Biaya Hidup di Dubai: Akomodasi, Transportasi dan Makanan (Update Desember 2022)

Biaya Hidup di Dubai: Akomodasi, Transportasi dan Makanan (Update Desember 2022)

Kota penuh gemerlap kemewahan, apakah biaya hidup di Dubai mahal?
biaya hidup di Dubai

DAFTAR ISI

Biaya hidup di Dubai berada di peringkat 42 menurut Survei Biaya Hidup Mercer 2021. Sekalipun terbilang tinggi, masih banyak alasan lain bagi banyak orang untuk datang dan tinggal di kota paling padat di Uni Emirat Arab ini.

Fakta menariknya, di kota ini tidak diterapkan pajak penghasilan. Sehingga, tak sedikit orang yang ingin menetap di sini. Sebelum kita merincikan biaya hidup di Dubai, mari simak lebih jauh bagaimana kehidupan di kota yang memikat ini.

Kehidupan di Dubai

Amy Iljas Riz, seorang Warga Negara Indonesia sempat membagikan pengalaman hidup di Dubai melalui forum Quora. Selama kurang lebih setahun bekerja di Dubai, ia merasakan banyak pengalaman menarik yang perlu kamu ketahui.

Salah satunya mengenai cuaca di Dubai di musim panas yang bisa menyentuh 50 derajat celcius. Di cuaca yang ekstrim seperti itu, kita tentu tidak mungkin jalan kaki di jalan raya. Oleh karena itu, Amy menganjurkan untuk menggunakan taksi jika kamu harus keluar di siang hari.

Jika kita datang kesini dengan tujuan mencari kerja, sebaiknya berhati-hati mengambil lowongan pekerjaan yang beredar. Pasalnya, tak sedikit lowongan palsu.

Soal keamanan, Dubai merupakan salah satu kota yang aman dengan tingkat kriminalitas sangat rendah. Tentu saja ini jadi poin penting untuk memilih tempat tinggal atau sekadar berkunjung.

Bahasa apa yang digunakan di Dubai? Sebagaimana kota di Uni Emirat Arab lainnya, di Dubai Bahasa resminya adalah Bahasa Arab.

Kendati demikian, mayoritas penduduk lokal bisa menggunakan Bahasa Inggris. Karena Dubai juga merupakan negara tujuan wisata, tak jarang pedagang maupun tour guide menguasai banyak bahasa termasuk Indonesia.

Mata Uang Dubai

Dubai atau Uni Emirat Arab menggunakan mata uang Dirham atau ditulis AED. Sesuai kurs mata uang 3 Desember 2022, 1 Dirham sama dengan IDR 4.253,9 atau sekitar 0,27 dolar Amerika Serikat. Untuk mempermudah perhitungan biaya hidup di Dubai, selanjutnya kami akan menggunakan mata uang dolar AS sebagai patokan.

Apakah Biaya Hidup di Dubai Mahal?

Ya, kami dapat mengatakan bahwa biaya hidup di Dubai mahal. Walau demikian, itu sangat tergantung dengan gaya hidup masing-masing orang.

Riset Mercer menempat kota ini pada urutan ke-23 pada tahun 2020 dan peringkat 42 pada tahun 2021. Masih lebih murah sebenarnya jika dibandingkan dengan kota terdekatnya yakni Abu Dhabi.

Jika dibandingkan dengan negara seperti New York, biaya hidup di Dubai masih jauh lebih murah sekitar 25%. Maka dari itu, murah atau mahalnya biaya hidup di sini sangat tergantung dari mana kita berasal.

Biaya Akomodasi di Dubai

Perlu diketahui, salah satu hal rumit jika kita hendak menyewa tempat tinggal di Dubai adalah banyak tuan tanah membebankan biaya sewa satu tahun di muka. Tentu ini jumlah yang sangat besar.

Masalah ini terutama bagi kamu yang ingin tinggal lama di Dubai. Baik itu dalam urusan pekerjaan maupun menikmati hari tua. Saat menerima pekerjaan di Dubai, ada baiknya menegosiasikan paket tunjangan perumahan yang fleksibel untuk mendukung kita dalam sejumlah keadaan yang berbeda.

Untuk mengetahui biaya sewa apartemen di Dubai, simak tabel di bawah ini:

Tipe ApartemenBiaya Sewa Per Bulan
Apartemen (1 kamar tidur) di Pusat Kota(USD 1 399,92)
Apartemen (1 kamar tidur) di luar Pusat(USD 893,47)
Apartemen (3 kamar tidur) di Pusat Kota(USD 2 659.01)
Apartemen (3 kamar tidur) di luar Pusat(USD 1 849.38)

Biaya Transportasi di Dubai

Dubai memiliki transportasi umum yang baik. Kamu bisa membeli tiket bulanan yang harganya kurang dari $ 81/bulan, lebih murah daripada kebanyakan kota besar lainnya. Sedangkan untuk tiket bus sekali pakai, kurang dari $ 2.

Mobilitas kamu tinggi? Mungkin menyewa mobil bisa jadi jawaban. Menyewa mobil berukuran sedang, dipatok biaya sekitar $ 680/bulan dan sudah termasuk asuransi.

Sebagai negara pengekspor minyak, biaya bahan bakar relatif murah yakni sekitar 2 AED per liter atau kurang dari $ 1. Hanya dengan beberapa ratus Dirham dalam sebulan, kita sudah bisa mengisi tangki dan mengelilingi setiap sudut kota Dubai.

Transportasi di DubaiHarga
Taksi (per 1 km)USD 0,68
Bus (tiket tunggal)USD 1,36
Bus (pas bulanan)USD 81,68

Harga Makanan di Dubai

Kafe lokal dan pedagang kaki lima jadi opsi tempat makan terbaik dengan rasa yang lezat dan harga yang murah tentunya. Hanya dengan 35 dirham atau kurang dari $ 10, biaya makan di restoran kecil hanya selisih sedikit dengan makanan cepat saji di waralaba internasional, di mana paket kombo sekitar 30 dirham.

Minuman non-alkohol seperti cappuccino sekitar 15-20 dirham. Bir di bar hotel jauh lebih mahal dengan harga 45-60 dirham.

Jika ingin menikmati malam spesial di restoran kelas menengah, biaya yang harus disiapkan sekitar 250 dirham atau kurang lebih 1 juta rupiah. Tidak berbeda jauh dengan restoran bintang lima di tanah air.

Berapa Gaji di Dubai?

Kami tidak ingin melewatkan informasi penting selain biaya hidup di Dubai, yakni gaji. Sebab, tidak semua orang datang ke sini untuk wisata. Dubai juga tempat yang tepat untuk mencari kerja.

Gaji di dubai sangat bervariasi. Beberapa industri yang gajinya sangat tinggi adalah di bidang teknologi dan perhotelan. Sedangkan, upah di bidang manufaktur sangat rendah, bahkan termasuk yang terburuk di dunia.

Kementerian tenaga kerja lokal sebenarnya menerapkan upah minimal sejak tahun 2013. Namun, tidak semua bidang usaha menerapkannya.

Menurut peraturan yang berlaku, gaji di Dubai lulusan universitas harus digaji minimal 12 ribu dirham per bulan atau sekitar 50 juta rupiah. Untuk teknisi keterampilan, gaji minimal 7.000 dirham dan pekerja ahli dengan ijazah sekolah menengah gaji minimalnya 5.000 dirham.

Itu tadi informasi mengenai biaya hidup di Dubai hingga gaji di Dubai yang bisa kamu ketahui. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk datang ke kota yang penuh gemerlap kemewahan ini?

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 25 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut