5 Tips Menabung Harian Mudah Tanpa Merasa Tersiksa, Ini Caranya!

5 Tips Menabung Harian Mudah Tanpa Merasa Tersiksa, Ini Caranya!

Tips Menabung Harian

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Seperti yang kita tau, menabung adalah salah satu kebiasaan baik yang harus dimiliki oleh setiap orang, utamanya zaman sekarang.

Dengan menabung, kita bisa memiliki dana cadangan untuk berbagai keperluan, seperti membeli barang impian, berlibur, menyiapkan dana darurat, atau berinvestasi.

Namun, kadang menabung tidak selalu mudah dilakukan, apalagi untuk menabung harian, susah konsisten, untuk itu kamu perlu tau tips menabung harian ini, karena banyak orang yang merasa tersiksa ketika harus menabung uang harian, sebab mereka merasa harus mengorbankan kebutuhan atau keinginan mereka.

Nah, penasarankan apa saja tips menabung harian yang mudah tanpa merasa tersiksa menyisihkan uang tiap harinya, simak ulasannya di bawah ini.

Tips Menabung Harian Mudah

Tentukan Tujuan dan Target Menabung

5 Tips Menabung Harian Mudah Tanpa Merasa Tersiksa, Ini Caranya! - Tujuan Menabung jpg
Image from Moneyunder30

Ini adalah langkah awal yang pasti dari bentuk menabung apapun itu, jadi sebelum mulai menabung, kamu harus menentukan tujuan dan target menabung.

Tujuan menabung adalah alasan mengapa ingin menabung, misalnya untuk membeli rumah, mobil, atau laptop. Target menabung adalah jumlah uang yang ingin dikumpulkan dalam kurun waktu tertentu, misalnya Rp 10 juta dalam setahun, tergantung target masing-masing.

Dengan menentukan tujuan dan target menabung, sekiranya kamu akan memiliki motivasi dan arah yang jelas untuk menabung. Selain itu juga, kamu bisa mengukur kemajuan dan keberhasilan dalam menabung.

Buat Anggaran Bulanan dan Catat Pengeluaran Harian

5 Tips Menabung Harian Mudah Tanpa Merasa Tersiksa, Ini Caranya! - Mencatat Pengeluaran Harian 1024x683 jpg
Image from Grid

Setelah menentukan tujuan dan target menabung, langkah selanjutnya dari tips menabung harian ini adalah harus membuat anggaran bulanan dan mencatat pengeluaran per hari.

Anggaran bulanan ini  adalah rencana pengeluaran setiap bulan, yang mencakup penghasilan, pengeluaran tetap, pengeluaran variabel, dan tabungan.

Lalu pengeluaran tetap adalah pengeluaran yang jumlahnya tetap setiap bulan, seperti sewa, listrik, air, atau cicilan. Pengeluaran variabel adalah pengeluaran yang jumlahnya bisa berubah-ubah setiap bulan, seperti makanan, transportasi, atau hiburan.

Tabungan adalah jumlah uang yang akan sisihkan setiap bulan atau per hari untuk menabung. Penting untuk mencatat pengeluaran setiap hari, baik dengan menggunakan buku catatan, aplikasi, atau dompet digital.

Mencatat pengeluaran tiap hari adalah kunci penting dalam tips menabung harian ini, karena dengan mencatat secara detail, maka kamu akan bisa melacak dan mengontrol pengeluaran dan juga bisa mengetahui di mana saja uang habis dan bagaimana cara menghematnya.

Gunakan Metode 50/30/20

5 Tips Menabung Harian Mudah Tanpa Merasa Tersiksa, Ini Caranya! - income management 505 100318062708 jpg
Image from Tradebrains

Salah satu metode yang bisa kamu gunakan dalam tips menabung harian adalah metode 50/30/20. Apa itu metode 50/30/20? Ini adalah metode pembagian penghasilan menjadi tiga bagian, yaitu 50% untuk pengeluaran penting, 30% untuk pengeluaran pribadi, dan 20% untuk tabungan.

Pengeluaran penting mencangkup pengeluaran yang harus dibayar setiap bulan, seperti pengeluaran tetap dan pengeluaran variabel yang berkaitan dengan kebutuhan dasar.

Pengeluaran pribadi adalah pengeluaran yang digunakan untuk memenuhi keinginan atau hobi, seperti makan di luar, belanja, atau nonton. Lalu tabungan adalah uang yang akan sisihkan untuk menabung.

Dengan menggunakan metode 50/30/20, maka kamu akan bisa menabung uang harian dengan mudah dan teratur. Kamu setidaknya hanya perlu mengalokasikan 20% dari penghasilan setiap bulan untuk tabungan.

Catatan detail tentang pengeluaran harian akan sangat membantu mengalokasikan dana, dan bisa menyesuaikan persentase ini sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Misalnya, jika kamu bisa mengurangi pengeluaran pribadi, maka bisa menambah persentase tabungan menjadi 25% atau 30%. Sebaliknya, jika masih memiliki pengeluaran penting yang lebih besar, maka bisa mengurangi persentase tabungan menjadi 15% atau 10%.

Manfaatkan Celengan atau Tabungan Otomatis

5 Tips Menabung Harian Mudah Tanpa Merasa Tersiksa, Ini Caranya! - Celengan jpg
image from Berita

Selain menggunakan metode 50/30/20, kamu juga bisa menabung uang harian dengan menggunakan celengan atau tabungan otomatis.

Tips menabung uang harian yang sederhana untuk celengan adalah usahakan menggunakan celengan yang berbentuk lucu, unik, atau menarik untuk membuatmu semangat menabung.

Dengan metode celengan ini, kamu bisa menentukan jumlah uang yang ingin ditabung setiap hari, misalnya Rp 5.000, Rp 10.000, atau Rp 20.000.

Kamu juga bisa menabung uang sisa dari pengeluaran, misalnya jika membeli sesuatu dengan harga Rp 17.500, Anda bisa menabung uang Rp 2.500 yang tersisa. Keuntungan dari metode celengan biasa adalah, celengan hanya bisa dibuka sekali, jadi sebelum memenuhi target, uang akan aman kecuali memang sengaja dipecah sebelum saatnya aja…. He he

Lalu untuk tabungan otomatis adalah fitur yang ditawarkan oleh beberapa bank atau dompet digital yang memungkinkan kamu untuk menabung uang secara otomatis setiap bulan.

Dengan menggunakan tabungan otomatis, kamu bisa menabung uang harian tanpa harus repot-repot mengingat atau melakukannya sendiri. Keuntungan yang didapat juga bisa mendapatkan bunga atau bonus dari tabungan.

Kurangi Pengeluaran yang Tidak Perlu dan Cari Sumber Penghasilan Tambahan

5 Tips Menabung Harian Mudah Tanpa Merasa Tersiksa, Ini Caranya! - Freelancer 1024x695 jpg
Image from Meesho

Tips menabung harian terakhir yang bisa kamu lakukan adalah mengurangi pengeluaran yang tidak perlu dan mencari sumber penghasilan tambahan.

Pengeluaran yang tidak perlu contohnya seperti pengeluaran yang tidak berkaitan dengan kebutuhan atau keinginan, tetapi hanya dilakukan karena tergoda, terpaksa, atau terbiasa.

Misalnya, berlangganan layanan yang tidak atau jarang sekali digunakan, membeli barang yang sebenarnya tidak ada fungsinya, dan lain sebagainya.

Lalu untuk sumber penghasilan tambahan bisa kamu cari dengan memanfaatkan keahlian, hobi, atau aset. Misalnya, kamu bisa menjadi penulis lepas, guru online, atau penjual online.

Itulah beberapa tips menabung harian yang mudah untuk diterapkan tanpa merasa tersiksa. Dengan menabung uang harian, kamu bisa memiliki dana cadangan untuk berbagai keperluan, seperti membeli barang impian, berlibur, menyiapkan dana darurat, hingga berinvestasi.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, dijamin kamu bisa menabung uang harian dengan mudah dan teratur, tanpa mengganggu gaya hidup. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel