10 Film Zombie Terbaik yang Pernah Ada dan Ingin Kamu Tonton Ulang

10 Film Zombie Terbaik yang Pernah Ada dan Ingin Kamu Tonton Ulang

film zombie
Ilustrasih oleh currens/Pixabay

Sangat mungkin kamu merasa jijik dan bosan dengan alur cerita film yang mengangkat tema zombie. Walau begitu, film tentang zombie akan terus ada karena masih banyak orang di luar sana yang menggemarinya. Jika kamu sampai di artikel ini, sepertinya rasa penasaran pada film zombie semakin bertambah dari hari ke hari.

Bisa jadi sesekali kita memang perlu menonton film horor atau thriller yang memacu adrenalin di penghujung akhir pekan. Film tentang zombie adalah paket komplit, tidak hanya menampilkan aksi kejar-kejaran yang menegangkan, di dalamnya ada sentuhan kisah romantis yang mengharukan. Ditambah, beberapa di antaranya bahkan mengandung komedi yang memberi jeda buat kita menghela nafas.

Apakah kamu menantikan momen kemunculan zombie alpha? Atau, lebih menikmati tingkah laku kocak zombie bodoh? Ada banyak sekali tipe zombie, sependek yang kami tahu, semua tipe zombie yang pernah ada, menjadi bagian dari 10 film tentang zombie berikut—diurutkan berdasarkan tahun rilis.

Daftar Film Zombie Terbaik

1. Night of the Living Dead (1968)

  • Sutradara: George A. Romero
  • Aktor utama: Duane Jones, Judith O’Dea, dan Karl Hardman
  • Rating IMDb: 7.9

Di urutan pertama sebagai film bertema zombie terbaik sepanjang masa adalah Night of the Living Dead. Ini merupakan film dengan editing dan efek yang sangat sederhana namun karenanya dapat menuai pujian.

Selain itu, Night of the Living Dead ialah karya film pertama yang mengangkat tema zombie. Apa yang telah sutradara George A. Romero buat ini telah memberi dampak jangka panjang bagi dunia perfilman yang kemudian melahirkan film dengan tema yang sama di setiap zaman.

Terobosan tidak hanya soal tema film tentang zombie, tapi juga pemilihan pemeran yang revolusioner pada era tersebut. Dua Jones adalah orang kulit hitam pertama yang menjadi karakter utama dalam sejarah perfilman. Dengan begitu, Night of the living Dead telah menjadi pelopor dalam dua hal sekaligus, yakni sosial dan dunia peran.

2. Dawn of the Dead (1978)

  • Sutradara: George A. Romero
  • Aktor utama: David Emge, Scott H. Reigniger, dan Ken Foree
  • Rating IMDb: 7.9

Setelah Night of teh Living Dead, banyak bermunculan film bertemakan zombie. Tapi, kebanyakan di antaranya tidak memberikan cerita yang segar. Sehingga, alih-alih menegangkan, film-film tersebut hanya justru mengantarkan film tentang zombie jatuh dari puncak popularitas.

Sebagai salah satu pelopor, sutradara George A. Romero sepertinya tidak ingin itu terjadi. Dawn of the Dead menjadi momen kebangkitan modern dari film berisi zombie. Secara umum, Romero masih menghadirkan zombie yang bergerak lambat. Tapi, masih dengan efek praktis ia memberi penekanan kalau zombie tetaplah makhluk yang berbahaya.

Lebih dari empat dekade kemunculannya, Dawn of the Dead masih layak untuk ditonton. Kendati demikian, cukup sulit menontonnya secara legal. Dikarenakan masalah lisensi, film ini belum diputar secara online di platform manapun.

3. 28 Days Later (2002)

  • Sutradara: Danny Boyle
  • Aktor utama: Christopher Eccleston, Naomie Harris, dan Cillian Murphy
  • Rating IMDb: 7.6

Selanjutnya adalah 28 Days Later yang merupakan generasi baru film zombie barat. Berbeda dengan zombie pada generasi sebelumnya, zombie di sini bergerak lebih cepat dan menakutkan.

Kemunculannya dimulai saat aktivis hak-hak binatang pergi ke sebuah pusat penelitian dan membebaskan beberapa monyet. Yang tidak mereka ketahui, salah satu monyet ternyata membawa virus yang kemudian menyebar dengan cepat ke penjuru Britania.

Mereka adalah zombie yang bergerak cepat, ganas, dan selalu marah. Film 28 Days Later masuk ke dalam daftar film zombie terbaik karena menawarkan konsep kiamat zombie paling realitis. Mereka yang terangkit virus bisa saja mati karena kelaparan, tapi agar itu tidak terjadi mereka harus menyebar dan mencari mangsa.

4. Resident Evil (2002)

  • Sutradara: Paul WS Anderson
  • Aktor utama: Milla Jovovich, Michelle Rodriguez, dan Ryan McCluskey
  • Rating IMDb: 6.7

Tak lengkap bila tidak membahas film satu ini. Resident Evil menampilkan beragam tipe zombie, dari yang super menyeramkan bak monster sampai zombie bodoh yang konyol. Tidak hanya manusia, tapi juga hewan di sini bisa berubah menjadi zombie.

Dengan aksi yang habis-habisan, Resident Evil serupa parade zombie yang paling meriah. Tak heran bila muncul seri Resident Evil berjilid-jilid, bahkan diadaptasi ke dalam video game.

Petualangannya seru, dan dari sekian jilid Resident Evil, Milla Jovovich adalah benang merahnya. Tanpanya, mungkin produser lebih memilih membuat film dengan judul lain.

5. Land of the Dead (2005)

  • Sutradara: George A. Romero
  • Aktor utama: John Leguizamo, Simon Baker, Asia Argento
  • Rating IMDb: 6.2

Hanya ada dua pilihan, menjadi yang pertama atau menjadi yang paling beda. Begitu kira-kira kata banyak motivator. Romero punya pilihan yang pertama, dan karenanya ia sekaligus memiliki privilese untuk menjadi yang ‘paling beda’.

Dari film-film Romero tentang zombie, itu seperti mengambarkan tranformasi zombie dari masa ke masa. Dalam film Land of the Dead, otak zombie sepertinya masih cukup aktif sehingga mereka mampu mempelajari sesuatu. Tidak hanya makan dan makan.

Mereka bisa mengendarai mobil, membentuk formasi, dan yang cukup berbahaya adalah menggunakan senjata. Jika dibiarkan terus hidup, bukankah zombie ini berpotensi menjadi manusia lagi? Apalagi mereka tidak memakan sesama zombie.

6. Shaun of the Dead (2004)

  • Sutradara: Etgar Wright
  • Aktor utama: Simon Pegg, Nick Frost, Kate Ashield
  • Rating IMDb: 7.9

Shaun of the Dead adalah zom-rom-com pertama yang meraih kesuksesan. Zom-rom-com adalah genre fil zombie-romantis-comedy, bukannya mencekam, tapi lebih banyak kekonyolan yang bisa kita temukan dalam alur ceritanya.

Edgar Wright membuat narasi petualangan yang sangat lucu. Shaun yang diperankan oleh Simon Pegg, ingin menyelamatkan pacarnya saat kiamat zombie melanda. Tapi, kiamat apapun mungkin akan selalu merepotkan, Shaun kemudian memutuskan untuk tinggal diam saja di pub dan menunggu semua berakhir.

Zombie-zombie di sini sangat lamban. Kamu mungkin bisa membunuh mereka sambil buang air besar. Apalagi, zombie ini cukup bodoh. Hanya dengan meniru tindakan mereka yang bodoh, para zombie tidak akan mengira kalau kamu adalah manusia.

7. Zombieland (2009)

  • Sutradara: Ruben Fleischer
  • Aktor utama: Jesse Eisenberg, Emma Stone, Woody Harrelson
  • Rating IMDb: 7.6

Jika kiamat tak bisa dihindari, mengapa kita harus repot-repot lari? Lebih baik menari sampai ajal tiba. Tak terkecuali, jika yang datang adalah kiamat zombie.

Sebagian besar orang sangat yakin kalau zombie hanyalah lelucon yang tak perlu diambil serius. Kiamat mungkin saja datang, bisa karena pemanasan global atau perang dunia ketiga, tapi itu bukan karena kemunculan zombie.

Tak heran, banyak film zombie alih-alih menegangkan justru lebih kental dengan nunasa komedi. Salah satunya adalah Zombieland. Karakter Columbus dan Tallahassee sangat berperan membuat film menjadi sangat ringan.

8. Train to Busan (2016)

  • Sutradara: Sang-ho Yeon
  • Aktor utama: Gong Yoo, Yu-mi Jung, Ma Don-seok
  • Rating IMDb: 7.6

Pfft. Kami tahu, sebagian dari kamu mungkin dari tadi bertanya-tanya mengapa daftar film zombie yang sudah disebutkan bukan yang benar-benar “populer”.

Yang pasti, judul-judul film zombie yang sudah disebutkan di atas memiliki pembeda dari banyak sekali film tentang zombie yang pernah ada. Selanjutnya, adalah film yang belum satu dekade dirilis namun ingin diputar berulang kali oleh para penggemar zombie.

Train to Busan, menyajikan zombie-zombie dengan kecepatan tinggi. Virus telah melahirkan zombie sebagai monster yang ganas. Sedikit sekali celah di sini untuk kita menghela nafas. Sang-ho Yeon telah mendapat banyak apresiasi dan penghargaan dari film ini.

9. Little Monsters (2019)

  • Sutradara: George A. Romero
  • Aktor utama: John Leguizamo, Simon Baker, Asia Argento
  • Rating IMDb: 6.2

Film satu ini menawarkan perspektif yang cukup langka dalam perkembangan film horor bertema zombie. Little Monsters berkisah tentang sekelompok anak-anak yang melakukan studi tour ke situs pengujian militer.

Ternyata, ini adalah tempat pertama munculnya wabah zombie. Anak-anak bersama gurunya berjuang melawan zombie. Film ini seakan ingin mengatakan bahwa kondisi sulit akan mengubah cara hidup seseorang bahkan anak-anak sekalipun, apakah kamu menebak bahwa Little Monster di sini adalah sekelompok anak-anak itu?

10. Alive (2020)

  • Sutradara: Cho ll-hyung
  • Aktor utama: Yoo Ah-in, Park Shin-hye
  • Rating IMDb: 6.3

Kadang, kita hanya perlu melihat momentum untuk mengambil posisi terbaik. Entah apa ini direncanakan atau tidaknya oleh Cho ll-hyung, Alive rilis di waktu yang tepat, yakni saat pandemi covid-19 melanda dunia dan jutaan orang terkurung dalam rumah.

Baik virus covid-19 maupun virus zombie, hanya memberi manusia dua pilihan. Pertama, keluar kemudian mati karena virus atau di dalam rumah dan mati karena kelaparan. Setidaknya, itu yang dialami oleh Joon-woo yang diperankan oleh Yoo Ah-in.

Film Alive adalah satu-satunya film zombie Netflix yang ada dalam daftar ini. Itu karena Netflix seakan memiliki dunianya sendiri, maka ada daftar film zombie dari Netflix Original khusus yang bisa kamu baca di sini.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp