10 Film Teraneh di Dunia, Tidak Ditonton juga Tidak Apa

10 Film Teraneh di Dunia, Tidak Ditonton juga Tidak Apa

film teraneh di dunia

DAFTAR ISI

Meski kenyataan seringkali lebih tidak masuk akal ketimbang cerita fiksi, tapi fiksi seakan memiliki kewajiban untuk ‘aneh’ jika tidak bisa dikatakan imajinatif. Termasuk dalam hal ini adalah film. Lalu, apa saja film teraneh di dunia yang sering diperbincangkan?

Pasalnya, kita selalu menantikan film-film hebat, mengerikan atau menampilkan banyak kejutan. Namun, ada beberapa film yang benar-benar aneh dan sulit dipahami.

Artikel ini mengumpulkan daftar film aneh di dunia yang ketika kamu menontonnya mungkin akan menjumpai banyak hal tak terduga. Beberapa di antaranya boleh dibilang absurd meski tetap menarik untuk ditonton.

Rekomendasi Film Teraneh di Dunia

Being John Malkovich (1999)

film teraneh di dunia
Being John Malkovich (1999)

Coba bayangkan, kamu adalah orang biasa yang berkesempatan menjadi public figure. Bukan orang biasa yang bertemu dengan produser lalu tiba-tiba diajak bermain film. Meski terdengar masuk akal namun ini juga sangat jarang terjadi kecuali kamu sedang menonton FTV.

Maksud kami lebih imajinatif dari itu. Seperti halnya dalam film Being John Malkovich (1999), ketika seseorang bisa bertukar jiwa dengan selebriti dan mengalami kehidupan yang dialami sang selebriti.

Film ini menarik untuk ditonton sekalipun setting tempatnya sangat aneh. Terutama kantor kecil dengan langit-langit yang sangat rendah dan lebih cocok ditinggali oleh kaum Hobbit.

Alice (1988)

Film aneh
Alice (1988)

Seorang gadis kecil hidup dalam ruangan kecil yang suram. Ini adalah film Ceko yang dibuat pada tahun 1988 dan dirilis di Belanda tahun 1989.

Dengan gagasan dasar dari kisah klasik Alice in Wonderland, film ini tidak semanis kisah Disney. Cukup mengejutkan ketika kita tahu bahwa ini adalah versi mimpi buruknya.

Perlu diketahui kalau Alice (1988) bukanlah film bagus dan layak ditonton. Ini bahkan bukan film yang berdurasi panjang. Akan tetapi, jika kamu adalah seorang pengembara film aneh dan absurd maka ini wajib kamu tonton.

Big Fish (2003)

rekomendasi film
Big Fish (2003)

Apakah kamu terbiasa mendengarkan dongeng sebelum tidur? Itu tidak terdengar akrab dengan budaya masyarakat kita tapi kamu bisa menjumpai dalam film fantasi ini.

Big Fish memiliki kelebihan secara visual dengan cerita yang indah. Mungkin mirip dengan yang dibayangkan sebagian orang ketika mendengar kata ‘dongeng’.

Sang ayah adalah karakter yang aneh dan menceritakan kisah-kisah yang tak kalah aneh. Tanpa penceritaan yang baik tidak mungkin anaknya percaya dengan kisah yang diceritakan ayahnya.

Film karya Tim Burton ini sangat ringan tapi penuh fantasi. Sekali lagi, meskipun aneh, tapi penceritaannya baik sehingga kamu mungkin akan berharap hidup dalam dongeng tersebut.

The City of Lost Children (1995)

Film aneh
The City of Lost Children (1995)

Film teraneh di dunia selanjutnya berasal dari Perancis. Bagi yang pernah menonton film Sons of Anarchy mungkin tidak asing dengan actor Ron Perlman.

Sesuai judulnya, film ini mengisahkan sebuah kota yang lambat laun kehilangan anak kecil. Siapa sangka kalau anak-anak tersebut ternyata diculik oleh seorang ilmuwan gila yang sedang melakukan eksperimen untuk menunda penuaan fisik.

Tergolong film absurd dan aneh karena berisi tokoh yang tidak biasa. Film ini sangat gelap dan mengganggu mental penontonnya. Tapi, ia juga mengharukan dengan adegan seorang pria yang berusaha mencari keberadaan saudaranya.

A Clockwork Orange (1971)

Film gak beres
A Clockwork Orange (1971)

Peringatan pertama untuk semua orang kalau ini bukan film untuk anak-anak. Sebabnya tidak lain karena film ini mengandung banyak adegan kekerasan dan ketelanjangan.

Film ini menceritakan kisah kelam sekelompok anak muda yang suka berbuat onar di Inggris Raya. Salah satu karakter bernama Alex harus masuk ke penjara dan menjadi volunteer dalam program eksperimental penuh kontroversi. Tapi itu hanya awal mula dari konflik yang baru terjadi ketika ia bebas dari penjara.

Blog Sing-Along Dr. Horrible (2008)

film teraneh
Blog Sing-Along Dr. Horrible (2008)

Apa yang menarik dari film ini? Sebenarnya bukanlah hal mudah memaparkan alasan keanehan dari film aneh karena itu benar-benar aneh.

Di sini kamu akan menjumpai hal-hal yang luar biasa. Di antaranya membahas soal music, sains fiksi dengan budget rendah, romansa, superhero, dan yang paling dominan adalah kekonyolan.

Bahkan untuk menentukan genre-nya saja jadi perkara rumit, bukan? Terlebih premisnya juga konyol. Tentang penjahat super yang jatuh cinta pada gadis lugu. Lalu, di mana bagian konyol-nya? Tonton sajalah!

Enter The Void (2009)

film tok
Enter The Void (2009)

Trippy dan absurd! Cuma dua kata itu barangkali yang cukup mewakili film ini. Ya! Ini salah satu film teraneh di dunia tapi agak sulit untuk berhenti mengikuti ceritanya.

Dengan adegan kejar-kejaran di jalanan Tokyo, banyak hal tidak masuk akal yang disuguhkan. Jika kamu sensitif dengan kilat cahaya yang intens sebaiknya jangan menonton film ini. Banyak testimoni penonton yang mengalami kejang setelah menonton Enter The Void.

Eternal Sunshine of The Spotless Mind (2004)

Eternal Sunshine of The Spotless Mind (2004)
Eternal Sunshine of The Spotless Mind (2004)

Akting yang menakjubkan dari Jim Carrey dan Kate Winslet. Mereka berhasil membuat emosi penonton campur-aduk.

Mereka menjalin romansa lalu kemudian berpisah karena Clementine (Kate Winslet) memilih menghapus ingatannya. Secara keseluruhan sebenarnya film ini baik. Efeknya mengesankan, sinematografi yang bagus dan itu bisa mengajak penonton untuk hanyut dalam keabsurd-an.

Interstate 60: Episodes on the Road

Interstate 60: Episodes on the Road
Interstate 60: Episodes on the Road

Sekali lagi kita menemukan sebuah film yang mengesankan namun tidak bisa lepas dari keanehan. Terutama jika kamu ingin mengkategorikan apa genre dari Interstate 60: Episodes on the Road.

Fantasi iya, komedi ada, romansa mengantarkan alur cerita, drama yang cukup menarik dan kisah petualangan yang seru. Ini benar-benar layak untuk ditonton jika kamu adalah penggemar film-film yang sedikit off-beat.

The Lost Room (2006)

The Lost Room (2006)
The Lost Room (2006)

Peter Krause (bintang Six Feet Under and Parenthood ) dan Julianna Margulies (dari ER dan The Good Wife) sangat fantastis di The Lost Room. Ini adalah konsep yang menarik untuk sebuah film, atau mini-seri, dan penulisannya mirip dengan karya Stephen King. 

Bahkan, disutradarai oleh Craig R. Baxley, yang juga menyutradarai Kingdom Hospital , sebuah serial/mini-seri televisi, yang ditulis oleh King.

The Lost Room adalah tentang seorang perwira polisi yang menemukan kunci yang sangat istimewa saat mengerjakan sebuah kasus. Kunci membuka pintu ke kamar motel yang sangat aneh yang jauh lebih banyak daripada yang terlihat.

Itu dia sederet film teraneh di dunia. Kamu mungkin ingin menikmatinya di akhir pekan atau di sela-sela jam kerja. Sak karepmu!

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 25 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut