Biaya Hidup di Spanyol 2022, Opsi Terbaik di Eropa Barat

Biaya Hidup di Spanyol 2022, Opsi Terbaik di Eropa Barat

biaya hidup di spanyol
Foto: Pixabay

DAFTAR ISI

Biaya hidup di Spanyol adalah terbaik yang kami ketahui jika kamu berencana tinggal di Eropa. Baik itu untuk berlibur, menjadi imigran, atau kuliah di Spanyol. Mengingat notabene negara-negara di Eropa barat yang super maju, sepertinya hanya negara asal La Furia Roja yang menawarkan biaya hidup murah.

Spanyol memang memiliki banyak hal yang menjadi daya tarik bagi penduduk dunia untuk mengunjunginya. Destinasi wisata bersejarah, klub sepakbola sejuta bintang, alam yang menakjubkan dan terakhir tentu karena biaya hidup di Spanyol paling murah dibanding negara eropa lainnya seperti Inggris maupun Jerman.

Keuntungan Tinggal Di Spanyol

Apakah kamu menyukai hiruk pikuk kehidupan kota atau suasana pantai yang santai, Spanyol akan memiliki tempat yang sempurna untuk kamu. Inilah hasil dari kejeniusan arsitektur La Sagrada de Familia.

Selain dikenal karena ekonominya yang berkembang pesat atau banyaknya peluang kerja, Spanyol adalah tempat yang indah bagi mereka yang bekerja dengan jargon work from anywhere. Tinggal di Spanyol memungkinkan kamu mendapatkan fasilitas yang mumpuni untuk menikmati keseimbangan antara bekerja dan menikmati hidup

Oleh karena itu, penting untuk kita mengetahui biaya hidup di Spanyol. Apakah itu benar-benar murah? Bagaimana perbandingannya dengan gaji di Spanyol? Simak bahasannya di poin selanjutnya.

Biaya Hidup di Spanyol 2022

Biaya hidup di Spanyol rata-rata murah tapi semua tergantung bagaimana gaya hidup dan tanggungan yang kamu miliki. Untuk itu, kami mempelajari situs living cost dan menggolongkannya secara sederhana dalam perhitungan berikut.

  • Keluarga kecil: dengan empat anggota keluarga, di luar biaya sewa rumah, estimasi biaya hidup di Spanyol sebesar 2.159 Euro. Jika dirupiahkan dengan kurs hari ini (26 Juni 2022), maka setidaknya dana yang harus kamu siapkan adalah sekitar 30 jutaan per bulan.
  • Sendiri: sedangkan untuk hidup sendirian di luar biaya sewa rumah diperkirakan biaya bulanan adalah 612 Euro.
  • Pasangan: untuk pasangan setidaknya perlu menyiapkan 1.578 Euro atau sekitar 24 juta rupiah.

Perhitungan diatas sudah termasuk kemungkinan kamu makan di luar rumah lebih dari 7 kali dalam seminggu dan minum anggur di bar-bar yang banyak tersedia di Spanyol. Tentu akan lebih murah jika kamu menyiapkan makanan sendiri di rumah atau hanya sesekali saja makan di restoran.

Faktanya, biaya hidup di Spanyol memang rata-rata 19,55% lebih rendah dibandingkan negara Eropa Barat lain seperti Inggris, Jerman, ataupun Perancis. Selain itu, sewa rumah di Spanyol juga rata-rata, 29,53% lebih rendah juga masih lebih rendah dibanding Inggris.

Gaji Di Spanyol

Dikutip dari Urbanbroad yang telah berkonsultasi dengan sumber terpercaya mengenai gaji di Spanyol mengatakan kalau seseorang yang bekerja di Spanyol biasanya menghasilkan sekitar 2.710 EUR per bulan.

Gaji berkisar dari 830 EUR (rata-rata terendah) hingga 11,400 EUR (rata-rata tertinggi, gaji maksimum aktual lebih tinggi). Gaji bervariasi secara drastis antara karir yang berbeda.

Gaji rata-rata adalah 2,720 EUR per bulan, yang berarti bahwa setengah (50%) dari populasi berpenghasilan kurang dari 2,720 EUR sementara separuh lainnya berpenghasilan lebih dari 2,720 EUR. Median mewakili nilai gaji tengah.

Kesimpulannya, jumlah gaji di Spanyol sudah sangat cukup dengan biaya hidup yang sudah kami sampaikan di atas. Terlebih jika itu pasangan atau keluarga di mana yang bekerja lebih dari satu orang.

Harga Rumah Di Spanyol

Menurut spainhouses.net, harga rata-rata untuk properti di Spanyol hingga 15/06/2021 adalah 470.094 € atau sekitar 7 miliar rupiah. Angka ini merupakan survei  berdasarkan 94.537 properti di berbagai kota di Spanyol.

Daerah dengan harga terendah di Spanyol adalah Estremadura dan Rioja, dengan harga rata-rata masing-masing 106.940 € dan 122.283  atau kurang dari 3 miliar rupiah.

Harga Makanan Di Spanyol

Di sebagian besar tempat, menú del día alias menu makan siang biasanya berharga antara $12 hingga $20 (sekitar 100-300 ribu). Untuk harga itu, kamu mendapatkan hidangan pembuka seperti salad, sup, paella, atau hidangan sayuran.

Kemudian ada hidangan utama, biasanya daging atau ikan, meskipun pilihan vegetarian semakin umum, minuman yang bisa berupa bir atau anggur, roti, dan sering kali makanan penutup atau kopi. Bir lokal dan tapa gratis (camilan kecil yang bisa berupa apa saja mulai dari sepiring kecil buah zaitun hingga beberapa cincin cumi goreng) berharga sekitar $2.

Nah itu tadi informasi penting mengenai biaya hidup di Spanyol yang perlu kamu ketahui. Jika kamu penasaran dengan negara mana lagi di Eropa yang menawarkan biaya hidup murah, kamu bisa membaca artikel kami berjudul 10 Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Eropa. Semoga berguna!