Kupas Nutrisi Penting Makanan Kucing Untuk Imun dan Hati

Kupas Nutrisi Penting Makanan Kucing Untuk Imun dan Hati

makanan kucing

Nutrisi penting makanan kucing adalah yang mengandung vitamin A, zinc,vitamin K, vitamin B dan protein terutama bagi yang ingin meningkatkan imun dan fungsi hati. Tidak semua makanan kucing mengandung segala jenis kandungan ini, apalagi dry cat food yang beredar di Indonesia. 

Memperhatikan gizi dan makanan kucing sangat penting untuk meningkatkan fungsi tubuh yang lemah, tidak semua makanan kucing disarankan untuk kondisi tertentu. Salah satu yang terbaik yang bisa kamu coba adalah COUCOU pet food.

Ini adalah produsen makanan kucing yang memproduksi berbagai jenis pangan berdasarkan kebutuhan kucing dengan nutrisi yang telah disesuaikan. Semua yang telah masuk ke pasaran merupakan makanan kucing dengan gizi seimbang.

Kucing sering bepergian ke satu tempat dan tempat lainnya, meski sebenarnya dia tahu dimana rumah tuannya. Kucing adalah hewan petualang dan selalu mencari celah untuk bertemu dunia luar, padahal ia sudah dipelihara dengan baik oleh manusia.

Terkadang kucing mengonsumsi pangan dari luar, kita tidak pernah tahu apa yang mereka makan saat pergi dari rumah. Tidak jarang makanan yang sembarangan membuat mereka sakit dan menurunkan fungsi hati. Kucing lebih mudah sakit dan rentan akan virus sehingga melemahkan fisik.

Solusinya, berikan makanan kucing yang mengandung vitamin A, ZINC, dan protein agar mereka bisa menghadapi hari tanpa rasa sakit dan tetap berstamina.

Kandungan Nutrisi Penting Makanan Kucing

VITAMIN A

Vitamin A adalah nutrisi penting makanan kucing yang mengandung retinol dan berfungsi meregulasi pertumbuhan dan diferensiasi sel. Sangat penting untuk menjaga integritas jaringan epitel untuk proses keratinisasi.

Kekurangan dan kelebihan vitamin A dapat menimbulkan hiperkeratinisasi dan scaling, alopecia, berkurangnya bulu dan semakin rentan terhadap infeksi mikroba (Scott et al. 1995). Hiperkeratinisasi kelenjar sebasea dapat mengakibatkan pembentukan erupsi papular. 

Tidak sedikit pemilik kucing memberi makan hati ayam terlalu banyak yang mengakibatkan hipervitaminosis A. Vitamin ikan cod juga penting bagi kucing, namun terlalu banyak akan memperburuk kondisi kulit dan mata kucing.

Jika terlalu banyak memberi hati ayam, tak ada salahnya memberi olahan ikan salmon yang ada pada COUCOU Immune and Heart. Gizi salmon yang seimbang tidak akan membuat kucing kelebihan vitamin A, justru aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang. Vitamin A membantu membentuk pertumbuhan sel dan memperbaiki gizi kucing pasca sakit, sehingga akan membantu aktivitas kucing secara perlahan. 

Zinc (seng)

Kandungan zinc berperan penting dalam aspek metabolisme sel, terutama menyehatkan bulu dan kulit. Zinc merupakan komponen integral dari berbagai metaloenzim dan, sebagai kofaktor untuk RNA dan DNA polimerase. Zinc sangat penting untuk sel epidermis dan biosintesis asam lemak sehingga bekerja sama dalam inflamasi dan metabolisme vitamin A.

Zinc merupakan konsentrasi yang penting dalam liver kucing, maka dari itu kekurangan zinc merupakan penyakit serius yang bisa dialami kucing dalam jangka waktu yang panjang. Kekurangan zinc menyebabkan rambut rontok, borok kulit, dan area kulit yang menebal dan pecah-pecah, terutama di atas sendi dan bantalan kaki. 

PROTEIN

Bulu kucing terdiri dari 95% protein, yang kaya akan asam amino dan mengandung sulfur, metionin serta sistin. Pertumbuhan normal bulu kucing dan keratinisasi kulit membutuhkan protein yang tinggi dan dapat mencapai antara 25 dan 30% dari kebutuhan protein harian hewan.

Jika tidak ada protein, malnutrisi kulit akan terjadi dan mengakibatkan bulu yang rapuh, depigmentasi, dan mudah rontok. Bulu akan sulit untuk tumbuh dan semakin menipis. Kulit tidak elastis dan hiperpigmentasi.

Jangan biarkan kucing Anda kelaparan dan rentan terhadap penyakit. Protein sangat penting bagi anak kucing yang sedang bertumbuh, pun sangat penting untuk kucing yang sedang menyusui. Protein berkualitas tinggi seperti telur dan daging ikan bisa Anda berikan dengan COUCOU Immune and Heart.

Gizi yang ada dalam COUCOU Immune and Heart telah sesuai dengan standar kebutuhan nutrisi kucing. COUCOU Immune and Heart mengandung salmon liar yang kaya akan protein sehingga memperlancar pembentukan sel, yang mengurangi risiko bulu rontok, penyakit kulit dan menyehatkan liver kucing. 

Vitamin K

Kebiasaan kucing memakan bangkai hewan seperti tikus atau ikan, mengakibatkan kerusakan sel pada pencernaan dan darah. Maka dari itu vitamin K berperan penting untuk mengatasi rodentisida. Pada tahun 1990 penyakit hati, kucing Devon Rex di Inggris yang kekurangan vitamin K menunjukan masalah malabsorpsi usus dan liver.

Sementara penelitian di Belanda jenis kucing yang sama mengalami masalah faktor pembekuan ke enzim karboksilase karena kekurangan vitamin K. Kedua kucing tersebut akhirnya diberi asupan vitamin K yang cukup sehingga penyakit yang diderita berkurang. 

Kucing yang telah pulih tidak bisa menghentikan asupan vitamin K dengan mudah. Bertambahnya usia, kucing semakin rentan terhadap penyakit yang menyebabkan defisiensi koagulopati vitamin K, seperti penyakit hati, penyakit radang usus dan sindrom malabsorpsi sekunder. Maka dari itu jangan biarkan vitamin K berkurang seiring dengan bertambahnya usia. 

Memberikan kucing Anda COUCOU Immune and Heart membantu mengurangi risiko penyakit dalam jangka panjang. Vitamin K yang terdapat pada COUCOU Immune and Heart merupakan nutrisi penting makanan kucing yang tidak boleh dilewatkan oleh kucing dewasa. 

Vitamin-B1 

Ciri kucing yang kekurangan vitamin B-1 adalah:

  • Lesu: Karena kucing tidak dapat memproses energi, tingkat aktivitasnya akan turun secara drastis.
  • Air liur: Air liur atau peningkatan kelembaban mulut dapat menjadi indikasi gejala neurologis awal dan kemudian muntah.
  • Muntah: Karena kucing Anda tidak dapat memproses dan memecah makanannya secara efisien, muntah mungkin terjadi.
  • Anoreksia: Mirip dengan muntah, karena kucing Anda tidak dapat memproses makanannya, mereka mungkin mengalami kurang nafsu makan.
  • Leher Fleksi: Leher fleksi, membungkuk atau membungkukkan kepala ke bawah ke arah dada, adalah gejala neurologis yang mungkin berkembang pada kucing Anda sebagai kekurangan vitamin B1.
  • Kejang: Gejala neurologis umum lainnya yang berkembang dari kurangnya nutrisi di otak.

Vitamin B1 ini adalah nutrisi penting makanan kucing yang diperlukan untuk metabolisme peliharaan kesayangan Anda. Memilih COUCOU Immune and Heart mengurangi resiko kekurangan tiamin.

Vitamin B1, juga dikenal sebagai thiamin, adalah vitamin esensial untuk kucing, yang berarti harus menjadi bagian dari makanan mereka agar kucing Anda dapat menjaga kesehatannya secara optimal. Otak dan organ berenergi tinggi lainnya membutuhkan thiamin untuk berfungsi dengan baik karena digunakan untuk metabolisme karbohidrat.

Jika kucing tidak mendapatkan cukup thiamin dalam makanannya, pertama-tama Anda akan melihat kurangnya nafsu makan, penurunan berat badan, dan gangguan GI. Seiring perkembangan gejala, kucing akan mengalami gejala neurologis seperti kelemahan neuromuskular, ukuran pupil yang tidak sama, dan penurunan respons cahaya oleh pupil.

Kasus ekstrim dapat menyebabkan masalah jantung. COUCOU Immune and Heart adalah makanan kucing yang mengandung B-1 yang membantu menutrisi kucing agar tetap sehat baik organ dalam maupun fungsi otak.

COUCOU BLUE FORMULA: Immune and Heart

makanan kucing

Fungsi:

1. Sistem kekebalan fungsional yang sehat (protein premium, antioksidan alami, mineral dan selulosa)

2. Kesehatan jantung (taurin dan vitamin A)

3. Terlindungi dari penyakit, penyakit, peningkatan kualitas kesehatan

Bahan utama

  • Salmon hasil tangkapan liar, ikan kod.
  • Taurin, vitamin-A, seng, mangan, vitamin-B1, vitamin-K, kolin klorida, mannan
  • oligosakarida.

Baik untuk:

1. Kucing menderita penyakit atau berisiko menjadi subjek potensial.

2. Kucing yang kondisi kesehatannya buruk, lemah atau rentan terhadap penyakit atau infeksi.

3. Kucing yang kelebihan berat badan atau memiliki kondisi lain yang dapat menyebabkan beban jantung berlebih.

Inovasi:

Kuning telur beku-kering

1. Penuh nutrisi dan kaya akan asam amino dan glukosamin esensial.

2. Suplemen yang gurih membuat makanan yang menggugah selera.

Sterilisasi ganda instan:

1. Pastikan 100% bebas kuman/bakteri

2. Standar konsumsi manusia

3. Nutrisi, tekstur, dan rasa asli terkunci di dalam

Baca Juga