Warna Pakaian yang Cocok dengan Jenis Kulit: Apa yang Harus dan Jangan Dipakai

Warna Pakaian yang Cocok dengan Jenis Kulit: Apa yang Harus dan Jangan Dipakai

Warna Pakaian yang Cocok dengan Jenis Kulit

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Warna pakaian adalah salah satu faktor yang mempengaruhi penampilan seseorang, ibarat fashion adalah musiknya, maka warna pakaian adalah melodinya.

Dengan warna yang tepat terhadap jenis kulit dapat membuat seseorang terlihat lebih menarik, percaya diri, dan bahkan cerah. Nah, kira-kira apa saja sih warna pakaian yang cocok dengan jenis kulit?

Memang agak sulit sih untuk menyocokkannya, apalagi harus coba satu-persatu, apabila warna pakaian yang salah dapat membuat seseorang terlihat kusam, lelah, dan bahkan tua.

Oleh karena itu Sediksi akan memberikan sebuah panduan tentang warna pakaian yang cocok dengan jenis kulit. Apa saja itu? Untuk mengatahuinya simak ulasan ini sampai selesai.

Cara Mengetahui Warna Kulitmu

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih warna pakaian yang cocok untuk jenis kulit. Pertama, kenali jenis kulit, apakah termasuk kulit pucat, cerah, sawo matang, coklat maupun kulit gelap.

Untuk menemukan warna kulitmu itu bukanlah hal yang sulit, selama memiliki sumber cahaya alami dan cermin, maka kamu akan dapat membuat penilaian yang cukup akurat berdasarkan penampilan saja.

Ada juga indikator lain yang perlu dipertimbangkan, seperti bagaimana kulitmu biasanya merespon sinar matahari. Jika kulitmu mudah terbakar saat kena sinar matahari, maka kemungkinan kamu memiliki jenis kulit pucat atau putih.

Jika kamu hampir tidak pernah terbakar dari sinar matahari walau saat musim panas sekalipun maka kamu kemungkinan besar memiliki warna kulit yang lebih gelap dengan lebih banyak pigmen melanin.

Warna Pakaian yang Cocok dengan Jenis Kulit

Baiklah, sekarang kita akan masuk ke panduan cara mengetahui warna pakaian yang cocok dengan jenis kulit, tentunya dalam tahap ini kamu sudah mengetahui apa jenis kulitmu. Mari kita mulai.

Kulit Pucat

Warna Pakaian yang Cocok dengan Jenis Kulit: Apa yang Harus dan Jangan Dipakai - Kulit Pucat jpg
Image from Mens Flair

Kita akan mulai dari tone warna kulit paling terang, jenis kulit pucat ini adalah yang paling terang dari semua jenis atau warna kulit. Kulit ini hadir dalam berbagai warna putih kemerahan, rentan terhadap bercak-bercak dan tidak tahan akan sinar matahari.

Jenis kulit ini paling umum dimiliki oleh orang-orang keturunan Eropa Utara, dan warna-warna tertentu dapat membuatnya terlihat tampak “luntur”.

Tips bagi kamu yang memiliki jenis kulit ini adalah hindari memakai warna pakaian yang membuat kulit tampak lebih pucat daripada warna kulit aslinya. Maka dengan aturan ini jelas bahwa warna-warna pakaian yang gelap cenderung terlihat akan lebih baik.

Warna seperti bitu tua, hijau zamrud, merah maroon, biru tua, dan burnt orange adalah beberapa contoh warna gelap yang cocok untuk warna kulit ini. Warna-warna netral juga cocok, tetapi pastikan untuk memadukannya dengan warna yang lebih gelap untuk kontras.

Jika itu tadi asalah warna pakaian yang cocok dengan jenis kulit pucat, maka ini dia warna yang harus dihindari: pakaian serba hitam atau serba putih.

Warna-warna pastel juga bisa memudarkan warna kulit yang lebih terang, sebenarnya bisa diakali dengan cara memadukannya dengan didominasi warna pakaian yang lebih gelap.

Kulit Putih/Cerah

Warna Pakaian yang Cocok dengan Jenis Kulit: Apa yang Harus dan Jangan Dipakai - Kulit Cerah jpg
Image from Mens Flair

Warna kulit jenis ini memiliki lebih banyak pilihan warna ketimbang jenis kulit pucat, namun hampir sama, yakni menggunakan nuansa yang sedikit gelap.

Jenis kulit ini lebih tahan di bawah sinar matahari, akan tetapi memang masih rentan terbakar karena kurangnya pigmentasi. Seperti kulit pucat, warna kulit ini berasan dari Eropa Utara.

Lalu warna pakaian yang cocok dengan jenis kulit ini apa? Warna pakaian terbaik untuk kulit terang adalah seperti warna pastel, netral dan warna tanah akan terlihat bagus. Tipsnya, hindari untuk terlalu condong ke hanya saah satu warna saja.

Jadi, padu padankanlah, bereksperimenlah dengan warna-warna yang kontras untuk membentuk tampilan yang seimbang dan kohesif.

Warna seperti hitam, putih dan berbagai warna abu-abu dapat digunakan sebagai warna dasar yang harus kam stok di lemari pakaianmu, karena semuanya akan terlihat cocok dengan warna kulit ini.

Kamu bahkan bisa mencoba beberapa penanpilan monokromatik jika ingin menjaga penampilanmu agar tepat sederhana.

Apa warna yang harus dihindari untuk kulit terang? Karena jenis kulit ini hampir sama dengan jenis kulit pucat yang rentan terhadap kemerahan dan rona merah muda, sehingga warna merah terang, ungu dan merah muda dapat menonjolkan hal ini dan membuatnya tampak lebih jelas.

Hindari warna-warna yang terlalu mirip dengan warna kulitmu, karena ini akan membuat semakin pucat. Walaupun warna seperti merah muda, merah terang dan warna netral masih bisa dipakai asal jangan berlebihan.

Kulit Sawo Matang

Warna Pakaian yang Cocok dengan Jenis Kulit: Apa yang Harus dan Jangan Dipakai - Kulit Sawo Matang jpg
Image from MenXP

Jenis kulit dengan warna ini berada di tengah-tengah spektrum warna kulit yang ada. Umumnya jenis kulit sawo matang dimiliki oleh orang-orang keturunan Mediterania, Eropa Selatan, Asia, dan Latin.

Kulit ini mudah menjadi kecoklatan dan tidak mudah terbakar oleh sinar matahari jika dibandingkan kedua jenis kulit di atas yang telah dibahas.

Kabar baiknya, jenis kulit ini sangat banyak warna yang akan terlihat bagus untuknya, dan hanya sedikit warna yang kurang terlihat bagus untuk kulit sawo matang.

Warna gelap, nuansa musim gugur akan melengkapi warna kulit ini dengan apik, begitu juga dengan warna-warna primer yang berani, pastel, dan warna-warna netral yang klasik juga masuk.

Tips untuk yang memiliki warna kulit ini adalah, apapun warna yang akan dipilih untuk mendandani diri, pastikan bahwa keseluruhan pakaian seimbang dalam hal warna dan corak yang berbeda. Memberikan kontras itu bagus.

Jadi apa dong warna yang terlarang untuk jenis kulit sawo matang? Sebisa mungkin hanya hindari warna-warna yang mirip dengan warna kulit saja. Kulit sawo matang dan kecokelatan sering kali memiliki rona kulit kuning, hijau atau coklat.

Warna Kulit Kecoklatan

Warna Pakaian yang Cocok dengan Jenis Kulit: Apa yang Harus dan Jangan Dipakai - Kulit Kecoklatan jpg
Image from Mens Flair

Jenis kulit ini memiliki lebih banyak melanin daripada warna kulit yang lebih terang. Banyak warna yang akan terlihat bagus pada kulit ini, tetapi mungkin ada beberapa saran warna yang sebaiknya dihindari.

Lalu apa warna pakaian yang cocok dengan jenis kulit ini? Warna-warna yang cerah dan mencolok, warna-warna tanah dan warna-warna netral klasik sepertu putih dan abu-abu akan terlihat cocok dengan warna kulit coklat ini.

Jika ingin berpenampilan dengan warna-warna yang mencolok maka kreasikan dengan menggunakan warna-warna yang polos maupun netral untuk menyatukan tampilan.

Sedangkan warna yang harus dihindari untuk jenis kulit ini adalah warna biru tua dan nuansa coklat yang mirip dengan warna kulit coklat, jika dipakai akan terlihat berbenturan.

Kulit Gelap

Warna Pakaian yang Cocok dengan Jenis Kulit: Apa yang Harus dan Jangan Dipakai - Kulit Gelap jpg
Image from Mens Flair

Sebenarnya inti dari memadu padankan pakaian ini adalah, warna pakaian yang cocok dengan jenis kulit itu akan selalu yang kontras, lalu yang harus dihindari adalah warna yang hampir mirip atau mendekati kulit.

Nah, ini adalah kategori kulit yang terakhir, jenis kulit ini tidak mudah terbakar di bawah sinar matahari. Jadi warna yang harus dihindari akan cukup sedikit.

Layaknya jenis kulit sawo matang atau kecoklatan di atas, warna-warna yang berani akan terlihat bagus untuk warna kulit gelap ini, tetapi gunakan dengan minim.

Lalu warna-warna netral seperti krem, pasir dan batu juga akan terlihat bagus, terutama sebagai bagian dari pakaian dengan warna yang tidak terlalu mencolok.

Warna yang harus dihindari untuk kulit gelap adalah warna-warna yang gelap yang  mendekati rona kulit jenis ini.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, kamu dapat memilih warna pakaian yang cocok dengan jenis kulit masing-masing.

Warna pakaian yang cocok dapat memberikan kesan positif pada diri sendiri dan orang-orang di sekitar. Jadi, jangan ragu untuk bereksperimen dengan warna pakaian yang kamu sukai. Selamat mencoba!

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel