7 Solusi Aplikasi HP Sering Force Close, Sangat Jitu dan Efektif!

7 Solusi Aplikasi HP Sering Force Close, Sangat Jitu dan Efektif!

7 Solusi Aplikasi HP Sering Force Close, Sangat Jitu dan Efektif!

DAFTAR ISI

Sediksi – Kamu pasti pernah mengalami masalah aplikasi hp sering force close atau keluar sendiri saat sedang dibuka. Masalah ini sangat mengganggu, apalagi jika aplikasi tersebut penting atau sedang digunakan untuk keperluan mendesak. Solusi aplikasi hp sering force close ini akan membantu kamu jika kamu mengalaminya.

Penasaran dengan solusi aplikasi hp sering force close? Berikut ini Sediksi berikan beberapa solusi aplikasi hp sering force close dari berbagai sumber yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan akan membuat hp kamu kembali normal.

Solusi aplikasi hp sering force close

7 Solusi Aplikasi HP Sering Force Close, Sangat Jitu dan Efektif! - 1000020391 1024x576 jpg
unsplash/onur binay

Penyebab aplikasi hp yang sering force close

Sebelum membahas beberapa solusi aplikasi hp sering force close, kamu juga perlu mengetahui apa saja penyebab aplikasi hp sering force close agar dapat menanganinya dengan tepat. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan aplikasi hp force close, antara lain:

Aplikasi yang bermasalah

Penyebab pertama yang sering terjadi adalah aplikasi bermasalah. Mungkin ada bug atau kesalahan pada aplikasi itu sendiri yang membuatnya tidak bisa berjalan dengan baik. Hal ini bisa terjadi karena aplikasi tidak kompatibel dengan sistem operasi hp, tidak mendapatkan update terbaru, atau terinfeksi virus.

RAM yang kepenuhan

Penyebab lainnya adalah RAM yang kepenuhan. Jika hp kamu memiliki RAM yang kecil dan kamu membuka banyak aplikasi secara bersamaan, maka RAM akan kehabisan ruang untuk menampung semua aplikasi tersebut. Akibatnya, aplikasi yang tidak mendapatkan cukup RAM akan force close atau keluar sendiri.

File cache yang menumpuk

File cache yang menumpuk juga bisa menjadi penyebabnya. File ini adalah file sementara yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat proses loading. Namun, jika file cache terlalu banyak dan tidak dibersihkan secara rutin, maka file cache akan memenuhi penyimpanan hp dan mengganggu kinerja aplikasi.

Kartu SD yang rusak

Penyebab terakhir adalah kerusakan kartu SD. Hal ini dapat terjadi jika kamu menyimpan aplikasi di kartu SD, maka kualitas kartu SD juga berpengaruh pada kinerja aplikasi. Kartu SD yang rusak, kotor, atau tidak terpasang dengan benar bisa menyebabkan aplikasi yang tersimpan di dalamnya force close atau tidak bisa dibuka.

Solusi aplikasi sering force close

Setelah kamu mengetahui apa saja yang menyebabkan aplikasi hp sering force close, mari bahas mengenai solusi aplikasi hp sering force close yang bisa kamu lakukan dengan sangat mudah dan aman. Berikut ini adalah beberapa solusi aplikasi hp sering force close yang bisa kamu coba:

Clear data dan cache aplikasi

Solusi aplikasi hp sering force close yang pertama adalah melakukan clear data dan cache aplikasi. Cara ini bertujuan untuk menghapus file-file yang tidak perlu atau rusak pada aplikasi yang bermasalah. Caranya adalah masuk ke pengaturan hp, pilih aplikasi dan pemberitahuan, lalu info aplikasi.

Setelah itu, cari aplikasi yang force close, lalu pilih penyimpanan. Di sana, kamu bisa memilih hapus cache atau hapus data. Hapus cache akan menghapus file cache saja, sedangkan hapus data akan menghapus semua data yang berkaitan dengan aplikasi, termasuk akun, pengaturan, dan riwayat.

Reboot atau restart hp

Solusi aplikasi hp sering force close berikutnya adalah dengan melakukan reboot atau restart hp. Cara ini bisa membantu menyegarkan kembali sistem hp dan mengatasi masalah-masalah ringan yang mungkin terjadi. Caranya adalah tekan dan tahan tombol daya, lalu pilih opsi restart. Tunggu hingga hp dimuat ulang, lalu buka kembali aplikasi yang sebelumnya force close.

Update sistem operasi

Solusi aplikasi hp sering force close selanjutnya adalah dengan melakukan update pada sistem operasi hp kamu. Cara ini akan membantu memperbaiki bug atau kesalahan pada sistem operasi hp yang mungkin menyebabkan aplikasi force close.

Update aplikasi ke versi terbaru

Selain update sistem operasi, solusi aplikasi hp sering force close yang bisa kamu coba adalah dengan meng-update aplikasi. Cara ini akan memperbaiki bug atau kesalahan pada aplikasi itu sendiri yang mungkin menyebabkan force close.

Hapus aplikasi dan instal ulang

Solusi aplikasi hp sering force close yang paling mudah untuk dilakukan adalah menginstal ulang aplikasi. Cara ini akan menghapus semua data dan file yang berkaitan dengan aplikasi yang bermasalah, lalu menginstalnya kembali dengan bersih. 

Lakukan factory reset

Jika beberapa cara di atas belum bisa mengatasi masalahmu, solusi aplikasi hp sering force close yang bisa kamu coba adalah melakukan factory reset. Jika kamu sudah menggunakan cara ini, artinya ada sebuah kerusakan yang lumayan parah.

Cara ini akan mengembalikan hp kamu ke kondisi awal seperti baru keluar dari pabrik. Jadi, pastikan kamu sudah membackup semua data penting kamu sebelum melakukan factory reset.

Waktunya ganti hp

Solusi aplikasi hp sering force close paling pamungkas adalah ganti hp. Jika semua cara di atas tidak berhasil, mungkin ini adalah tanda bahwa hp kamu sudah tidak bisa lagi menangani aplikasi-aplikasi yang kamu gunakan. 

Mungkin hp kamu sudah terlalu tua, rusak, atau tidak mendukung aplikasi-aplikasi terbaru. Jika demikian, maka solusi terbaik adalah mengganti hp kamu dengan yang baru. Tentu saja, kamu harus memilih hp yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu.

Itulah beberapa solusi aplikasi hp sering force close yang bisa kamu coba dengan mudah. Solusi ini akan sedikit membantu kamu jika kamu mengalami masalah yang sama. Namun, kamu juga harus mengetahui apakah hp kamu bisa menjalankan aplikasi tersebut dengan normal atau tidak. Jika tidak bisa menjalankan aplikasi tersebut, maka jangan paksa hp kamu untuk menjalankannya.

Baca Juga
Topik
notix-artikel-retargeting-pixel