6 Film Jepang Tentang Nikah Muda, Jadi Gambaran Warna-warni Kehidupan Pasca Pernikahan

6 Film Jepang Tentang Nikah Muda, Jadi Gambaran Warna-warni Kehidupan Pasca Pernikahan

film jepang tentang nikah muda
Photo by Guyen Tharo

DAFTAR ISI

Pernikahan memiliki banyak cerita. Siapapun, ada baiknya menonton film jepang tentang nikah muda yang tak hanya jadi hiburan semata tapi juga bisa jadi pelajaran bersama.

Jika kamu tinggal di Jepang, tentu tidak ada istilah kawin lari. Karena sejak 1 April 2022 amandemen terbaru undang-undang Jepang telah melegalkan pernikahan tanpa izin orang tua.

Laki-laki berusia minimal 18 tahun dan perempuan minimal 16 tahun sudah bisa melakukan pernikahan. Izin orang tua bisa didapatkan ketika mereka telah menginjak 20 tahun.

Artikel ini tidak akan membahas aturan menikah di negeri Sakura tersebut. Melainkan memberikan kamu rekomendasi film Jepang tentang nikah muda yang sarat makna agar kita bisa mengambil keputusan yang tepat.

Rekomendasi Film Jepang Tentang Nikah Muda

Untuk kamu penikmat film Jepang, berikut ini rekomendasi film Jepang tentang nikah muda yang semoga belum kamu tonton sebelumnya.

Close Range Love (2014)

film jepang cinta beda usia
Close Range Love (2014)
  • Genre: Romance, Youth
  • Durasi: 1 jam 58 menit
  • Pemain: Nana Komatsu (Yuni), Tomohisa Yamashita (Haruka Sakurai), Asami Mizukawa (Mirei Takizawa), Seika Furuhata (Mei Yoshida), Hirofumi Arai (Akachi), Nozomu Kotaki (Ryu Matoba), Mizuki Yamamoto (Kikuko Nanami)
  • Sutradara: Naoto Kumazawa

Yuni, seoarang siswa SMA yang jatuh cinta pada guru bahasa Inggrisnya, Haruka. Yuni punya mimpi bisa melanjutkan pendidikannya ke Amerika, tapi sayangnya bahasa Inggrisnya jelek sekali.

Karena tekad Yuni yang kuat membuat Haruka ingin membantu gadis itu. Awalnya Yuni tak begitu menyukai Haruka, namun sebab sering bertemu seulang sekolah lama-lama mereka menjadi dekat. Yuni pun jadi naksir dan menyadari kalau gurunya itu ganteng juga dilihat-dilihat.

Mischievous Kiss The Movie: The Proposal (2017)


film jepang tentang pernikahan perjodohan
The Proposal (2017)
  • Genre: Teen, Romance, Comedy
  • Durasi: 1 jam 57 menit
  • Pemain: Kanta Sato, Reina Visa, Atsuki Tomori, Nonoka Yamaguchi, Ruiki Sato, Kakko
  • Sutradara: Mizoguchi Minoru

Naoki, yang diperankan oleh Kanto Santo adalah cowok ganteng yang pinter dan jago olahraga di sekolah. Sementara itu, Kotoko yang diperankan oleh Reina Visa adalah murid yang biasa-biasa aja tapi punya kepribadian yang gampang disenangi orang.

Kelihatannya memang berbanding terbalik, bagaikan langit dan bumi. Tapi sebenarnya Naoki dan Kotoko punya beberapa kesamaan antar satu dan lainnya. Menyadari itu mereka mencoba untuk menyatukan perbedaan dan mengenal satu sama lain lebih dalam.

Asako I & II (2018)

film Jepang tentang nikah muda
Asako
  • Genre: Romance, drama
  • Durasi: 1 jam 59 menit
  • Pemain: Erika Karata, Masahiro Higashide, Sairi Ito, Koji Seto, Rio Yamashita, Daichi Watanabe
  • Sutradara: Ryusuke Hamaguchi

Film satu ini disutradarai oleh Ryusuke Hamaguchi. Bercerita tentang pertemuan kembali dua sejoli yang pernah saling mencintai.

Asako seorang wanita muda jatuh cinta pada pria muda Baku, seoarang drifter. Namun Baku tiba-tibe menghilang dari hidup Asako tanpa kabar. Hingga dua tahun kemudian, Asako menjumpai pengusaha muda bernama Ryohei di Tokyo. Ryohei begitu mirip dengan Baku.

I’m Underage But I’m Not a Child (2017)

film jepang romantis
I’m Underage But I’m Not a Child
  • Genre: Comedy, romance, youth
  • Durasi: 1 jam 45 menit
  • Pemain: Yuna Taira, Kento Nakajima, Maika Yamamoto, Masahiro Takashima
  • Sutradara: Tsuomu Hanabusa

Pada ulang tahun ke-16 Oriyama Karin, dia menerima hadiah dari orang tuanya yang kaya. Hadiahnya adalah pernikahan. Orang yang dia nikahi adalah orang yang dia sukai dan siswa SMA Tsurugi yang populer, Nao.

Nao yang dililit hutang hanya menikahi Karin karena alasan ekonomi dan khususnya karena orang tua Karin yang tajir melintir. Apesnya, Karin sangat mencintainya, tapi Nao sama sekali tidak mencintai Karin.

Pernikahan mereka dirahasiakan, tetapi Ebina Isuzu, teman Karin, yang menyimpan perasaan terhadap Karin, mengetahui pernikahan mereka. Lantas apa yang akan terjadi selanjutnya di film Jepang tentang nikah muda ini?

Policeman And Me/P and JK (2017)

film jepang nikah muda
Policeman and Me
  • Genre: Romance, Komedi, Drama
  • Durasi: 2 jam 4 menit
  • Pemain: Tao Tsuchiya, Kazuya Kamenashi, Mahiro Takazugi, Aya Omasa, Daigo Nishihata, Tina Tamashiro
  • Sutradara: RyĆ«ichi Hiroki

Tao Tsuchiya memerankan diri sebagai Kako Motoya yang kala itu masih duduk di bangku SMA. Dalam sebuah kencan buta, ia menyamar sebagai mahasiswa dan bertemu dengan Kota Sagano yang diperankan oleh Kazuya Kamenashi.

Kota yang merupakan seorang polisi berusia 23 tahun akhirnya tahu bahwa teman kencannya masih anak sekolah. Fakta ini membuat Kota dilema. Namun, perasaannya pada Kako sulit dielakkan.

Akhirnya mereka berdua menikah dan tinggal bersama. Pernikahan ini memberikan banyak pelajaran berarti dalam hidup Kota dan Kako.

My Happy Marriage (2023)

My Happy Marriage
  • Genre: Romance
  • Pemain: Mio Imada, Ren Meguro

Memang belum tayang saat artikel ini ditulis, tapi tidak ada salahnya masuk rekomendasi. Cikal bakal film Jepang tentang nikah muda ini merupakan adaptasi live-action dari anime berjudul Watakon karya Akumi Agitogi.

Kinema Citrus mengumumkan bahwa Mio Imada akan memerankan karakter Saimori. Sementara tokoh Kiyoka akan dimainkan oleh Ren Meguro.

My Happy Marriage (Watakon) adalah kisah tentang perjodohan tak terduga antara seorang wanita kelahiran bangsawan yang bernama Miyo dan seorang prajurit berhati dingin bernama Kiyoka.

Terlepas dari keadaan mereka, keduanya akhirnya membuka hati satu sama lain untuk menjaga pernikahan yang bahagia. Film ini rencananya akan mulai tayang di bioskop pada musim semi 2023.

Semoga rekomendasi film Jepang tentang nikah muda ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi terbaru untuk penikmat film dari negeri matahari terbit ini. Meski masih jomblo, film ini tetap seru untuk kamu tonton. Tidak ada hukum dosa bagi orang yang nonton sendirian.