Layanan Streaming NASA Plus Diluncurkan Akhir Tahun 2023

Layanan Streaming NASA Plus Diluncurkan Akhir Tahun 2023

NASA plus

DAFTAR ISI

National Aeronautics and Space Administration (NASA) siap mengudara ke dunia streaming. Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat itu mengumumkan bahwa mereka bakal meluncurkan platform milik mereka sendiri yang diberi nama NASA Plus.

Tentu bukan layanan streaming layaknya platform lain. Kali ini memang bukan program meluncurkan roket maupun proyek penjelajahan Antariksa sebagaimana biasanya. NASA jelas lebih spesifik, yakni menayangkan banyak hal terkait luar angkasa.

Pada Jumat (28/7) NASA mengumumkan layanan streaming NASA Plus bakal diluncurkan menjelang akhir tahun 2023.

Mendekatkan khalayak dengan perkembangan penelitian antariksa

Youtube NASA

Melalui NASA Plus, mereka akan menyuguhkan konten antariksa yang banyak diidamkan secara on-demand, dan tentu saja, tanpa iklan. Artinya, layanan ini bisa dinikmati secara gratis.

Kita bisa menonton liputan langsung dari peluncuran-peluncuran mendatang, dokumenter-dokumenter, serta serial orisinal baru yang diproduksi secara eksklusif untuk NASA Plus.

Salah satu pejabat NASA di bidang komunikasi, Marc Etkind, mengatakan NASA berusaha untuk lebih baik menceritakan kisah tentang bagaimana NASA mengeksplorasi hal-hal yang belum diketahui tentang antariksa.

Ia menambahkan NASA memang berniat terhubung dengan lebih banyak orang dengan mengubah kehadiran digitalnya.

“Kami menyajikan antariksa secara on-demand dan mudah dijangkau dengan platform streaming baru NASA,” ungkap Marc Etkind dalam sebuah pernyataan resmi.

“Transformasi kehadiran digital kami akan membantu kami lebih baik menceritakan kisah tentang bagaimana NASA mengeksplorasi hal-hal yang belum diketahui di udara dan luar angkasa, menginspirasi melalui penemuan, serta berinovasi untuk kepentingan kemanusiaan.”

Diluncurkan akhir tahun 2023

Layanan Streaming NASA Plus Diluncurkan Akhir Tahun 2023 - NASA plus
Unsplash/ NASA

NASA Plus direncanakan akan diluncurkan tahun ini juga sesuai dengan keterangan yang mereka umumkan.

Layanan ini akan tersedia di berbagai platform seperti Netflix dan Disney Plus, dan juga akan memiliki halaman khusus di situs web beta baru NASA.

Untuk saat ini, layanan beta bisa diakses di https://beta.nasa.gov/.

Dalam rilis pers, Jeff Seaton, CIO NASA, menyatakan bahwa pengalaman web beta yang baru dirancang akan membuat informasi badan antariksa ini “lebih mudah diakses, ditemukan, dan aman.”

Situs ini akan mencakup detail misi NASA, data penelitian, data iklim, dan banyak lagi. Selain itu, situs ini juga akan menjadi tempat untuk mendapatkan informasi terkini tentang misi berawak Artemis II tahun depan.

Selama ini, NASA menyebarkan hasil kerja mereka melalui NASA TV. Saluran tersebut dirasa belum memberi ruang bagi khalayak yang lebih luas.

NASA Plus bakal tersedia dalam beragam platform

Setelah NASA Plus resmi diluncurkan, layanan ini akan terintegrasi dengan aplikasi NASA yang akan dioptimalkan. Kabarnya, aplikasi ini dirancang juga untuk versi mobile yang tersedia di sistem operasi berbasis iOS dan Android.

Aplikasi ini juga akan dapat diakses melalui perangkat streaming seperti Apple TV, Roku, dan Fire TV. Meskipun NASA Plus mungkin tidak menayangkan Andor atau Strange New Worlds. Namun, kita tetap dapat memuaskan hasrat akan antariksa tanpa harus membayar biaya berlangganan.

Saat ini, NASA memanfaatkan NASA TV untuk menyebarkan konten video yang mereka buat dan menyiarkan program peluncurannya. Mereka menyiarkan 24/7 konten di situs NASA dan YouTube.

Melalui layanan ini, NASA berniat menciptakan ruang yang lebih terbuka untuk para penonton mengakses konten mereka lebih luas.

Wujud tampilan antarmuka masih digodok

NASA masih menggodok format konten yang bakal mereka buat. Jadi, belum diketahui konten apa saja yang bisa dinikmati oleh masyarakat.

Masih belum diketahui bagaimana tampilan layanan streaming ini. Namun, mengingat badan antariksa ini berfokus pada modernisasi dan penyederhanaan kontennya.

Dari segi tampilan antar muka kemungkinan kita akan melihat antarmuka yang mirip dengan layanan streaming lain yang sudah kita kenal sebelumnya.

Ini juga berkaitan dengan upaya untuk memasyarakatkan konten antariksa ke khalayak. Opsi untuk membuatnya lebih mirip dengan layanan platform streaming film maupun bentuk audio-visual ditujukan agar masyarakat lebih familiar.

Melihat luar angkasa dari lebih dekat

NASA Plus membuka peluang baru bagi pecinta antariksa untuk menyaksikan konten berkualitas secara gratis dan tanpa iklan.

Melalui platform streaming ini, kita bisa merasakan sensasi liputan langsung peluncuran roket, menonton dokumenter menarik, dan menikmati serial orisinal yang eksklusif dari badan antariksa paling terkenal di dunia ini.

Tak hanya itu, NASA juga berusaha untuk terus berinovasi dalam menghadirkan informasi dan konten yang lebih mudah diakses dan dipahami oleh masyarakat luas.

Jadi, tertarik melihat angkasa dari lebih dekat?

Siapkan diri kita untuk memulai petualangan baru dalam eksplorasi luar angkasa bersama NASA Plus!

notix-artikel-retargeting-pixel