5 Klub Terbaik di London, Ada Tim Komedi atau Banter FC

5 Klub Terbaik di London, Ada Tim Komedi atau Banter FC

Klub Terbaik di London
Gambar: Reddit

DAFTAR ISI

Sediksi.comLondon merupakan rumah bagi banyak klub-klub profesional Inggris. Di Premier League musim ini saja, terdapat 7 tim asal kota London, terbanyak di antara kota-kota lain. Di antara tim-tim ini, siapa kira-kira yang layak menyandang status klub terbaik di London?

Nah, sebelum menjawab pertanyaan tersebut, perlu diketahui bahwa ada sekitar 13 klub profesional dari kota London yang saat ini tersebar di berbagai kasta liga Inggris.

Tingkat kesuksesan dari masing-masing tim tentu saja berbeda-beda. Ada yang sudah merasakan berbagai gelar juara dan ada juga yang bahkan belum pernah merasakan rasanya bermain di Premier League. Selain itu ada pula yang sudah gonta-ganti pelatih, belanja banyak pemain, namun sudah hampir 16 tahun puasa gelar.

Nah, kali ini akan diulas beberapa klub ibukota Inggris yang dianggap terbaik dan akan diperingkat berdasarkan kesuksesan dan reputasi yang dimiliki sampai saat ini. Berikut daftar 5 klub terbaik di London.

5 Klub Terbaik di London

5. Fulham FC

Gambar: fulham fc

Tim yang berada di daerah London Barat ini didirikan pada 1879. Fulham merupakan klub profesional London tertua yang masih bertahan hingga saat ini. Tim berseragam putih-hitam ini bermarkas di stadion Craven Cottage sejak 1896.

Fulham saat ini bermain di Premier League. Meskipun baru promosi lagi sejak musim 2020/2021, tim asuhan Marco Silva ini langsung dapat bersaing dengan tim-tim Premier League lain. Per 17 April 2023, Fulham masih bersaing dalam perebutan jatah kompetisi Eropa untuk musim depan.

Semenjak didirikan prestasi terbaik tim berjuluk The Cottagers ini antara lain juara Piala Intertoto 2002, runner-up Liga Europa 2010, runner-up FA Cup 1975, serta menjuarai divisi 2 Inggris sebanyak 3 kali (1949, 2001, 2022). Torehan ini membuat Fulham layak dinilai sebagai salah satu klub terbaik di London.

4. West Ham United

Gambar: Sky Sports

Meskipun banyak yang mungkin mengenal tim berjuluk The Hammers ini dari film Green Street Hooligan, West Ham tentu saja bukan sekedar tim yang terkenal karena beberapa kelompok suporternya sering bikin rusuh.

Tim yang berdiri sejak 1895 ini juga punya sejarah kesuksesan yang cukup baik, sehingga layak dikategorikan ke dalam salah satu klub terbaik di London. Prestasi terbaik mereka di antaranya 3 kali juara FA Cup (1964, 1975, 1980), juara FA Charity Shield/Community Shield (1964), juara Piala Winners Eropa (1965), dan juara Piala Intertoto (1999).

Di kompetisi Premier League sendiri, tim asuhan David Moyes ini terkahir merasakan pahitnya degradasi pada 2011. Dalam satu dekade terakhir mereka cukup sering bersaing di papan tengah untuk memperebutkan tiket kompetisi Eropa.

West Ham sendiri saat ini bermarkas di London Stadium sejak 2016, setelah pindah dari stadion legendaris Upton Park (Boleyn Ground) yang mereka tempati sejak 1904.

3. Tottenham Hotspur

Gambar: Tottenham Hotspur

Klub terbaik di London berikutnya merupakan tim asal London Utara, Tottenham Hotspur. Meskipun sering dijadikan contoh ‘tim besar’ miskin prestasi, Spurs tetaplah tim dengan reputasi dan tingkat fanbase yang terbilang cukup besar. Banyak yang mengkategorikan tim berjuluk The Lilywhites ini ke dalam ‘the big six’ Premier League, berkat pencapaian mereka yang sering finis di posisi 6 besar klasemen.

Selain itu, meskipun sering digambarkan sebagai tim dengan lemari trofi penuh sarang laba-laba saking jarangnya diisi, Spurs kenyataannya mempunyai sejarah kesuksesan yang baik.

Tercatat mereka pernah 2 kali menjuarai kancah teratas liga Inggris (1951,1961), 8 kali juara FA Cup (1901, 1921, 1961, 1962, 1967, 1981, 1982, 1991), 4 kali juara Piala Liga Inggris (1971, 1973, 1999, 2008), juara Piala Winners Eropa (1963), 2 kali juara Liga Europa (1972, 1984), serta koleksi 8 trofi Community Shield.

Di musim ini, meskipun baru saja memecat pelatih, Tottenham masih tetap berada di jalur andalannya yaitu 6 besar klasemen. Beberapa orang meledek ketidakmampuan Spurs meraih trofi itu melekat pada mereka dengan istilah Spursy.

2. Chelsea FC

Gambar: chelsea fc

Di peringkat kedua klub terbaik di London ada tim biru asal London Barat, Chelsea. Mungkin banyak fans, di luar Inggris tentu saja, yang mulai mengenal dan mengidolakan Chelsea semenjak Roman Abramovich mengambil alih klub pada 2003.

Meskipun sebelum era ini Chelsea sudah sempat memenangi beberapa gelar, namun kesuksesan terbaik The Blues memang dimulai sejak era Abramovich.

Tim yang bermarkas di Stamford Bridge ini tercatat telah memenangi banyak trofi major, antara lain 6 juara Divisi 1/Premier League (1955, 2005, 2006, 2010, 2015, 2017), 2 trofi Liga Champions (2012, 2021), 2 trofi Liga Europa (2013, 2019), 2 Piala Super Eropa (1998, 2021), 2 Piala Winners Eropa (1971, 1998), dan 1 Piala Dunia Antar Klub FIFA (2021).

Selain itu, Chelsea juga merupakan pemegang 8 trofi FA Cup, 5 Piala Liga Inggris, dan 4 Community Shield.

Chelsea juga menjadi satu-satunya tim London yang memiliki trofi Liga Champions Eropa (UCL). Dua buah pula. Demikian halnya dengan 2 piala Liga Europa.

Dengan segudang prestasi di atas tidak pantas rasanya jika tim yang sekarang dimiliki oleh sekelompok pengusaha asal Amerika Serikat yang dipimpin oleh Todd Boehly ini berada di peringkat 11 klasemen sementara Premier League. Masa keemasan Chelsea bakal berakhir ga nih?

1. Arsenal FC

Gambar: arsenal

Tim merah asal London Utara ini memang layak disebut sebagai klub terbaik di London. Periode kesuksesan Arsenal dapat dilacak mulai dari era 1930-an sampai sekarang.

Selain di London, The Gunners juga merupakan salah satu tim tersukses di Inggris, dengan catatan 13 kali juara Divisi 1/Premier League, 14 kali juara FA Cup, 2 gelar Piala Liga Inggris, 1 gelar Piala Winners Eropa, serta 16 kali juara Community Shield.

Prestasi dan reputasi inilah yang membuat Arsenal menjadi salah satu klub dengan jumlah fanbase yang sangat besar. Kesuksesan Arsenal yang membuat mereka mendunia terjadi di era kepelatihan Arsene Wenger, secara khusus pada periode 1990-an akhir hingga 2000-an akhir. Pada era ini pula Arsenal mencatatkan sebuah pencapaian langka, yaitu saat menjuarai Premier League pada 2004 dengan catatan tidak terkalahkan dalam satu musim penuh (invincible).

Meskipun setelahnya prestasi Arsenal agaknya meredup, tim yang sekarang diasuh oleh Mikel Arteta ini tampaknya mulai menunjukkan tanda-tanda kebangkitannya sebagai salah satu kekuatan utama di Inggris. The Gunners saat ini bercokol di puncak klasemen sementara dan berpeluang mengakhiri puasa gelar Premier League yang terakhir mereka rasakan pada 2004. Itu kalau mereka bisa, sih.

Demikian ulasan 5 klub terbaik di London. Selain nama-nama di atas, terdapat juga beberapa klub ibukota Inggris yang, meskipun mungkin tidak sesukses 5 klub terbaik di London dalam daftar ini, namun juga sebenarnya memiliki reputasi yang cukup baik. Beberapa di antaranya ialah Crystal Palace, Brentford, Queens Park Rangers, Charlton Athletic, AFC Wimbledon, dan Millwall FC.

Sulit untuk menyebut mana yang lebih baik antara Chelsea atau Arsenal. Tapi rupanya kita bisa sepakat kalau Tottenham Hotspur itu tim yang demen ngelawak.

Lihat tulisan lainnya di Google News

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM