Kelebihan dan Kekurangan Proses Root, Pahami Sebelum Melakukannya!

Kelebihan dan Kekurangan Proses Root, Pahami Sebelum Melakukannya!

Kelebihan dan Kekurangan Proses Root, Pahami Sebelum Melakukannya!

DAFTAR ISI

SediksiSmartphone atau hp telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Kamu bisa melakukan berbagai hal dengan hp, mulai dari berkomunikasi, bersosialisasi, mengakses informasi, hingga menghibur diri. Kamu bisa meningkatkan kemampuan hp kamu dengan melakukan root. Tetapi, sebelumnya kamu wajib tahu kelebihan dan kekurangan proses root ini.

Kamu dapat mengubah atau menambah fitur-fitur yang ada di hp yang sebelumnya tidak bisa beroperasi di hp kamu. Meskipun kemampuan hp kamu dapat meningkat dengan melakukan proses root, namun proses ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

Sebelum kamu melakukan proses root pada hp kamu, kamu wajib mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan proses root ini. Berikut ini telah Sediksi berikan sedikit informasi tentang hal tersebut agar kamu tetap mengetahui dan berhati-hati sebelum melakukannya.

Kelebihan dan kekurangan proses root

Kelebihan dan Kekurangan Proses Root, Pahami Sebelum Melakukannya! - 1000020540 1024x576 jpg
freepik/rawpixel

Apa itu root?

Sebelum kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan proses root, kamu wajib mengetahui apa yang dimaksud dengan root? Root adalah proses untuk mendapatkan akses penuh atau hak administrasi pada sistem operasi hp, khususnya Android. 

Dengan melakukan root, kamu bisa mengubah atau menghapus file-file sistem yang sebelumnya terkunci atau tersembunyi oleh produsen hp. Kamu juga bisa menginstal aplikasi-aplikasi yang membutuhkan akses root atau yang tidak tersedia di Google Play Store.

Kelebihan hp yang sudah di root

Root pada sebuah hp memiliki beberapa kelebihan. Salah satu alasan mengapa banyak orang tertarik untuk melakukan root adalah untuk mendapatkan keuntungan-keuntungan yang tidak bisa didapat dengan hp biasa. Berikut ini adalah beberapa kelebihan hp yang sudah di root:

  • Kelebihan proses root yang pertama adalah membuka fitur-fitur yang sebelumnya terkunci di sistem, seperti mengubah font, tema, ikon, animasi, dan lain-lain.
  • Kemudian, kamu dapat menghapus aplikasi bawaan (bloatware) yang tidak berguna atau mengganggu kinerja hp, sehingga bisa menghemat memori dan baterai.
  • Kamu juga dapat menginstal aplikasi-aplikasi khusus root yang memiliki fungsi-fungsi canggih, seperti mengatur hak akses aplikasi, membackup data, mengoptimalkan kinerja, dan lain-lain.
  • Kelebihan lainnya adalah kamu dapat mengganti firmware atau custom ROM dengan versi yang lebih baru, lebih stabil, atau lebih sesuai dengan selera, sehingga bisa mendapatkan fitur-fitur terbaru atau eksklusif.
  • Kelebihan yang terakhir adalah melakukan overclock atau underclock pada CPU untuk meningkatkan atau menurunkan kecepatan prosesor, sehingga kamu bisa meningkatkan performa atau menghemat baterai.

Kekurangan hp yang sudah di root

Meskipun proses root ini menawarkan banyak keuntungan, namun proses root hp juga memiliki risiko dan kerugian yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk melakukannya. Berikut ini adalah beberapa kekurangan hp yang sudah di root:

  • Kekurangan yang pertama adalah membatalkan garansi hp, karena root dianggap sebagai tindakan yang melanggar ketentuan produsen. Jika hp kamu mengalami kerusakan, kamu tidak bisa mengklaim garansi atau memperbaikinya di service center resmi.
  • Selain itu, proses root juga meningkatkan potensi kerusakan atau kegagalan sistem, karena root memungkinkan kamu untuk mengubah atau menghapus file-file sistem yang penting. Jika kamu tidak hati-hati atau tidak mengikuti prosedur yang benar, hp kamu mu bisa menjadi bootloop, brick, atau mati total.
  • Kekurangan yang paling berbahaya adalah proses root ini dapat membuka celah keamanan atau malware, karena root memberikan akses root kepada aplikasi-aplikasi yang kamu instal. Jika kamu tidak selektif atau tidak memeriksa izin aplikasi, kamu bisa saja menginstal aplikasi yang berbahaya atau mencuri data pribadimu.
  • Kekurangan yang terakhir adalah proses root ini dapat menghilangkan fitur-fitur keamanan atau perlindungan, seperti Google SafetyNet, Verified Boot, atau KNOX. Fitur-fitur ini bertujuan untuk mencegah modifikasi sistem atau malware. Jika hpmu sudah di root, fitur-fitur ini akan dinonaktifkan atau tidak berfungsi, sehingga hpmu menjadi lebih rentan terhadap serangan atau gangguan.

Proses root pada hp adalah pilihan yang bisa kamu ambil jika kamu ingin mendapatkan keuntungan dan kemampuan ekstra pada hp kamu. Namun, kamu juga harus siap menghadapi risiko dan kerugian yang bisa terjadi akibat root.

Oleh karena itu, sebelum melakukan root, kamu harus memahami kelebihan dan kekurangan proses root serta mempertimbangkan dengan matang tujuan, kebutuhan, dan kemampuanmu. Jangan lupa untuk selalu mencari informasi yang akurat dan terpercaya, serta mengikuti langkah-langkah yang tepat dan aman.

Baca Juga
Topik
notix-artikel-retargeting-pixel