Hasil Lengkap F1 GP Arab Saudi 2023: Checo Finis Terdepan, Podium Ke-100 Alonso Diwarnai Kontroversi

Hasil Lengkap F1 GP Arab Saudi 2023: Checo Finis Terdepan, Podium Ke-100 Alonso Diwarnai Kontroversi

Hasil lengkap F1 2023 GP Arab Saudi
Image from getty

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Race kedua F1 musim ini digelar di sirkuit Jeddah Corniche, Arab Saudi pada Minggu (19/3/2023). Pembalap tim Red Bull, Sergio Perez dan Max Verstappen berhasil mengamankan poin penuh bagi timnya dengan finis di posisi 1 dan 2. GP Arab Saudi juga diwarnai kontroversi yang melibatkan Fernando Alonso.

Perez sendiri memulai balapan dari posisi terdepan, diikuti pembalap tim Aston Martin, Fernando Alonso dan pembalap tim Mercedes, George Russell.

Race dimulai dengan Alonso yang langsung tancap gas dan mengambil alih posisi terdepan dari Perez. Akan tetapi, pembalap asal Spanyol itu berada pada posisi start yang salah sehingga terkena hukuman 5 detik penalti.

Memasuki lap 3, pembalap Ferrari, Charles Leclerc, yang start dari posisi 12 berhasil naik 3 peringkat ke posisi 9. Sementara Verstappen yang start dari posisi 15, akibat kerusakan mesin pada sesi kualifikasi, naik ke posisi 13.

Perez berhasil merebut kembali posisi 1 dari Alonso pada lap 4. Red Bull menunjukkan kecepatan mobil mereka yang tentu saja masih jauh lebih unggul ketimbang Aston Martin.

Pada lap 9, Leclerc berhasil menyalip Lewis Hamilton di posisi 7. 3 lap kemudian, giliran Verstappen yang berhasil menyalip Hamilton dengan mudah.

Baik Leclerc maupun Verstappen sama-sama naik ke posisi 6 dan 7 setelah berhasil mendahului pembalap Alpine, Esteban Ocon, di jalur yang sama pada lap 13 dan 14.

Rekan setim Alonso, Lance Stroll, harus mengakhiri balapan di lap 18 setelah mobil yang dikendarainya mengeluarkan asap. Insiden ini membuat safety car dikerahkan.

Balapan kembali dilanjutkan pada lap 22, yang ditandai dengan duel antara Hamilton dan Carlos Sainz yang memperebutkan posisi 5, di mana Hamilton berhasil mempertahankan posisinya.

Kualitas mobil tim Red Bull benar-benar terlihat pada lap 23 dan 25. Verstappen berhasil mengamankan posisi 2 setelah menyalip Russell dan Alonso dengan mudah.

Pada lap 26, pembalap tim Williams, Alexander Albon, mengalami kerusakan rem yang membuatnya harus mengakhiri balapan lebih cepat.

Setelahnya tidak banyak duel yang terjadi di posisi 10 besar. Pada papan tengah, tepatnya di lap 38, pembalap Alfa Romeo, Zhou Guanyu, berhasil mendahului pembalap Williams, Logan Sargeant, di posisi 13.

4 lap menjelang balapan usai, pembalap Haas, Kevin Magnussen, berhasil merebut posisi 10 dari pembalap Alpha Tauri, Yuki Tsunoda. Ini membuat Magnussen berhasil mengamankan 1 poin bagi timnya.

Race berakhir di lap 50 dengan Sergio Perez berhasil keluar sebagai pemenang diikuti rekan setimnya Max Verstappen di posisi 2. Sementara itu Fernado Alonso berhasil finis di posisi 3.

Akan tetapi, peluang Alonso untuk mengamankan podium keduanya musim ini serta podium ke 100 dalam karirnya sirna akibat hukuman tambahan yang dia peroleh.

Alonso dikenai hukuman tambahan penalti 10 detik, akibat dianggap tidak menjalani hukuman penalti 5 detik sebelumnya dengan benar.

Hal ini membuat George Russell, yang finis balapan di posisi 4, naik ke podium menggantikan Alonso. Namun, tim Aston Martin tidak terima dengan keputusan ini dan langsung mengajukan surat permintaan kepada FIA (Federation Internationale de l’Automobile) untuk mereview ulang hukuman tersebut.

Setelah dilakukan review ulang, yang disertai dengan bukti video tayangan ulang terbaru, FIA memutuskan mencabut hukuman penalti terhadap Alonso dan mengembalikan posisi 3 kepada pembalap berusia 41 tahun tersebut. Ini membuat sang 2 kali juara dunia resmi meraih podium ke 100 dalam karirnya.

Berikut hasil lengkap F1 GP Arab Saudi 2023

  1. Sergio Perez (Red Bull Racing)
  2. Max Verstappen (Red Bull Racing)
  3. Fernando Alonso (Aston Martin Aramco Cognizant)
  4. George Russell (Mercedes-AMG Petronas)
  5. Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas)
  6. Carlos Sainz (Scuderia Ferrari)
  7. Charles Leclerc (Scuderia Ferrari)
  8. Esteban Ocon (Alpine)
  9. Pierre Gasly (Alpine)
  10. Kevin Magnussen (Haas)
  11. Yuki Tsunoda (Scuderia Alpha Tauri)
  12. Nico Hulkenberg (Haas)
  13. Zhou Guanyu (Alfa Romeo)
  14. Nyck de Vries (Scuderia Alpha Tauri)
  15. Oscar Piastri (McLaren)
  16. Logan Sargeant (Williams)
  17. Lando Norris (McLaren)
  18. Valtteri Bottas (Alfa Romeo)
  19. Alexander Albon (Williams) Gagal Finis
  20. Lance Stroll (Aston Martin Aramco Cognizant) Gagal Finis

Max Verstappen masih memimpin klasemen sementara pembalap, unggul 1 poin dari Perez. Meskipun keduanya sama-sama telah mengemas 1 kemenangan dan 1 runner-up, keberhasilan Verstappen mencatatkan fastest lap pada race ini membuatnya dihadiahi 1 poin tambahan.

Race F1 selanjutnya akan diselenggarakan di Melbourne, Australia, pada 1 April 2023.

Lihat tulisan lainnya di Google News

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM