Pemain Keturunan dan Naturalisasi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Pemain Keturunan dan Naturalisasi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

pemain timnas indonesia di piala asia 2023

DAFTAR ISI

Sediksi – Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia, telah mengumumkan skuad final untuk menghadapi Piala Asia 2023 di Qatar. Dalam daftar 26 pemainnya, delapan di antaranya adalah pemain keturunan maupun naturalisasi yang siap memberikan kontribusi untuk tim Garuda.

Bek menjadi posisi yang paling banyak diperkuat pemain keturunan dan naturalisasi. Jordi Amat, Elkan Baggot, dan Justin Hubner, yang sering berperan sebagai bek tengah, siap memperkuat lini pertahanan. Sementara itu, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama akan mengisi posisi fullback.

Hubner sendiri adalah pemain termuda di antara mereka, baru resmi menjadi warga negara pada Desember 2023 dan baru menjajal lapangan bersama Timnas saat melawan Libya pada awal Januari.

Di lini tengah, Marc Klok dan Ivar Jenner, dua gelandang naturalisasi, akan bersanding dengan pemain-pemain lokal lainnya. Ini menambah variasi dan kedalaman skuad, terutama mengingat posisi penyerang yang kerap jadi sorotan kritis, diperkuat oleh Rafael Struick dari Belanda.

Untuk posisi penjaga gawang, Shin Tae Yong tetap setia dengan trio Syahrul Trisna, Muhammad Riyandi, dan Ernando Ari, yang masing-masing membawa nuansa dan pengalaman berbeda.

Tidak lupa, skuad ini juga diperkuat oleh nama-nama veteran seperti Rizky Ridho, Asnawi, Saddil Ramdani, hingga Marselino Ferdinan. Namun, tidak semua pemain beruntung. Adam Alis dan Arkhan Fikri, meski sempat bergabung dalam pemusatan latihan, harus rela ditinggalkan STY untuk memenuhi kuota 26 pemain yang diperlukan oleh AFC.

Pemain keturunan dan naturalisasi yang dibawa ke Piala Asia 2023

Pemain Keturunan dan Naturalisasi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 - pemain timnas 1024x819 jpg
ig/timnas.indonesia
  1. Justin Hubner – Wolverhampton
  2. Jordi Amat – Johor Darul Tazim
  3. Elkan Baggott – Ipswich Town
  4. Sandy Walsh – KV Mechelen
  5. Shayne Pattynama – Viking FK
  6. Marc Klok – Persib Bandung
  7. Ivar Jenner – Jong Utrecht
  8. Rafael Struick – ADO Den Haag

Daftar pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

PosisiNamaKlub
KiperSyahrul TrisnaPersikabo
Muhamad RiyandiPersis Solo
Ernando AriPersebaya Surabaya
BekJustin HubnerWolverhampton Wanderers
M. Edo FebriansahPersib Bandung
Wahyu PrasetyoPSIS Semarang
Rizky RidhoPersija Jakarta
Jordi AmatJohor Darul Tazim FC
Elkan BaggottIpswich Town
Sandy WalshKV Mechelen
Shayne PattynamaViking FK
Asnawi MangkualamJeonnam Dragons
Pratama ArhanTokyo Verdy
GelandangSaddil RamdaniSabah FC
Marc KlokPersib Bandung
Ricky KambuayaDewa United
Witan SulaemanPersija Jakarta
Egy MaulanaDewa United
Yakob SayuriPSM Makassar
Marselino FerdinanKMSK Deinze
Ivar JennerJong Utrecht
PenyerangHokky CarakaPSS Sleman
Ramadhan SanantaPersis Solo
Dendy SulistyawanBhayangkara Presisi FC
Dimas DrajadPersikabo
Rafael StruickADO Den Haag

STY tetap optimis meski dua kali kalah di uji coba

daftar pemain timnas indonesia di piala asia 2023
ig/timnas.indonesia

Menariknya, meski mengalami kekalahan 0-4 dari Libya dalam laga persahabatan, Shin Tae Yong optimis dengan perkembangan timnya. Menurutnya, semua rencana yang telah disusun berjalan dengan baik, dan pemusatan latihan di Turki memberikan dampak positif bagi tim.

Pertandingan melawan Libya dua hari setelahnya (5/1) juga berakhir dengan kekalahan tipis dengan skor 1-2.

“Pertandingan kemarin lebih ke tes fisik dan kondisi pemain, bukan hasil akhir. Sejak TC di Turki, kami terus menggenjot fisik pemain. Percayalah, tim terus berkembang ke arah positif, walaupun hasil akhir belum maksimal,” tutur Shin Tae Yong melalui situs resmi federasi.

STY mengakui telah mencoba beberapa strategi dalam pertandingan, termasuk memasukkan Justin Hubner yang baru saja bergabung dan menempatkan Witan Sulaeman di posisi fullback kanan.

Seiring mendekatnya Piala Asia 2023, Indonesia memiliki dua pertandingan uji coba tersisa sebelum kompetisi di Qatar dimulai.

Timnas akan berhadapan dengan Iran di Qatar pada tanggal 9 Januari. Pertandingan persahabatan ini menjadi persiapan penting bagi Indonesia menghadapi Piala Asia 2023 di Qatar.

Indonesia berada di Grup D bersama Irak, Jepang, dan Vietnam. Pertandingan pertama timnas Indonesia di Piala Asia 2023 adalah melawan Irak pada 15 januari nanti.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel