Jadi Salah Satu yang Termahal, Berapa Biaya Hidup di Qatar 2023?

Jadi Salah Satu yang Termahal, Berapa Biaya Hidup di Qatar 2023?

DAFTAR ISI

Qatar dikenal sebagai negara penuh dengan kemewahan, terutama di ibu kota Doha yang menjadi pusat penyelenggaraan Piala Dunia 2022. Pasalnya, biaya hidup di Qatar relatif mahal jika dibandingkan dengan wilayah Timur Tengah lain atau setara dengan kota besar lainnya di dunia.

Di tahun 2022, setidaknya kita bisa mengetahui kemegahan Qatar dari dua fakta menarik. Pertama, bahwa mereka menyelenggarakan piala dunia termahal sepanjang sejarah dengan anggaran sebesar US$220 miliar atau Rp 3.344 triliun.

Kedua, sebelum terselenggaranya Piala Dunia 2022, Doha yang menjadi pusat Qatar sudah tergolong sebagai kota dengan biaya hidup yang tinggi. Dengan menjadi tuan rumah FIFA World Cup 2022, tentu biaya hidup di Qatar bisa semakin tinggi.

Qatar Pakai Mata Uang Apa?

Qatar melalui Bank Central menerbitkan Qatari Rial sebagai mata uang resmi yang setiap QAR 1 dipersamakan dengan 100 dirham. Apabila dirupiahkan dengan kurs per 7 Agustus 2023, QAR 1 sama dengan IDR 4.161.

Bahasa Apa yang Digunakan oleh Negara Qatar?

Bahasa adalah aspek penting yang wajib diketahui jika kita hendak berkunjung ke sebuah negara. Baik itu untuk bekerja, sekolah, menetap, maupun sekadar liburan.

Qatar sendiri menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa resmi. Kendati demikian, itu cukup berbeda dengan bahasa Arab di negara lain secara dialek karena di sini mereka menggunakan dialek lokal Arab Qatar.

Bagi pelancong, pelajar maupun expatriat yang hendak tinggal di Qatar tetap bisa mengandalkan bahasa Inggris. Bagaimanapun negara ini sudah menjadi tujuan penduduk dunia dan penduduk lokal pun mayoritas sudah menguasai bahasa Inggris.

Biaya Hidup di Qatar Desember 2023

Ringkasan biaya hidup di Doha, Qatar terutama untuk keluarga beranggotakan empat orang, perkiraan biaya bulanan adalah $3,187 (QAR 11,605) belum termasuk biaya sewa. Jika dirupiahkan, dengan kurs saat ini sekitar 49 juta rupiah. 

Sedangkan biaya hidup di Qatar untuk satu orang diperkirakan $898 (QAR 3.271) atau kisaran 14 juta rupiah. Belum termasuk biaya sewa.

Biaya Akomodasi di Qatar

Biaya sewa di Qatar dikenal sangat mahal. Menurut laporan terbaru dari Numbeo, Qatar adalah negara termahal keenam di dunia untuk urusan sewa properti. Jika ingin menyewa apartemen satu kamar tidur di pusat kota, biaya rata-ratanya adalah $3.900.

Jika ingin tinggal di apartemen atau vila yang lebih mewah, kita harus siap merogoh kocek lebih dalam lagi. Di West Bay, sewa bulanan rata-rata untuk apartemen tiga kamar tidur di distrik populer itu adalah $12.590.

Meskipun kedengarannya mengecilkan hati, tapi itu harga yang sebanding. Jika kita mampu membayar harga apartemen di Qatar minimal selama satu tahun, kita akan menikmati kenyamanan, kemewahan, dan keindahan arsitektur Qatar. Itu adalah sesuatu yang tidak akan kita lupakan dalam waktu dekat.

Selain itu, kita selalu dapat mencoba peruntungan dengan sistem lotere perumahan Qatar, di mana penduduk diberi kesempatan untuk memenangkan rumah dengan harga yang sangat murah.

Harga Makanan di Qatar

Memang benar menyewa akomodasi di Qatar itu mahal, tapi tidak dalam hal makanan. Di negara ini, makanan relatif murah dibandingkan dengan negara lain yang biaya hidupnya hampir sama.

Jika kita ingin membuat pizza mozzarella di rumah, kita mungkin ingin membeli tepung, saus tomat, bawang, dan keju mozzarella.

Di Qatar, harga masing-masing bahan tersebut rata-rata $8,00. Sebagai perbandingan, di Swiss, makanan yang sama akan dikenakan biaya $9,50 dandi Norwegia, biayanya $10,00.

Oh, dan jika kamu ingin membeli beberapa minuman di supermarket, sumber kami menunjukkan bahwa kita dapat membelanjakan $0,90 untuk sebotol air 2 liter, $1,25 untuk sebotol Coca-Cola 1,5 liter, dan $9,50 untuk 12- sebungkus bir.

Makan di Restoran Qatar

Kita selalu punya pilihan untuk memasak di rumah. Namun, saat ingin makan di luar, mencoba rasa baru dan bersosialisasi dengan wisatawan lain, ada banyak tempat enak yang bisa dipilih di Qatar.

Jika kamu mencari makanan cepat saji, makanan dari McDonald’s harganya $6,50, dan makanan Burger King yang besar harganya $7,50.

Jadi, kita tidak pergi jauh-jauh dari Amerika Serikat ke Qatar hanya untuk makan Big Mac. Saat kita menginginkan sesuatu yang sedikit lebih tradisional, pikirkan tentang Kabbalah, hidangan nasi dan daging yang lezat yang patut dicoba. Harga makanan di restoran Arab rata-rata $25.

Biaya Lain-lain

Ada biaya lain yang akan kita keluarkan selama tinggal di Qatar. Dalam contoh di bawah ini, jika kita memiliki anak, kita akan diminta untuk membiayai sekolah mereka. 

Penting untuk disadari bahwa meskipun sekolah swasta di Qatar mungkin lebih mahal, kemungkinan besar harganya lebih mahal daripada kebanyakan sekolah lain di Qatar.

Selain itu, jika kita memutuskan ingin memiliki mobil, kita harus membayar pendaftarannya, asuransinya, dan bahan bakarnya. Mereka semua akan bertambah dengan sangat cepat.

Saat kita memikirkan biaya pakaian, hiburan, dan waktu luang! Ada banyak kegiatan gratis di Qatar, seperti mengunjungi museum dan taman, namun ada juga beberapa hal yang mengharuskan kita membayar. Misalnya, tiket film di bioskop seharga $12, dan biaya masuk ke klub malam bisa sebesar $40.

Itu tadi sederet informasi mengenai biaya hidup di Qatar 2023. Artikel ini akan kami perbarui secara berkala untuk memastikan bahwa setiap pembaca mendapat informasi seakurat mungkin.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel