Wayne Rooney Dipecat Birmingham City Setelah Hanya Tuai 2 Kemenangan dari 15 Laga

Wayne Rooney Dipecat Birmingham City Setelah Hanya Tuai 2 Kemenangan dari 15 Laga

Wayne Rooney Dipecat Birmingham City

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Birmingham City resmi memecat Wayne Rooney sebagai pelatih setelah baru sekitar 3 bulan menukangi klub. Hal ini disampaikan langsung oleh pihak klub melalui laman resmi mereka.

“Birmingham City hari ini menyampaikan bahwa klub telah berpisah dengan Manajer, Wayne Rooney, dan Pelatih Tim Utama, Carl Robinson.

“Meskipun keduanya telah berupaya sebaik mungkin, hasil yang diperoleh belum memenuhi harapan. Oleh karena itu, Dewan klub merasa bahwa perubahan manajemen adalah demi kebaikan klub sepak bola ini.

Dewan serta manajemen klub sepenuhnya selaras dan akan terus mendorong transformasi serta mengambil langkah berani untuk membangun kembali Birmingham City menjadi organisasi yang pantas untuk para penggemar dan komunitasnya.

Dewan ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus kepada Wayne dan Carl atas semua usaha mereka.”

Rooney sendiri ditunjuk sebagai pelatih tim berjuluk Blues ini pada 11 Oktober 2023, di mana ia menandatangani kontrak dengan durasi 3,5 tahun.

Pria berusia 38 tahun tersebut menggantikan John Eustace, yang dipecat pada 9 Oktober 2023, meskipun berhasil membawa Birmingham duduk di peringkat 6 divisi Championship.

Selama kurang lebih 3 bulan bertugas, Rooney bersama Birmingham terjun dari posisi 5 ke posisi 20 klasemen, setelah hanya meraih 2 kemenangan dari 15 laga.

Dan akhirnya, kekalahan telak 0-3 dari Leeds United menjadi penanda akhir masa kepelatihan Rooney di St. Andrew’s. Terkait siapa yang akan menggantikan mantan pemain Manchester United ini, pihak Birmingham belum memberi informasi lebih lanjut.

“Kami berkomitmen untuk melakukan yang terbaik demi membawa kesuksesan di St. Andrew’s. Sayangnya, periode Wayne bersama kami tidak berjalan sesuai rencana dan kami memutuskan untuk bergerak ke arah yang berbeda.

“Pencarian penggantinya akan segera dimulai dan kami akan memberikan informasi terbaru kepada para pendukung ketika kami sudah memiliki kabar lebih lanjut,” ucap CEO Birmingham, Garry Cook, dilansir dari laman resmi klub.

Untuk sementara waktu, pelatih pengembangan profesional klub, Steve Spooner, yang akan mengambil tanggung jawab menangani tim senior Birmingham. Spooner akan dibantu oleh staf-staf pelatih lain yang masih tersisa.

Reaksi Wayne Rooney Terkait Pemecatannya

Wayne Rooney Dipecat Birmingham City Setelah Hanya Tuai 2 Kemenangan dari 15 Laga - Rooney dipecat Birmingham 1024x683 jpg
Gambar: Getty Images

Menyusul kabar pemecatannya oleh Birmingham City, Wayne Rooney telah mengeluarkan pernyataan resminya.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada (co-owner) Tom Wagner dan Tom Brady serta (CEO) Garry Cook karena telah diberi kesempatan mengelola Birmingham City. Saya juga berterima kasih atas dukungan yang mereka semua berikan kepada saya selama periode singkat ini.

“Sayangnya, waktu adalah komoditas paling berharga yang dibutuhkan oleh seorang manajer dan saya merasa waktu 13 minggu tidaklah cukup untuk mengawasi perubahan yang diperlukan.

“Secara pribadi, saya akan butuh waktu untuk mengatasi kemunduran dalam karir saya ini. Saya sudah terlibat di dunia sepak bola, baik sebagai pemain maupun sebagai pelatih, sejak masih berusia 16 tahun.

“Untuk saat ini, saya berencana meluangkan waktu bersama keluarga sembari mempersiapkan kesempatan berikutnya dalam perjalanan karir saya sebagai manajer,” ungkap Rooney dikutip dari BBC.

Terkait Menunjuk Sosok Ternama sebagai Pelatih, Birmingham Punya Sejarah yang Buruk

Wayne Rooney Dipecat Birmingham City Setelah Hanya Tuai 2 Kemenangan dari 15 Laga - Gianfranco Zola Birmingham City 1024x692 jpg
Gambar: Gianfranco Zola (tengah) dipecat oleh Birmingham City pada April 2017 menyusul rangkaian hasil buruk selama kurang lebih 4 bulan menukangi klub/Getty Images

Mencari nama besar untuk menggantikan pelatih yang sebenarnya cukup berhasil bukanlah hal baru dalam sejarah Birmingham City.

Dilansir dari BBC, apa yang dilakukan Blues dengan menunjuk Rooney untuk menggantikan Eustace agak mirip dengan apa yang pernah terjadi di tahun 2016.

Pada Desember 2016, Birmingham pernah memecat Gary Rowett dan menggantinya dengan nama yang lebih populer, yaitu mantan pemain kenamaan asal Italia, Gianfranco Zola.

Rowett sendiri, yang mengambil alih kursi kepelatihan klub menyusul rangkaian hasil buruk, berhasil membawa stabilitas dalam tim dan membawa Birmingham dua kali duduk di peringkat 10 Championship. Sebelum dipecat, Rowett bahkan sempat membawa klub berada di urutan 7 klasemen.

Keputusan Birmingham untuk menggantikan Rowett saat itu ternyata berakhir buruk. Zola akhirnya dipecat pada April 2017 setelah hanya memetik 2 kemenangan dari 22 pertandingan yang dijalani dan membuat Blues saat itu harus terseok-seok di zona degradasi.

Meskipun kasusnya terbilang mirip, namun pemecatan Rooney lebih cepat dari Zola. Mantan pelatih Derby County dan DC United itu juga terbilang tidak diberi kesempatan untuk mencoba memperbaiki keadaan pada bursa transfer musim dingin ini.

Terlepas dari hal itu, pemilik Birmingham saat ini, yaitu Shelby Companies Limited, nampaknya tidak belajar dari kesalahan pemilik sebelumnya yang terkesan terbuai dengan sosok ternama untuk menggantikan pelatih yang sebenarnya membawa progres klub ke arah yang lebih baik.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel