Pelatih dengan Belanja Terbesar dalam 10 tahun Terakhir: Juru Taktik Handal Juga Butuh Dana Melimpah

Pelatih dengan Belanja Terbesar dalam 10 tahun Terakhir: Juru Taktik Handal Juga Butuh Dana Melimpah

Pelatih dengan Belanja Terbesar dalam 10 tahun Terakhir

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Punya sosok pelatih berkualitas yang mampu meracik sebuah tim juara menjadi hal yang penting untuk meraih kesuksesan dalam sepak bola. Namun, itu saja tidak cukup. Di era sepak bola modern, kekuatan finansial suatu klub tetap menjadi yang utama.

Tidak peduli seberapa hebat seorang pelatih, jika ia tidak ditopang oleh dukungan finansial yang memadai, maka kesuksesan akan sulit tercapai. Hal ini dapat dilihat pada para pelatih dengan belanja terbesar dalam 10 tahun terakhir, yang kebanyakan di antaranya merupakan sosok-sosok paling sukses di sepak bola saat ini.

Dalam hal ini, faktor lain seperti pemilihan pemain yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan tim juga tak kalah penting. Namun, pemain yang tepat ini seringnya merupakan para pesepakbola berkualitas. Dan demi mendapatkan kualitas, anda tentu saja harus membayar.

Artikel berikut akan menampilkan siapa saja 10 pelatih dengan belanja terbesar dalam 10 tahun terakhir yang dirangkum dari laman Transfermarkt.

10 Pelatih dengan Belanja Terbesar dalam 10 tahun Terakhir

10. Unai Emery (933,82 juta Euros)

Pelatih dengan Belanja Terbesar dalam 10 tahun Terakhir: Juru Taktik Handal Juga Butuh Dana Melimpah -
Gambar: twitter/@EuropaLeague

Emery sudah menukangi 5 klub sejak 2013 dengan catatan prestasi yang cukup impresif. Pernah menukangi klub macam PSG dan Arsenal berdampak signifikan pada statusnya sebagai salah satu pelatih dengan belanja terbesar dalam 10 tahun terakhir. Dan jangan lupa, rekor pemain termahal di dunia di pecahkan di bawah pelatih berusia 51 tahun ini.

Total Pembelian: 62 pemain

Pembelian Termahal: Neymar (222 juta Euros), Nicolas Pepe (80 juta Euros), Moussa Diaby (55 juta Euros)

Trofi: 11 (4 Europa League, Ligue 1, 2 Coupe de France, 2 Coupe de la Ligue, 2 Trophée des Champions)

9. Antonio Conte (990,16 juta Euros)

Pelatih dengan Belanja Terbesar dalam 10 tahun Terakhir: Juru Taktik Handal Juga Butuh Dana Melimpah - skysports conte inter milan 4889907
Gambar: Sky Sports

Juventus, Chelsea, Inter Milan, dan Tottenham Hotspur menjadi 4 klub yang ditukangi Conte selama 1 dekade terakhir. Ia selalu sukses mempersembahkan trofi bergengsi bagi setiap klub yang ia latih, kecuali Spurs.

Total Pembelian: 61

Pembelian Termahal: Romelu Lukaku (74 juta Euros), Alvaro Morata (66 juta Euros), Richarlison (58 juta Euros), Cristian Romero (50 juta Euros)

Trofi: 5 (Premier League, FA Cup, 2 Serie A, Supercoppa Italiana)

8. Carlo Ancelotti (1 miliar Euros)

Pelatih dengan Belanja Terbesar dalam 10 tahun Terakhir: Juru Taktik Handal Juga Butuh Dana Melimpah - 16225732725554
Gambar: Marca

Meskipun sudah 3 dekade bergelut sebagai pelatih, Don Carlo masih belum menunjukkan tanda-tanda penurunan, khususnya jika melihat pencapaiannya bersama Real Madrid.

Tidak banyak yang meragukan kualitas pria berusia 64 tahun ini sebagai pelatih, namun dukungan dana melimpah juga punya peran penting dalam periode kesuksesannya bersama Los Blancos.

Total Pembelian: 42

Pembelian Termahal: Jude Bellingham (103 juta Euros), Gareth Bale (101 juta Euros), Aurélien Tchouaméni (80 juta Euros), James Rodriguez (75 juta Euros)

Trofi: 13 (2 Liga Champions, La Liga, 2 Copa del Rey, Supercopa de España, Bundesliga, 2 DFL-Supercup, 2 Piala Dunia Antar Klub, 2 Piala Super Eropa)

7. Jurgen Klopp (1,05 miliar Euros)

Pelatih dengan Belanja Terbesar dalam 10 tahun Terakhir: Juru Taktik Handal Juga Butuh Dana Melimpah - Jurgen Klopp Liverpool 2021 22
Gambar: Goal

Liverpool nampaknya tidak keberatan menjadikan Klopp sebagai salah satu pelatih dengan belanja terbesar dalam 10 tahun terakhir. Pelatih asal Jerman ini sukses membangun kembali The Reds sebagai salah satu tim paling menakutkan di Inggris dan Eropa.

Total Pembelian: 41

Pembelian Termahal: Virgil van Dijk (84,65 juta Euros), Darwin Núñez (80 juta Euros), Dominik Szoboszlai (70 juta Euros), Alisson (62,5 juta Euros), Naby Keita (60 juta Euros)

Trofi: 9 (Liga Champions, Premier League, FA Cup, EFL Cup, Community Shield, 2 DFL-Supercup, Piala Dunia Antar Klub, Piala Super Eropa)

6. Diego Simeone (1,1 miliar Euros)

Pelatih dengan Belanja Terbesar dalam 10 tahun Terakhir: Juru Taktik Handal Juga Butuh Dana Melimpah - the celebrations centre on diego simeone after atletico s victory in the 2012 uefa europa league final
Gambar: UEFA

Dekade 2010-an menjadi salah satu periode tersukses dalam sejarah Atletico Madrid, dan mereka patut berterima kasih kepada Diego Simeone akan hal itu. Dan ini terlihat dari jumlah dukungan finansial yang klub berikan pada pelatih asal Argentina tersebut.

Total Pembelian: 65

Pembelian Termahal: João Félix (127,2 juta Euros), Thomas Lemar (72 juta Euros), Diego Costa (60 juta Euros)

Trofi: 5 (2 La Liga, Supercopa de España, Europa League, Piala Super Eropa)

5. Jose Mourinho (1,12 miliar Euros)

Pelatih dengan Belanja Terbesar dalam 10 tahun Terakhir: Juru Taktik Handal Juga Butuh Dana Melimpah - mourinho shrug
Gambar: CBS Sports

Sudah 1 miliar lebih yang dihabiskan oleh The Special One dalam 10 tahun terakhir saat menukangi 4 klub berbeda. Meskipun demikian, secara prestasi, capaian Mourinho tidak lebih baik dari dekade sebelumnya.

Total Pembelian: 54

Pembelian Termahal: Paul Pogba (105 juta Euros), Romelu Lukaku (84,7 juta Euros), Fred (59 juta Euros), Nemanja Matic (44,7 juta Euros)

Trofi: 6 (Premier League, 2 EFL Cup, Community Shield, Europa League, Conference League)

4. Mauricio Pochettino (1,12 miliar Euros)

Pelatih dengan Belanja Terbesar dalam 10 tahun Terakhir: Juru Taktik Handal Juga Butuh Dana Melimpah - 1691956839199 d7cf4d46 fe86 4072 87b3 e265b82a74fe
Gambar: beIN SPORTS

Pengeluarannya dalam satu jendela transfer bersama Chelsea semakin memantapkan status Pochettino sebagai salah satu pelatih dengan belanja terbesar dalam 10 tahun terakhir. Selain itu pelatih berusia 51 tahun ini juga pernah semusim merasakan sokongan dana melimpah Qatar di PSG.

Total Pembelian: 43

Pembelian Termahal: Moisés Caicedo (116 juta Euros), Achraf Hakimi (68 juta Euros), Roméo Lavia (62,1 juta Euros), Tanguy Ndombélé (62 juta Euros), Christopher Nkunku (60 juta Euros)

Trofi: 3 (Ligue 1, Coupe de France, Trophée des Champions)

3. Thomas Tuchel (1,17 miliar Euros)

Pelatih dengan Belanja Terbesar dalam 10 tahun Terakhir: Juru Taktik Handal Juga Butuh Dana Melimpah - tuchel cl trophy
Gambar: Chelsea Football Club

Dua musim menukangi PSG serta sempat mencicipi era jor-joran Todd Boehly pada musim panas 2022 membuat nama Tuchel muncul sebagai salah satu pelatih dengan belanja terbesar dalam 10 tahun terakhir.

Ditambah, ia juga merupakan pelatih Bayern Munchen saat klub memecahkan rekor transfer termahal Bundesliga demi mendatangkan Harry Kane.

Total Pembelian: 48

Pembelian Termahal: Kylian Mbappé (180 juta Euros), Romelu Lukaku (113 juta Euros), Harry Kane (95 juta Euros), Wesley Fofana (80,4 juta Euros), Marc Cucurella (65,3 juta Euros)

Trofi: 11 (Liga Champions, Bundesliga, DFB-Pokal, 2 Ligue 1, Coupe de France, Coupe de la Ligue, 2 Trophée des Champions, Piala Dunia Antar Klub, Piala Super Eropa)

2. Massimiliano Allegri (1,19 miliar Euros)

Pelatih dengan Belanja Terbesar dalam 10 tahun Terakhir: Juru Taktik Handal Juga Butuh Dana Melimpah -
Gambar: Juventus

Bukan hanya dari jumlah pengeluaran, namun total pemain yang telah didatangkan Allegri dalam 10 tahun terakhir terbilang sangat besar. Namun, semua itu terbayar dengan dominasi Juventus di tingkat domestik dalam periode waktu yang sama.

Total Pembelian: 73

Pembelian Termahal: Cristiano Ronaldo (117 juta Euros), Gonzalo Higuaín (90 juta Euros), Dušan Vlahović (81,6 juta Euros)

Trofi: 11 (5 Serie A, 4 Coppa Italia, 2 Supercoppa Italiana)

1. Pep Guardiola (1,69 miliar Euros)

Pelatih dengan Belanja Terbesar dalam 10 tahun Terakhir: Juru Taktik Handal Juga Butuh Dana Melimpah - GettyImages 1497497908
Gambar: Premier League

Tidak hanya dari total pengeluaran dalam 1 dekade terakhir, raihan trofi Pep Guardiola dalam periode yang sama juga mengungguli nama-nama dalam daftar ini.

Sehingga, status pria berusia 52 tahun ini sebagai pelatih dengan belanja terbesar dalam 10 tahun terakhir membuktikan bahwa kesuksesan—apalagi yang jangka panjang—membutuhkan uang dalam jumlah yang besar.

Total Pembelian: 61

Pembelian Termahal: Jack Grealish (117,5 juta Euros), Josko Gvardiol (90 juta Euros), Rúben Dias (71,6 juta Euros), Rodri (70 juta Euros), Riyad Mahrez (67,8 juta Euros) Aymeric Laporte (65 juta Euros)

Trofi: 22 (Liga Champions, 5 Premier League, 2 FA Cup, 4 EFL Cup, 2 Community Shield, 3 Bundesliga, 2 DFB-Pokal, Piala Dunia Antar Klub, 2 Piala Super Eropa)

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel