6 Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula

6 Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula

gunung untuk pendaki pemula
Unsplash/Mardanafin

DAFTAR ISI

Sediksi.comMendaki gunung dapat dilakukan oleh siapa saja. Saat ini, kegiatan mendaki gunung sangat digemari oleh kamu muda-mudi yang kebanyakan pelajar atau mahasiswa.

Ada juga kok gunung di Indonesia yang cocok untuk pertama kali naik gunung untuk pendaki pemula. Tentu perlu persiapan maksimal agar pengalaman mendaki makin asik dan tak merepotkan.

Selain perlengkapan yang mumpuni, dalam olahraga mendaki gunung sudah tentu membutuhkan kekuatan fisik yang prima plus kekuatan mental sehingga pendakian menjadi nyaman dan juga lancar.

Disarankan bagi para pendaki pemula untuk memilih gunung yang tepat dan sesuai dengan kekuatan fisiknya. Tujuannya, agar pendakian mendaki lebih aman dan nyaman serta tidak merepotkan anggota kelompok lainnya jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Oleh karena itu, mari kita ulas manakah gunung untuk pendaki pemula yang bisa dikunjungi.

Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula

Gunung Penanggungan

6 Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula - Gunung untuk pendaki pemula Gunung Penanggungan
Getlost

Gunung Penanggungan merupakan rekomendasi gunung untuk pendaki pemula di Jawa Timur. Gunung yang terletak di wilayah Mojokerto ini memiliki tinggi 1.653 Mdpl. Tidak terlalu tinggi, tetapi tetap menantang.

Meski tak setinggi gunung lainnya, akan tetapi, trek pendakian gunung ini menyuguhkan tantangan yang melelahkan. View Gunung Arjuna-Welirang juga tampak jika dilihat dari puncak Gunung Penanggungan.

Durasi pendakian Gunung Penanggungan dari basecamp ke Puncak Penanggungan rata-rata hanya membutuhkan waktu 2 jam 50 menit saja.

Harga tiket masuk ke Gunung Penanggungan hanya Rp.10.000/orang untuk biaya registrasi.

Gunung Andong

6 Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula - Gunung Andong
Pinhome

Gunung Andong menjadi salah satu dari sekian gunung yang masuk dalam rekomendasi gunung untuk pendaki pemula. Gunung yang hanya memiliki tinggi 1.726 Mdpl ini menyuguhkan sensasi pendakian dengan pemandangan serta kondisi alam yang masih alami.

Gunung ini memiliki 4 puncak, yaitu puncak Makam, Puncak Jiwa, Puncak Alap-alap dan Puncak Andong. Durasi pendakian Gunung Andong membutuhkan waktu 2 hingga 3 jam pendakian.

Harga tiket masuk Gunung Andong berkisar Rp. 20.000/orang untuk biaya SIMAKSI (Surat Ijin Masuk Kawasan Konservasi).

Gunung Bromo

6 Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula - Gunung bromo 1
Pemkab Malang

Apabila kita membahas tentang gunung untuk pendaki pemula, sudah pasti Gunung Bromo menjadi salah satunya. Gunung yang tingginya mencapai 2.329 Mdpl ini terletak di 4 kabupaten yang berbeda yaitu Lumajang, Probolinggo, Malang dan Pasuruan.

Untuk mengakses gunung ini sangatlah mudah. Bisa menggunakan kendaraan pribadi atau dengan menyewa kendaraan yang ada di sana. Di lokasi pun, sudah ada jalur undak-undakan dengan anak tangga hingga ke puncak.

Harga tiket masuknya berkisar antara Rp.29.000 – Rp. 34.000 untuk wisatawan domestik dan Rp.220.000 – Rp. 320.000 untuk wisatawan mancanegara.

Gunung Ijen

6 Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula - gunung untuk pendaki pemula gunung ijen
Bondowosoo Tourism

Rekomendasi gunung untuk pendaki pemula selanjutnya adalah Gunung Ijen yang terletak di Banyuwangi, Jawa Timur.

Gunung ini memiliki tinggi 2.443 Mdpl dengan pesona api biru yang langka. Biasanya, pendaki Gunung Ijen akan mendaki pada malam hari untuk menikmati keindahan api biru di Kawah Ijen. Sementara itu, untuk mendaki gunung ini hanya membutuhkan waktu 2 hingga 4 jam pendakian.

harga tiket masuk ke Gunung Ijen berkisar Rp. 5.000 – Rp. 7.500 untuk wisatawan domestik dan Rp. 100.000 – Rp. 150.000 untuk wisatawan mancanegara.

Gunung Papandayan

6 Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula - gunung untuk pendaki pemula gunung papandayan
Pemprov Jabar

Gunung Papandayan memiliki tinggi 2.665 Mdpl dan memiliki pemandangan yang sangat indah berupa kawah-kawah dan banyak pohon-pohon mati tanpa dedaunan. Para pendaki juga disuguhkan dengan bunga-bunga edelweiss yang ada di Pondok Salada dan Tegal Alun.

Durasi pendakian Gunung Papandayan hanya membutuhkan waktu 4 jam hingga 4 jam 30 menit.

Harga tiket masuk ke Gunung Papandayan berkisar Rp. 20.000 – Rp. 30.000 untuk wisatawan domestik dan Rp. 200.000 – Rp. 300.000 untuk wisatawan mancanegara.

Gunung Sibayak

6 Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula - Gunung Sibayak
Imaji Pertiwi

Gunung yang cocok untuk pendaki pemula yang terakhir adalah Gunung Sibayak. Gunung ini terletak di kawasan Dataran Tinggi Karo, Sumatera Utara. Gunung ini memiliki tinggi 2.904 Mdpl dan menawarkan keindahan berupa batu cadas dan juga kawah aktif.

Di puncak Gunung Sibayak, pendaki dapat menikmati pemandangan berupa matahari terbit yang sangat indah. Durasi pendakian ke puncak Gunung Sibayak membutuhkan waktu 2 jam hingga 3 jam pendakian.

Untuk masuk dan mendaki Gunung Sibayak tidak dikenakan biaya alias gratis.

Meski tampaknya tidak terlalu tinggi, medan pendakian tak bisa diremehkan. Sekiranya ingin mendaki gunung, persiapkan diri dengan maksimal agar pendakian berjalan aman, lancar dan menyenangkan.

Baca Juga
Pantai Pathek Situbondo, Pantai Indah yang Bersejarah!
sejarah hari gunung internasional
tips-agar-tidur-nyenyak-di-pesawat
wisata danau di ntt
Perbedaan Gaya Liburan Gen-Z dan Seniornya/ Pexels: Riccardo
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel