4 Rekomendasi Cerita Wattpad dengan Gaya Penulisan yang Menarik

4 Rekomendasi Cerita Wattpad dengan Gaya Penulisan yang Menarik

rekomendasi cerita wattpad

DAFTAR ISI

Rekomendasi cerita wattpad berikut tidak hanya menawarkan cerita yang seru tapi juga gaya penulisan yang menarik. Pas baca ceritanya, tiba-tiba udah di halaman terakhir aja: saking bagusnya!

Buat kamu yang ingin jadi penulis novel, coba deh baca-baca cerita di Wattpad yang bagus. Tidak hanya untuk mengisi waktu kosong tapi ini juga akan menambah perbendaharaan kata yang kamu miliki.

Seperti kata seorang penulis ulung, A. S. Laksana, “belajarlah dari buku-buku bagus” agar tulisanmu juga bagus. Dengan begitu pembaca akan betah berlama-lama menikmati tulisan yang kita buat.

Apa saja rekomendasi novel Wattpad kali ini? Langsung saja kita bahas satu persatu agar segera bisa dipelajari. Berikut beberapa cerita Wattpad yang memiliki gaya tulisan enak dan cocok dipelajari penulis baru.

Rekomendasi Cerita Wattpad

Write Me His Story-Ary Nilandari

Gambar/Penerbit Mizan

Bagi teman-teman yang biasa membaca Wattpad, pastinya sudah kenal dengan judul ini. Write Me His Story atau biasa disingkat WMHS. Sebuah novel yang ditulis oleh Ary Nilandari. Selain cerita ini populer dan banyak dibaca, novel ini juga sudah diterbitkan di penerbit mayor.

Write Me His Story bercerita tentang tiga pemuda yang biasa bertukar pesan. Dalam hal ini mereka saling menulis di sebuah buku, lalu buku tersebut diberikan temannya yang lain bergiliran. Mereka saling membalas curhatan dan membicarakan peristiwa misterius.

Dalam segi premis, barangkali cerita Wattpad ini mirip dengan Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken karya Jostein Gaarder. Tapi dari segi gaya tulisannya, Ary Nilandari dapat merangkai kalimat demi kalimat menjadi lebih indah dan enak untuk dibaca.

Kamu juga bisa belajar tentang cara memasukkan kalimat asing ke dalam cerita, seperti cara Wynter Mahardika berbicara dengan logat Britisnya di novel. Apalagi pengalaman penulis di dunia literasi.

Ary Nilandari telah menerbitkan banyak novel, menjadi editor, dan memiliki komunitas kepenulisan yang cukup terkenal. Tidak diragukan lagi bagaimana apiknya kualitas gaya kepenulisannya. Penulis baru bisa banget belajar kepenulisan dari novelnya ini.

Suicide Knot-Vie Asano

Gambar/Penerbit Mizan

Cerita kedua adalah novel Suicide Knot karya Vie Asano. Sebuah novel yang bercerita tentang persahabatan dan perundungan yang ada di sekolah.

Mungkin judulnya memang lumayan seram, apalagi sampulnya bergambar tali untuk gantung diri. Tapi cerita ini menjadi rekomendasi karena gaya tulisnya sangat menarik.

Vie Asano sukses membuat pembaca penasaran dengan teka-teki yang diberikan pada setiap bab-nya. Gaya tulisannya bisa membuat peristiwa menjadi misterius dan menjadikan penasaran. Sehingga pembaca tanpa sengaja akan hanyut ketika membaca Suicide Knot bahkan dari bab pertama.

Dengan menggunakan sudut pandang orang pertama. Penulis juga berhasil menghadirkan emosi tokoh utama di sekujur narasi yang disajikan. Pembaca bisa ikut sedih atau bahkan menangis karena empati dengan kesedihan tokoh utama.

Mula-mula Vie Asano menghadirkan adegan yang tidak masuk akal dan aneh. Sebuah kesedihan dan penyangkalan terhadap peristiwa buruk yang dialami tokoh utama. Tapi setelah berjalanannya waktu, ternyata ada misteri yang harus dipecahkan.

Keahlian penulis yang mampu mengatur pace menjadi pelajaran yang bagus untuk dipelajari penulis baru dari novel ini. Dengan pengolahan ritme kalimat yang tepat, pembaca akan lebih mudah hanyut ke dalam cerita. Sebuah gaya tulisan yang sangat penting dipelajari untuk genre cerita thriller.

Nonversation-Valerie Patkar

Gambar/Goodreads

Rekomendasi cerita Wattpad ketiga adalah Nonversation karya Valerie Patkar. Saat artikel ini dibuat, Nonversation sudah dibaca lebih dari tiga juta kali. Jumlah yang sangat banyak bukan?

Cerita Wattpad ini juga telah diterbitkan oleh penerbit mayor. Bahkan juga sudah memiliki sekuel berjudul Loversation yang bisa kamu baca di Wattpad.

Coba deh, pelajari bagaimana cara penulis menata paragraf demi paragrafnya agar enak dibaca. Siapa tau dengan mempelajarinya, cerita yang kamu buat bisa “meledak” dan mendatangkan banyak pembaca. Seperti kata A. S. Laksana di atas, “belajarlah dari buku bagus”.

Kamu juga bisa belajar cara penulis membuay sekuel dari novelnya. Sehingga karya yang populer tidak hanya satu. Melainkan bisa menarik karya yang lainnya agar ikut populer. Tunggu apa lagi, coba deh, baca-baca dulu mumpung gratis.

NOIR

rekomendasi wattpad
Gambar/Goodreads

Saat kamu bertanya pada pembaca Wattpad yang lain, siapa penulis novel yang memiliki beberapa kesamaan dengan Valerie Patkar?

Ya, jawabannya adalah Renita Nozaria, penulis cerita Wattpad berjudul NOIR. Novel dengan genre semi fantasi yang menambahkan malaikat dan iblis di dalamnya.

Tentang berapa jumlah pembacanya? Jangan terkejut! Cerita Wattpad satu ini sudah dibaca lebih dari lima belas juta kali. Kamu bisa membaca bab satu hingga bab akhir di Wattpad. Sehingga, tidak perlu pergi ke platform lain atau membeli untuk membaca seutuhnya dan mempelajari gaya tulisannya.

Dengan membaca NOIR, kamu juga bisa belajar membuat adegan penuh dramatisasi pada kejadian biasa. Seperti pembukaan NOIR: adegan terlambat bangun pagi. Kejadian yang simpel dan bisa disajikan dengan meriah oleh penulis.

Nah, itu tadi adalah beberapa rekomendasi cerita Wattpad dengan gaya tulisan yang enak. Apabila kamu penulis baru, kamu bisa mempelajari bagaimana narasi-narasi dari cerita di atas dibuat. Sehingga kemampuan menulismu bisa lebih berkembang.