3 Cara Mematikan HP Android Otomatis, Nggak Perlu Tombol Power

3 Cara Mematikan HP Android Otomatis, Nggak Perlu Tombol Power

3 Cara Mematikan HP Android Otomatis, Nggak Perlu Tombol Power

DAFTAR ISI

Sediksi – Tidak hanya manusia saja, gadget yang kamu gunakan setiap hari juga perlu istirahat seperti badan kamu. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi keawetan hp kamu sekaligus badan kamu. Waktu yang tepat untuk mengistirahatkan hp kamu yaitu pada saat istirahat malam hari. Kamu bisa melakukan cara mematikan hp Android otomatis ini jika kamu sering lupa.

Cara mematikan hp Android otomatis ini akan sangat bermanfaat buat kamu yang ingin beristirahat dengan tenang pada malam hari tanpa distraksi dari hp kamu. Dengan demikian, kualitas tidur kamu akan semakin baik tanpa gangguan apapun dari hp kamu.

Selain itu, dengan menggunakan cara mematikan hp Android otomatis ini kamu sudah menambah umur masa pakai hp tersebut. Sehingga, kamu tidak perlu sering-sering ganti hp karena rusak.

Maka dari itu, agar kamu dapat mematikan hp secara rutin, berikut ini telah Sediksi rangkum beberapa cara mematikan hp Android otomatis dari berbagai sumber yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Cara mematikan hp Android otomatis

3 Cara Mematikan HP Android Otomatis, Nggak Perlu Tombol Power - 1000020864 1024x576 jpg
freepik

Menggunakan fitur built-in (Bawaan)

Cara mematikan hp Android otomatis yang pertama dan bisa kamu lakukan dengan sangat mudah adalah menggunakan fitur built-in (bawaan). Fitur ini sebenarnya sudah ada di hp Android kamu. Sehingga kamu dapat memanfaatkannya untuk mematikan hp kamu secara otomatis secara teratur. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan jika ingin melakukan cara ini:

  • Pertama-tama, kamu buka menu “Settings” di perangkat Android yang kamu gunakan.
  • Setelah itu, kamu cari opsi “Scheduled Power On & Off” atau “Auto Power On/Off”, opsi ini tergantung pada merek hp yang kamu gunakan.
  • Setelah kamu menemukannya, kamu dapat membuka opsi dan klik opsi tersebut dan atur waktu kapan hp akan mati dan hidup secara otomatis. Kamu juga dapat menyesuaikan pengaturan untuk hari-hari tertentu jika diperlukan.

Mengatur Auto Power On/Off pada hp Android Nougat

Cara mematikan hp Android otomatis berikutnya yaitu dengan mengatur auto power on/off yang bisa kamu lakukan di hp dengan sistem operasi Android Nougat. Nah, buat kamu yang yang menggunakan Android Nougat, kamu bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Untuk kamu yang menggunakan Android Nougat, kamu bisa memulai cara ini dengan membuka menu “Settings” terlebih dahulu.
  • Setelah kamu membukanya, kamu bisa memilih opsi “Advanced atau “Lanjutkan” ke “Scheduled Power On/Off”.
  • Selanjutnya, kamu tinggal mengaktifkan opsi “Power On” dan “Power Off”, Dengan demikian, kamu dapat menentukan jadwal kapan hp kamu akan mati dan menyala secara otomatis.

Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Cara mematikan hp Android otomatis yang terakhir adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan jika di hp kamu tidak memiliki fitur bawaan seperti di atas.

Beberapa aplikasi bawaan yang bisa kamu gunakan seperti Power Schedule, Automateit, dan AutoOff. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan dengan aplikasi ini:

  • Langkah pertama, kamu bisa mengunduh salah satu aplikasi di atas. Sebelumnya, pastikan memori hp kamu mencukupi agar aplikasi kamu bisa terinstall secara sempurna. 
  • Setelah mengunduh salah satu aplikasi tersebut dan memasang aplikasinya, kamu dapat membuka dan berikan izin yang diperlukan.
  • Setelah itu, tambahkan event baru dengan memilih opsi “Add Event”, kemudian atur sesuai dengan keinginan kamu seperti waktu yang diinginkan untuk menghidupkan dan mematikan hp kamu.

Itulah beberapa cara mematikan hp Android otomatis yang bisa kamu lakukan dengan sangat mudah. Kamu dapat melakukan beberapa cara mematikan hp Android otomatis ini secara teratur sehingga dapat mengurangi distraksi yang timbul karena notifikasi hp saat kamu tidur pada malam hari.

Dengan cara mematikan hp Android otomatis ini, kamu tidak hanya bisa meningkatkan kualitas istirahat kamu, namun juga dapat menghemat daya baterai, memberikan kesempatan bagi hp kamu untuk beristirahat juga.

Tidak hanya itu, mematikan hp secara rutin juga dapat menjaga hp kamu agar dapat meningkatkan masa pakai hp kamu. Cara Ini adalah langkah kecil namun berarti dalam menjaga kesehatan jangka panjang dari hp yang kamu gunakan. 

Baca Juga
Topik
notix-artikel-retargeting-pixel