudah dan efektif.

Tips Mendekorasi Interior Ruangan

6 Tips Mendekorasi Interior Ruangan untuk Menciptakan Suasana Nyaman - Mendekor Interior Ruangan jpg
Image from Minimalis123

Lakukan Persiapan

Tips mendekorasi interior ruangan yang pertama, sebelum memulainya, ada baiknya lakukan persiapan terlebih dahulu. Persiapan ini meliputi menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti cat, kuas, paku, palu, gunting, lem, kertas, dan lain-lain.

Selain itu, kamu juga perlu mengukur luas dan dimensi ruangan yang akan didekorasi, agar bisa menentukan ukuran dan jumlah furnitur dan aksesori yang sesuai.

Lalu cari inspirasi dan referensi untuk dekorasi ruangan. Kamu bisa mencari inspirasi dari berbagai sumber, seperti website, sosial media, majalah, buku, maupun teman. Pilihlah desain ruangan yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan. Kamu juga bisa membuat sketsa atau mood board untuk membantu merencanakan dekorasi interior ruangmu.

Memilih Skema Warna yang Tepat

Warna adalah salah satu elemen penting dalam dekorasi ruangan. Warna bisa mempengaruhi suasana dan nuansa ruangan. Oleh karena itu, tips mendekorasi interior selanjutnya adalah pilih skema warna yang tepat. Skema warna yang tepat adalah yang sesuai dengan fungsi, tema, dan gaya ruangan.

Ada beberapa cara untuk memilih skema warna untuk ruangan. Salah satunya adalah menggunakan furnitur, gorden, karpet, atau benda favorit sebagai panduan.

Misalnya, jika kamu memiliki sofa berwarna biru, maka bisa menggunakan warna biru sebagai warna dominan, dan menambahkan warna netral atau kontras sebagai warna pendukung.

Berinvestasi pada Furnitur Berkualitas

Salah satu elemen yang paling menonjol dan berpengaruh dalam interior ruangan adalah Furnitur. Furnitur tidak hanya berfungsi sebagai tempat duduk, menyimpan barang, atau meletakkan benda, tetapi juga sebagai elemen estetika yang bisa meningkatkan keindahan ruangan. Oleh karena itu, kamu perlu berinvestasi pada furnitur berkualitas untuk ruangan.

Furnitur berkualitas adalah yang memiliki desain, bahan, dan konstruksi yang baik. Furnitur berkualitas juga lebih awet, nyaman, dan mudah dirawat.

Menambahkan Aksesori yang Menarik

Aksesori adalah benda-benda kecil yang bisa menambahkan sentuhan akhir dan karakter pada dekorasi ruangan Aksesori bisa berupa bantal, selimut, karpet, lampu, tanaman, lukisan, foto, patung, keranjang, atau benda-benda lain yang disukai. Aksesori bisa membantu dalam mengekspresikan kepribadian dan gaya melalui dekorasi ruangan.

Saat menambahkan aksesori, ada beberapa tips mendekorasi interior ruangan yang perlu diperhatikan. Pertama, pilihlah aksesori yang sesuai dengan skema warna, tema, dan gaya ruangan.

Kedua, jangan menambahkan terlalu banyak aksesori, karena bisa membuat ruangan terlihat berantakan dan sesak. Ketiga, susunlah aksesori dengan rapi dan proporsional, agar ruangan terlihat harmonis dan seimbang.

Mengatur Pencahayaan yang Tepat

Hal yang bisa mempengaruhi suasana dan kenyamanan sebuah ruangan adalah dari faktor pencahayaannya. Pencahayaan yang tepat bisa membuat ruangan terlihat lebih luas, cerah, dan hangat.

Pencahayaan yang tepat juga bisa menonjolkan keindahan dan detail dekorasi ruangan. Oleh karena itu, atur pencahayaan yang tepat untuk ruangan.

Ada beberapa jenis pencahayaan yang bisa kamu gunakan untuk ruangan, seperti pencahayaan alami, pencahayaan umum, pencahayaan tugas, dan pencahayaan aksen.

  • Pencahayaan alami adalah cahaya yang berasal dari matahari, yang bisa dimanfaatkan dengan membuka jendela atau menggunakan tirai transparan.
  • Pencahayaan umum adalah cahaya yang menyebar di seluruh ruangan, yang bisa kamu gunakan dengan menggunakan lampu gantung, lampu plafon, atau lampu dinding.
  • Pencahayaan tugas adalah cahaya yang fokus pada area tertentu, yang bisa digunakan dengan menggunakan lampu meja, lampu lantai, atau lampu baca.
  • Pencahayaan aksen adalah cahaya yang menyoroti benda atau area tertentu, yang bisa digunakan dengan menggunakan lampu sorot, lampu lilin, atau lampu hias.

Sesuaikan dengan Fungsi dan Kebutuhan

Tips mendekorasi interior ruangan yang terakhir adalah menyesuaikan dekorasi ruangan dengan fungsi dan kebutuhan. Setiap ruangan memiliki fungsi dan kebutuhan yang berbeda, sehingga kamu perlu menyesuaikan dekorasi ruangan dengan hal tersebut.

Misalnya, ruang tamu adalah ruangan yang digunakan untuk menerima tamu, sehingga kamu perlu mendekorasi ruangan ini dengan nuansa yang ramah dan hangat.

Ruang tidur adalah ruangan yang digunakan untuk beristirahat, sehingga kamu perlu mendekorasi ruangan ini dengan nuansa yang tenang dan nyaman, dll.

Itulah beberapa tips mendekorasi interior ruangan yang bisa kamu coba. Dengan mengikuti tips ini, setidaknya kamu bisa mendekorasi ruangan dengan lebih mudah dan praktis.

Kamu juga bisa menciptakan suasana yang nyaman dan menarik di ruanganmu sesuai dengan keinginan pribadi. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel