11 Lagu The Beatles Terbaik, Populer dan Melegenda

11 Lagu The Beatles Terbaik, Populer dan Melegenda

Lagu The Beatles Terbaik

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Apabila ada bocil generasi alpha yang bertanya kepada generasi X atau Y tentang bagaimana cara mereka menikmati hidup tanpa adanya smartphone, jaringan internet, dan TikTok, maka ada kemungkinan jika Gen X atau Y itu akan menjawab; di masa-masa itu, hidup kami begitu indah dengan memutar lagu-lagu The Beatles.

Terus, apa lagu The Beatles terbaik yang bisa didengarkan pemuda-pemudi masa kini?

Semua hal yang berkaitan dengan The Beatles terasa sangat menyenangkan. Mulai dari musik, visi politik, mode fashion, dan konsumerisme. Sulit untuk disangkal bahwa empat orang personil The Beatles itu, tidak hanya terlalu mainstream saja, tapi juga memiliki pengaruh yang sangat besar bagi dunia.

Sebuah platfrom pemutar musik, Spotify, mencatat 11 lagu teratas The Beatles yang sering kali diputar oleh penggemarnya sampai sekarang. Apa saja saja lagu-lagu itu? Berikut ini kita sajikan beberapa lagu The Beatles yang paling populer beserta ulasan singkatnya.

Lagu The Beatles Terbaik, Populer dan Legendaris

In My Life

Sebuah cermin untuk melihat kenangan manis di masa silam, demikian ujar John Lennon tentang lagu “In My Life”.

Lagu ini diciptakan oleh John Lennon ketika malam hendak lingsir, dan pada saat itu ia memikirkan kenangan-kenangan indah bersama dengan kawan dan kekasih.

John tahu, sang kala mungkin bisa memberikan kesempatan kedua buat mengulangi hal yang sama, namun perasaan yang mencuat tidak akan setara dengan yang pertama kalinya.

Lagu yang juga di-cover oleh Jhonny Cash ini tidak hanya dibikin oleh John sendirian loh. Ia dibantu oleh Paul McCartney dan salah seorang produsernya: Goerge Martin.

Blackbird

Masih menjadi misteri, arti sebenarnya dari lagu “Blackbird”. Ada yang menafsirkan bahwa lagu ini merupakan singgungan—yang cukup mengguncangkan—terhadap krisis rasial di Afrika. Namun ada juga yang berkata kalau determinasi lagu ini terkait dengan cerpen Edgar Allan Poe, yakni The Raven.

Terlepas dari semua itu, “Blackbird” sudah didengarkan lebih dari 300 juta kali di platfrom Spotify. Walaupun lagu ini tampil hanya dengan petikan gitar solo, tapi nggak kaget sih bisa sepopuler itu. Fix lagu ini masuk dalam daftar lagu The Beatles paling populer yang pernah ada.

I Want to Hold Your Hand

Judulnya aja manis kan. Salah satu lagu The Beatles terbaik ini ditulis oleh dalam harmoni yang begitu serasi antara John Lennon dan Paul McCartney.

Menurut majalah lifestyle Amerika, Playboy, pada saat John dan Paul berlatih musik di ruang bawah tanah, Paul mencapai suatu nada—entah disengaja atau tidak—yang merebut perhatian John. Lantas, John berulang kali menyuruh Paul untuk mengulangi nada tersebut, sehingga tercipta lah cikal bakal lagu I Want to Hold Your Hand.

Lagu ini, sebelum rilis aja sudah dipesan sebanyak satu juta eksemplar loh. total, single lagu ini sudah terjual hingga menembus angka 12 juta kopi, atau berarti lagu ini menjadi single paling laris The Beatles.

Let it Be

Rilis pada tahun 1970, dan lagu ini sangat lah menyayat sekaligus menyedihkan, karena “Let It Be” menjadi lagu terakhir yang dibuat dan dinyanyikan Paul McCartney bersama dengan The Beatles.

Sumber inspirasi lagu ini ialah mendiang ibu Paul, yang menemuinya di dalam suatu mimpi. Paul, dalam satu wawancara, merasa senang bisa menemui ibunya, sehingga ia tergerak untuk menulis lagu Let It Be.

Secara prestasi, not play-play bosku! Lagu ini memulai debut dengan bercokol di peringkat 6 tangga Billboard. Masih nanya kenapa lagu ini jadi salah satu lagu The Beatles terbaik? Bukan maen!

Come Together

Buat yang suka blues rock, tentu kamu sudah paham betul sama lagu The Beatles terbaik yang satu ini. Wong komposisi musiknya aja banyak yang mengadopsi bagian-bagian dari lagu “You Cant Catch Me”-nya Chuck Berry.

Awalnya John Lennon menciptakan lagu ini untuk kampanye politik Timoty Leary, politikus yang John kagumi, dalam pemilihan gubernur California. Namun, setelah lagu itu setengah jadi, John dan Timoty putus hubungan dan tidak diketahui penyebabnya.

Here Come the Sun

11 Lagu The Beatles Terbaik, Populer dan Melegenda - Screenshot 148
sumber: Youtube/the beatles

Ini adalah lagu The Beatles yang terkenal dan sudah diputar hampir 1 milyar kali di Spotify loh. Mulai ditulis oleh Goerge Harrison sebab ketidak-sukaannya terhadap musim dingin.

Mengutip dari situs Medium, The Beatles yang sudah sangat terkenal dengan music rock n roll-nya, alih-alih menggunakan komposisi lagu yang sama, justru Harrison menggunakan dua akustik yang lembut dan menghangatkan. Benar saja, lagu ini diterima oleh kalangan yang begitu luas.

Hey Jude

Lagu indah ini ternyata punya asal usul yang menyedihkan cuy. Paul McCartney, dalam bukunya yang berjudul An Intimate Life of McCartney, mengaku bahwa Hey Jude merupakan plesetan dari Julian (anak John Lennon) yang menjadi korban atas bercerainya John dengan istri pertamanya.

Mengutip dari situs Unifers, lagu ini merupakan sebuah pesan untuk untuk Julian agar ia dapat membiasakan diri pada realitas yang ada, lalu menerima Yoko Ono sebagai ibu tirinya.

Yesterday

Pernah terpikir gak, kalau lagu itu bisa tercipta dari sebuah mimpi? Fenomena langka ini terjadi pada Paul McCartney. Struktur musik lagu Yesterday ia garap berpatokan pada nada-nada yang ia temui di dalam mimpinya.

Dan hasilnya, setelah rilis, lagu ini dalam beberapa waktu kukuh bercokol di peringkat teratas tangga lagu Billboard. Lagu The Beatles terbaik ini saking populernya, sering kita dengar hingga kini.

Something

The Beatles tidak hanya John Lennon dan Paul McCartney saja. Terbukti, lagu ini, ditulis dan dinyanyikan oleh George Harrison, dan mendapatkan tempat terbaik di hati para penggemar The Beatles.

Lagu “Something” dan satu lagu lainnya tercatat sudah menggerakkan hati jutaan penyanyi di seluruh dunia untuk meng-cover lagunya dan menebarkan lagu cinta yang indah.

Twist and Shout

Twist and Shout ditulis dan dipopulerkan Phil Medley and Bert Russell pada tahun 1961. Lalu pada 13 Oktober 1963, The Beatles membawakan lagu ini sebagai penutup dalam acara London Palladium.

Hingga saat ini, lagu “Twist and Shout” sudah diputar lebih dari 350 juta kali di platfrom Spotify, dan memperoleh views lebih dari 57 juta kali di platfrom Youtube.

Girl

11 Lagu The Beatles Terbaik, Populer dan Melegenda - girl the beatles
Discogs

Girl adalah salah satu lagu yang ditulis oleh John Lennon dan Paul McCartney untuk album Rubber Soul yang dirilis pada tahun 1965. Album ini merupakan kumpulan lagu-lagu The Beatles yang banyak menceritakan tentang hubungan asmara.

Lagu ini menceritakan tentang seorang pria yang jatuh cinta dengan seorang perempuan yang sangat menarik, tetapi juga menyakitkan hatinya.

Girl adalah salah satu lagu The Beatles terbaik dan terpopuler di dunia menurut Radio X. Pada beberapa bagian lagu, terdengar ada suara seperti seseorang sedang menghisap sesuatu, yang dispekulasikan kalau penyanyinya sedang ngefly.

Itulah lagu-lagu The Beatles terbaik yang menjadikan mereka abadi. Apakah diantara kalian ada yang belum pernah mendengar lagu-lagu di atas? Kalau belum, mendingan kalian segera dengerin deh!

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel