10 Rekomendasi Film Zombie Netflix Paling Seru dan Menguras Emosi

10 Rekomendasi Film Zombie Netflix Paling Seru dan Menguras Emosi

film zombie netflix

Ditandai dengan munculnya film zombie pertama berjudul Night of the Living Dead karya George Romero (terinspirasi dari novel Richard Matheson tahun 1954), hingga kini tak terhitung secara pasti jumlah film yang mengangkat tema zombie. Film zombie telah mengalami transformasi nyata selama bertahun-tahun. Karakter zombie menjadi lebih sulit, lebih baik, lebih cepat, dan lebih kuat termasuk yang akan kita jumpai pada film zombie Netflix.

Romero sempat mengatakan bahwa zombie mewakili reaksi orang terhadap perubahan. Secara eksplisit membawa pesan kebalikan dari hukum alam, di mana segala sesuatu bergerak menuju kematian. Saat menghadapi zombie, manusia menghadapi hal yang tidak wajar, yaitu keabadian. 

Ironi dari sinema zombie adalah membuat kematian kurang menakutkan. Kita tidak lagi takut ketika teman dan keluarga kita mati, tetapi sebaliknya justru takut ketika mereka kembali hidup.

Layanan streaming film paling besar abad ini, Netflix, juga tidak mau ketinggalan untuk memberikan tontonan bertema zombie. Beberapa di antaranya berhasil di pasaran, sedangkan yang lain meski tidak begitu populer tetap banyak diminati.

Kamu mungkin tidak mau melewatkannya. Kami telah menyusun daftar rekomendasi film zombie Netflix. Zombie Netflix bisa jadi yang paling seram, tapi para penggemar film zombie pasti memiliki catatan sendiri mana yang terbaik.

Daftar Rekomendasi Film Zombie Netflix

1. Alive (2020)

  • Sutradara: Cho ll-hyung
  • Aktor utama: Yoo Ah-in, Park Shin-hye
  • Rating IMDb: 6.3

Mungkin tidak sebagus Train to Busan. Meski begitu, film zombie Netflix ini membuktikan bahwa bioskop Korea akan terus berupaya mendominasi semua genre.

Yang paling menarik dari Alive sebenarnya adalah momentum rilisnya yang bersamaan dengan pandemi Covid-19. Menjadikan film ini semakin menegangkan karena menggambarkan dunia yang kacau balau dan menuntut kita untuk tetap di rumah.

2. It Comes At Night (2017)

  • Sutradara: Trey Edward Shults
  • Aktor utama: Joel Edgerton, Christopher Abbott, Carmen Ejogo
  • Rating IMDb: 6.2

Berada dalam genre kontemporer “pasca-horor” yang identik mengedepankan kecerdasan dengan anggaran yang lebih kecil, It Comes At Night menumbangkan asosiasi yang disulap oleh judulnya sendiri. Ada apa di luar sana malam itu? 

Manusia berevolusi dari situasi kehidupan yang mengharuskan kita tetap waspada setelah matahari terbenam, seandainya hewan pemangsa memasuki gua untuk memakan kita hidup-hidup. Kita hanya belum banyak belajar apa yang menggantikan rasa takut itu sehinga menjadi penjara tersendiri.

Film ini jadi salah satu film zombie yang bisa kamu tonton di Netflix saat ini. Netflix sepertinya memang gemar menayangkan film-film mindblowing yang menguras otak alih-alih sekadar memacu adrenalin. Bahkan sekalipun itu berbicara tentang zombie, makhluk yang kehilangan akal.

3. Love, Death + Robots

  • Sutradara: Tim Miller
  • Aktor utama: Mary Elizabeth Winstead, Gary Cole, Chris Parnell, dll.
  • Rating IMDb: 8.5

Rekomendasi film zombie nteflix selanjutnya adalah film pendek yang ada dalam seri antologi Sci-Fi. Love, Death + Robots melintasi berbagai genre, termasuk misteri, drama sejarah, dan cerita rakyat. Pada intinya adalah perjuangan zombie, tapi itu hanya seperti bumbu tambahan.

Untuk setiap episode dengan twist yang benar-benar mengejutkan, ada episode dengan akhir yang sudah bisa kamu prediksi dari awal. Untuk setiap ide orisinil, ada ide yang telah kamu lihat puluhan kali sebelumnya.

Sebagai pengingat, ada terlalu banyak adegan kekerasan seksual dalam seri ini. Kabar baiknya, karena ini adalah film serial antologi, kamu tidak harus menontonnya berurutan. Kamu bisa meninggalkan episode yang menurutmu buruk sejak awal.

4. Army of the Dead (2021)

  • Sutradara: Zack Snyder
  • Aktor Utama: Dave Bautista, Ella Purnell, Huma Qureshi
  • Rating IMDb: 5.8

Jika kamu menyukai film zombie dan action, maka kamu akan menyukai film terbaru karya sutradara Zack Snyder yang juga orang di balik film zombie barat lainnya yakni Dawn of the Dead. Setelah ditetapkan ada wabah zombie di Las Vegas, sekelompok tentara bayaran menjelajah ke zona karantina untuk melakukan salah satu perampokan terbesar dalam sejarah.

Film ini dikemas dengan efek khusus yang luar biasa dan “zombie headshots” yang dieksekusi dengan ahli. Bagi kamu yang terbiasa bermain video game tema zombie, pasti akan mendapatkan kesan tersendiri saat menonton Army of the Dead.

5. Backpacker (Phobia 2; 2009)

  • Sutradara: Paween Purijitpanya
  • Aktor Utama: Jirayu Laongmanee, Worrawech Danuwong, Charlie Trairat
  • Rating IMDb: 6.7

Sepasang suami istri Jepang mencari tumpangan menuju Thailand tapi mereka masuk ke truk yang salah. Sedikit yang mereka tahu bahwa apa yang disimpan di box belakanh truk adalah sesuatu yang akan mengubah perjalanan menyenangkan mereka menjadi mimpi buruk.

Kisah yang memacu adrenalin ini adalah yang ketiga dari antologi horor lima bagian yang menampilkan karya-karya mengerikan dari lima master horor Thailand. Backpackers disutradarai oleh Paween “Golf” Purijitpanya yang juga membelakangi Body  dan Ghost Lab.

Sang sutradara banyak dikenal karena mendobrak batas-batas horor Thailand dengan unsur-unsur yang tidak konvensional. Dalam hal ini, ia dikreditkan untuk debut zombie di bioskop Thailand.

6. Cargo (2017)

  • Sutradara: Ben Howling & Yolanda Ramke
  • Aktor Utama: Martin Freeman, Simone Landers, Anthony Hayes
  • Rating IMDb: 6.3

Setelah terinfeksi oleh virus zombie, seorang ayah putus asa untuk menemukan keselamatan bagi bayi perempuannya dan melindunginya dari ancaman terbesar: dirinya sendiri.

Meskipun filmnya tidak banyak tentang zombie, Cargo masih berhasil menakuti penonton dengan mengoceh tentang ketakutan terdalam setiap orang: kehilangan nyawa atau seseorang yang mereka cintai. Film ini dikemas dengan sentimen yang tulus dan kinerja emosional Martin Freeman adalah yang terbaik.

7. iZombie (2015-2019)

  • Sutradara: Diane Ruggiero-Wright dan Rob Thomas
  • Aktor Utama: Rose McIver, Malcolm Goodwin, Rahul Kohli
  • Rating IMDb: 7.8

Petugas medis muda Olivia “Liv” Moore bukanlah profesional medis biasa. Berubah sebagian menjadi zombie, dia bekerja di kantor koroner, di mana memakan otak korban pembunuhan memungkinkan dia untuk bertahan hidup, tetapi juga memberinya kemampuan untuk membantu memecahkan kasus.

Seri ini merupakan adaptasi lepas dari seri komik dengan nama yang sama. Jika kamu mencari pertunjukan untuk ditonton selama karantina, maka kelima musim yang fantastis tidak akan mengecewakan. iZombie mengemas kualitas pertunjukan yang hebat — kejahatan, kekerasan, romansa, dan humor — sambil tetap memenuhi keharusan narasi zombie.

8. Kingdom: Ashin of the North (2021)

  • Sutradara: Kim Seong-hun
  • Aktor Utama: Ju Ji-hoon, Ryu Seung-ryong, Bae Doo-na
  • Rating IMDb: 7

Saat penyakit misterius menghancurkan sukunya, Ashin menyelam ke hutan belantara untuk memburu tanaman aneh yang bisa berarti obat dan harapan bagi rakyatnya. 

Setelah dua musim Kingdom yang sukses (2019 hingga 2020), Netflix memutuskan untuk merilis episode khusus berdasarkan karakter misterius yang muncul di akhir musim kedua seri.  Kingdom: Ashin of the North, memberikan sentuhan segar dan merevitalisasi genre yang terlalu dieksplorasi. 

9. The Last Kid On Earth  (2019-2020)

  • Sutradara: William Lau; Steve Rolston
  • Pengisi suara: Nick Wolfhard, Charles Demers, Montserrat Hernandez, Garland Whitt
  • Rating IMDb: 7.4

Dalam versi animasi dari seri buku terlaris dengan judul yang sama ini, kehidupan pra-remaja Jack Sullivan yang berusia 13 tahun dan teman-temannya telah menjadi video game, di mana tujuan utamanya adalah untuk bertahan hidup dari kiamat zombie.

Kamu tidak harus menjadi anak-anak untuk menikmati kartun zombie. The Last Kid On Earth diisi dengan tema humor dan persahabatan yang patut diperhatikan baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Plotnya menarik dan karakternya lucu, semuanya membuat waktumu menjadi sangat menyenangkan.

10. Ravenous (2017) 

  • Sutradara: Robin Aubert
  • Aktor Utama: Marc-André Grondin, Monia Chokri, Brigitte Poupart
  • Rating IMDb: 5.8

Segelintir orang yang selamat dari kiamat zombie berjuang untuk menjalani hidup mereka di pedesaan Quebec dengan hampir tidak ada harapan.  

Tidak seperti film zombie lainnya, film berbahasa Prancis ini menggambarkan zombie sebagai makhluk yang hampir berpikir yang memikat korbannya dengan jebakan dan pemujaan di kuil yang mereka bangun. Ada kualitas reflektif dan penuh teka-teki pada film ini, sesuatu yang tidak dapat Anda katakan tentang produksi serupa lainnya. Sekalipun rating IMDb-nya kecil, bukan berarti film zombie netflix satu ini berkualitas buruk.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp