5 Tips Buat Kamu yang Punya Hobi dan Pengen Cuan

5 Tips Buat Kamu yang Punya Hobi dan Pengen Cuan

punya hobi
SplitShire by Pixabay.com

Punya hobi lalu mendapatkan cuan dari situ, siapa yang tidak mau? Faktanya, makin hari banyak aktivitas hobi yang sekaligus jadi sumber pendapatan seseorang. Lebih dari itu, bahkan mereka bisa jadi sultan.

Hobi adalah sesuatu yang kita sukai. Suatu kegiatan yang kadang kita sendiri pun tidak tahu kenapa bisa merasa bahagia melakukannya. Sesuatu yang kalau ada kesempatan, pasti kita lakukan tanpa ada suruhan atau paksaan dari siapa pun. Bahkan hobi bisa jadi obat kalau kita sedang dibanjiri oleh kesedihan dan kejenuhan.

Bagaimana kalau ternyata kita punya hobi yang bisa menghasilkan uang? Tambah semangat dong, pastinya!

Kita akan bekerja dengan rasa bahagia. Kita bekerja bukan untuk menjadi bahagia, tetapi bekerja karena bahagia melakukannya. Kita akan melakukannya sepenuh jiwa. Bonusnya, tentu saja mendapat kepuasan dan penghasilan.

Lalu apa yang harus kita lakukan supaya bisa menghasilkan uang dari hobi? Nih buat kamu yang sudah punya hobi, ada beberapa cara yang bisa kamu coba.

1. Tidak punya hobi? Jangan minder dulu

Percayalah, setiap orang yang ada di dunia ini tidak hadir secara tidak sengaja. Semua ada alasannya, ada tujuannya. Masing-masing diri kita pasti punya talenta. Tugas kita adalah menemukannya!

“aku sepertnya tidak punya hobi, deh.” Jika kamu masih bingung, cobalah lakukan saja apa yang kamu bisa. Jangan terburu-buru berpikir bahwa kamu tidak punya hobi dan tidak bisa apa-apa.

Contohnya, kamu bisa mencoba melihat apakah hobimu adalah berbicara dengan cara, ngomong di depan kaca. Bayangkan kamu adalah seorang motivator/MC/Presenter terkenal yang akan berbicara di hadapan ratusan orang di depan sana.

Rasakan gemuruhnya, pikirkan betapa antusiasnya mereka dan mulailah berbicara. Setelah kamu coba berkali-kali, lakukan evaluasi, apakah kamu meyukainya?

Contoh lain, suka fotografi. Kalau kamu tidak punya kamera, gunakan saja apa yang ada. Kamera handphone misalnya. Sederhana bukan? Kamu hanya harus memberi dirimu sendiri kepercayaan dan kesempatan untuk mencoba sampai kamu menemukan apa yang kamu suka.

2. Ciptakan peluang, buat inovasi dan trend sendiri.

Entah kapan dan siapa yang memulai.  Hobi makan yang dulu mungkin dianggap kurang bermanfaat, bahkan berisiko menyebabkan kelebihan berat badan, sekarang ramai-ramai dilakukan orang. Kita lihat di sosial media banyak bertebaran orang yang menggunakan hobi makan (review makanan, mukbang, dll.) untuk menghasilkan uang.

Dari contoh itu kita bisa melihat bahwa peluang dan trend sangat mungkin diciptakan. Jadi, ada ide apa di kepalamu? Keluarkan dan lakukan.

3. Cari referensi dan lakukan modifikasi

Jika hasil pencarian yang kamu lakukan bersama dirimu sendiri belum membuahkan suatu kesimpulan dan kamu kesulitan membuat inovasi yang 100% berbeda, carilah referensi dan lakukan modifikasi. Lihatlah ke luar dan cobalah apa yang orang lakukan.

Melihat apa yang ada di luar, bisa membantumu menemukan inspirasi tentang apa yang mungkin belum pernah kamu pikirkan dan belum pernah kamu coba lakukan. Amati, kenali dan modifikasi.

Hobi kita mungkin saja sama dengan hobi orang lain, tetapi kita bisa melakukan modifikasi. Itu dilakukan supaya bertambah nilai keunikannya, sehingga berbeda dari yang lainnya.

Apa sih maksudnya? Kita ambil contoh orang-orang yang hobi main Youtube. Meskipun sama-sama Youtuber, masing-masing dari mereka menyajikan dan mengemas konten secara berbeda sehingga menghasilkan daya tarik yang berbeda pula.

Coba pikirkan, nilai apa yang bisa kamu tawarkan? 

4. Lakukan uji coba

Nah, kalau kamu sudah menemukan hobimu dan gagasan tentang apa yang akan kamu lakukan dengan hobi itu, lakukan uji coba. Kamu yang punya hobi menggambar wajah, tawarkan kepada teman untuk menggambar wajahnya. Setelah itu, publikasikan hasilnya.

Kamu yang punya hobi fotografi, tawarkan jasamu untuk memotret momen-momen penting di sekitarmu seperti di pesta, ulang tahun, pernikahan dll. Kamu yang hobi difoto dan bergaya di depan kamera juga bisa.

Kamu bisa menawarkan diri kepada teman yang punya produk tertentu untuk membantunya memasarkan produk lewat foto yang menarik. Nah, jadi bisa saling bantu kan?

Berawal dari mencoba, kamu bisa melihat bagaimana respon orang lain terhadap apa yang kamu lakukan dan kamu bisa mempelajari apa yang masih perlu kamu tingkatkan dan strategi apa yang sesuai untuk “menjual” hobi yang kamu punya.

5. Lakukan dengan konsisten

Salah satu kunci keberhasilan adalah keajegan alias konsistensi. Kata ini mudah diucap tetapi tidak mudah dilakukan. Nanti ketika kamu sudah mulai melakukan sesuatu, pasti kamu akan bertemu dengan orang-orang yang akan menguji langkahmu. Mereka mungkin akan meremehkan hobimu dan mengendurkan semangatmu.

Mereka akan menghujanimu dengan perkataan seperti, “Ah, kamu ngapain sih? Itu nggak ada gunanya!”, “Hei, berhentilah. Kamu nggak jago ngelakuin itu!” dan berbagai kalimat yang penuh dengan pesimisme lainnya.

Jika itu terjadi jangan berhenti, tutup telingamu, katakan pada mereka, “Aku akan membuktikannya!”.

Kamu tidak akan pernah gagal, selama kamu tidak berhenti berusaha. Beberapa cara di atas semoga bisa berguna untuk kalian yang ingin menghasilkan uang dari hobi. Jadi, gimana… kamu punya hobi apa? Yuk, kita mulai beraksi hari ini!

Baca Juga