Hasil Survei: Ini 10 Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Eropa

Hasil Survei: Ini 10 Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Eropa

Tinggal di Eropa terdengar menyenangkan sebelum orang tahu berapa anggaran yang dibutuhkan. Tapi, ada alternatif negara dengan biaya hidup termurah di Eropa untuk kamu ketahui.
negara dengan biaya hidup termurah di eropa
Foto: Dnovac/Pixabay

DAFTAR ISI

Bagi kebanyakan orang yang ingin pindah ke luar negeri, negara-negara di Eropa adalah pilihan yang populer. Baik untuk migrasi ataupun sekadar traveling, pertimbangan biaya hidup jadi sangatlah penting. Oleh karena itu, kita perlu mencari tahu negara dengan biaya hidup termurah di Eropa.

Eropa secara keseluruhan memiliki 50 negara, 28 diantaranya merupakan bagian dari Uni Eropa. Eropa sering dikaitkan dengan biaya hidup yang tinggi bagi para pelancong, ekspatriat, maupun penduduk tetap.

Terutama jika yang dituju adalah Eropa Barat, negara-negara Nordik, atau negara-negara yang menggunakan Euro sebagai mata uang. Padahal, pandangan ini tidak selalu benar. .

Masih Ada Negara dengan Biaya Hidup Murah Eropa

Beberapa sumber referensi independen menyusun dan mengelola daftar negara dengan biaya hidup termurah di Eropa. Mulai dari Forbes, Global Retirement Index hingga situs perjalanan seperti PlanetWare telah melakukan survei lebih lanjut tentang ini.

Daftar ini dapat menjadi sumber daya yang berharga bagi pensiunan atau ekspatriat yang ingin pindah untuk bekerja. Juga bagi wisatawan dan pelancong yang ingin memaksimalkan anggaran mereka dalam berpetualang.

Informasi yang dibagikan tidak hanya soal biaya hidup. Akan tetapi, termasuk juga faktor tambahan seperti perawatan kesehatan, hiburan, keamanan, faktor budaya, dan kemudahan belajar bahasa lokal karena sebagian besar bukan negara berbahasa Inggris.

Analisis luas ini menunjukkan negara-negara di mana pendatang baru sering kali dapat hidup lebih murah tanpa mengorbankan kualitas hidup atau standar hidup mereka. Dari sumber yang ada, setidaknya kami menemukan ada 10 negara dengan biaya hidup termurah di Eropa.

Rekomendasi Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Eropa

Sebelumnya, agar diingat secara seksama bahwa biaya hidup tidak boleh menjadi satu-satunya faktor pertimbangan memilih negara untuk ditinggali atau sekadar singgah. Semua tempat tentu menawarkan banyak hal unik. Sehingga, penting agar kamu mengetahui lebih dulu pengalaman seperti apa yang kamu inginkan sebelum memesan tiket penerbangan.

Biaya Hidup di Italia

biaya hidup di Italia
Blende12/Pixabay

Catatan penting: tidak semua wilayah di Italia biaya hidupnya murah. Namun negara yang indah, kaya akan budaya, sejarah, dan romansa ini, memang memiliki tempat yang cukup terjangkau sehingga kami memasukkannya dalam daftar negara dengan biaya hidup termurah di Eropa.

Rata-rata, susu berharga €1,12 per liter, dan roti seharga €1,52. Untuk ukuran rata-rata apartemen satu kamar tidur di luar pusat kota, kamu akan membayar €449 per bulan dengan utilitas dasar sekitar €144. Mengingat gaji kerja di Italia rata-rata per bulan sebesar €1.398, biaya hidup di Italia tidaklah buruk.

Wilayah Abruzzo juga merupakan pilihan yang tepat. Jika kamu menginginkan gaya hidup Tuscan dengan harga terjangkau, ini adalah area terbaik untuk kamu.

Di sini kamu akan memiliki akses ke garis pantai Adriatik serta daerah pegunungan. Kamu juga berada di dekat Florence yang jauh dari gerombolan turis. Menempati apartemen satu kamar tidur di kota Pescara dengan harga rata-rata €416 rasanya patut dicoba.

Biaya Hidup di Spanyol

biaya hidup di Spanyol
lecreusois/Pixabay

Spanyol telah lama menjadi tujuan ekspatriat atau imigran yang populer. Negara besar ini memiliki banyak sejarah dan budaya. Apakah kamu bermimpi tinggal di kota besar, dekat pantai, atau jalan-jalan di pegunungan, kamu akan dapat menemukannya di Spanyol.

Meski begitu, biaya hidup di Spanyol cukup terjangkau. Makan di luar akan dikenakan biaya rata-rata €10 per makanan, dan susu+roti tidak lebih dari €1.

Sewa rata-rata adalah €460 untuk tempat satu kamar tidur di luar pusat kota, dengan utilitas bulanan rata-rata €116. Jika kamu mendapatkan gaji rata-rata €1.243 setelah pajak, ini sudah sangat cukup untuk tinggal nyaman di Spanyol!

Biaya Hidup di Rumania

biaya hidup di Rumania
Sibiel Romania Well/Pixabay

Sekarang kita beranjak ke Rumania. Boleh dibilang ini negara dengan biaya hidup termurah di Eropa yang paling kami rekomendasikan.

Negara ini juga menawarkan pemandangan indah, kota penuh warna, dan yang paling kita dambakan tentu saja biaya hidup yang sangat terjangkau. Anggaran bulanan untuk seseorang yang tinggal di Rumania mulai sekitar 600 Euro di bagian utara, tapi biaya hidup jadi lebih mahal di ibu kota Rumania, Bukares .

Makan di Rumania sangat murah, termasuk menu makan siang yang umumnya di negara lain mahal di sini hanya seharga $4. Kemudian hotel, hostel, dan apartemen mulai dari $7 per orang bagi mereka yang ingin berkunjung.

Bagi penduduk non-Eropa agak sulit memperoleh izin tinggal di Rumania. Meskipun merupakan bagian dari UE, Rumania tidak menggunakan Euro. Ini alasan mengapa sebagian orang menganggap biaya hidup tetap rendah di negara tersebut.

Biaya Hidup di Slovenia

negara dengan biaya hidup termurah di eropa
GreenValleyPicture/Pixabay

Merdeka di tahun 1999, Slovenia memiliki pemandangan alam yang menakjubkan dan murni dari hutan, gunung, dan danau. Negara ini juga meliputi 29 mil dari garis pantai Mediterania.

Rata-rata makan di luar adalah €7. Makanan pokok seperti susu (€0,87) dan roti (€1,04) murah. Sewa akan dikenakan biaya €335 per bulan untuk satu kamar tidur. Sedangkan gaji rata-rata di Slovenia sebesar €1.041.

Jika ke Slovenia, kamu tak ingin melewatkan berkunjung ke Pulau Bled. Pulau Bled di Slovenia adalah yang terbaik bagi pecinta alam dan mereka yang menyukai petualangan.

Pulau Bled Slovenia terkenal dengan danaunya. Ditambah dengan satwa liar seperti beruang, serigala, dan lynx. Mungkin kamu hanya perlu membayar €100 sebulan untuk mencari tempat tinggal. Jika kamu beruntung, kamu akan mendapatkan pemandangan Kastil Bled di tepi tebingnya.

Hanya 45 menit dari Ibu Kota Slovenia, Ljubljana. Jangan biarkan namanya yang sulit diucapkan membuat kamu bingung.

Kebun zaitun, resor ski, dan pantai semuanya dekat. Meskipun sedikit di atas biaya rata-rata, itu masih sepenuhnya terjangkau. Dan kamu akan berada tepat di jantung Slovenia!

Biaya Hidup di Bulgaria

negara dengan biaya hidup termurah di Eropa
Nicolabelopitov/Pixabay

Salah satu negara Slavia, Bulgaria adalah salah satu permata tersembunyi Eropa untuk pelancong dan ekspatriat. Inilah negara yang selalu muncul di hampir setiap daftar negara dengan biaya hidup termurah di Eropa.

Selain kota-kota yang kaya akan sejarah, Bulgaria memiliki pemandangan yang indah, termasuk pantai di sepanjang Laut Hitam di musim panas dan pegunungan untuk bermain ski di musim dingin. Biaya hidup bulanan seseorang untuk tinggal di Bulgaria mulai dari $600.

Transportasi dan makan cukup terjangkau di Bulgaria, dengan tiket kereta jarak jauh mulai dari $5 dan makan malam dengan minuman kurang dari $10. Relatif mudah untuk secara legal bertempat tinggal di negara tersebut bahkan jika seseorang bukan warga negara Uni Eropa.

Bulgaria adalah anggota Uni Eropa yang termiskin dan masih bekerja untuk mengembangkan infrastrukturnya, meningkatkan standar hidup secara keseluruhan, dan mencegah korupsi. Namun, Bulgaria tetap menjadi salah satu negara tujuan yang paling direkomendasikan di Eropa.

Biaya Hidup di Montenegro

biaya hidup di eropa
yakovlevmax0/Pixabay

Seperti Bulgaria, Montenegro dianggap sebagai salah satu negara terbaik di dunia untuk pensiunan. Dengan perkiraan biaya hidup di Montenegro per bulan hanya 700 Euro per orang.

Anggaran ini mencakup sewa, kesehatan, makanan, dan hiburan. Montenegro dikenal dengan pemandangannya yang indah, orang-orang yang ramah, dan pedesaan yang luas penuh dengan real estat yang terjangkau.

Namun, biaya hidup dapat meningkat saat kamu bergerak lebih dekat ke laut. Kontra dari Montenegro adalah kurangnya infrastruktur dan kurangnya penerbangan.

Biaya Hidup di Hungaria

hidup di Hungaria eropa
walkerssk/Pixabay

Negara terbaik dunia lainnya untuk dikunjungi adalah Hongaria, yang biaya hidupnya berkisar dari sekitar 900 Euro per bulan di daerah pedesaan hingga 1.400 Euro per bulan untuk tinggal di Budapest.

Hongaria berlokasi strategis di Eropa Tengah, dengan akses ke Laut Adriatik dan negara-negara lain termasuk Austria, Slovenia , dan Slovakia. Makanan dan akomodasi perjalanan juga relatif terjangkau.

Namun, tidak seperti negara-negara Uni Eropa lainnya yang secara bahasa cukup mirip, orang Hungaria berbicara dalam bahasanya sendiri. Hambatan bahasan jadi pertimbangan besar jika kamu ingin tinggal di sini.

Biaya Hidup di Republik Ceko

biaya hidup di ceko
Pexels/Pixabay

Sementara biaya lebih tinggi di ibu kota Praha, pedesaan Republik Ceko menawarkan pemandangan yang indah dan real estat yang cukup terjangkau. Biaya hidup per bulan untuk seseorang yang tinggal di Republik Ceko kira-kira 950 Euro.

Republik Ceko terletak di Eropa Tengah, memberikan akses mudah ke negara lain seperti Austria dan Jerman. Standar hidup di Republik Ceko hampir sama dengan Jerman tetapi biayanya sekitar setengahnya.

Orang dapat menemukan makanan semurah $3 hingga $5 (US$) dan mereka yang ingin berkunjung dapat membayar hanya $15 per malam di hostel. Republik Ceko juga merupakan salah satu negara paling bahagia di dunia .

Biaya Hidup di Portugal

biaya hidup di portugal
Portugal Beach Water/Pixabay

Meskipun lebih mahal daripada banyak negara Eropa Timur dalam daftar, Portugal adalah negara termurah di Eropa Barat. Dengan biaya hidup per bulan sekitar 1200 Euro, Portugal menawarkan iklim yang hangat, akses ke laut, dan tingkat keamanan yang tinggi.

Harga di Portugal sekitar setengah atau bahkan sepertiga dari negara-negara Eropa Barat lainnya, selama seseorang tidak berencana untuk menetap di Lisbon.

Meskipun Portugal relatif terjangkau, Lisbon mendapatkan popularitas dalam beberapa tahun terakhir, terutama di kalangan pensiunan. Sehingga, harga diperkirakan akan naik. Portugal juga merupakan salah satu negara termudah di dunia untuk bermigrasi.

Biaya Hidup Georgia

biaya hidup di Georgia
Caucasus Mountains Georgia/Pixabay

Salah satu tujuan Eropa yang kurang terkenal, tetapi sangat didukung adalah Georgia, di mana biaya hidup per bulan-nya terjangkau, yakni 600-1000 Euro. Izin tinggal mudah diperoleh, dan Georgia juga merupakan salah satu negara termudah untuk pindah warga negara bagi mereka yang ingin melakukannya.

Georgia terletak di ujung tenggara Eropa, hanya berbatasan dengan negara-negara Eropa Timur Rusia, Azerbaijan, Armenia, dan Turki. Namun, pilihan perjalanan murah menjadi lebih umum, memberi orang Georgia akses yang lebih besar ke Eropa secara keseluruhan.

Demikian tadi adalah 10 negara dengan biaya hidup termurah di Eropa. Sekali lagi, meski penting, biaya hidup bukanlah satu-satunya alasan. Pertimbangkan lebih jauh pengalaman apa yang ingin kamu dapatkan di setiap lingkungan baru.