Biaya Hidup di Kazakhstan: Masihkah yang Termurah di Dunia? (Desember 2022)

Biaya Hidup di Kazakhstan: Masihkah yang Termurah di Dunia? (Desember 2022)

biaya hidup di kazakhstan

DAFTAR ISI

Setidaknya lima tahun lalu, medio 2017, Badan Analisa Economic Intelligence Unit (EIU) menempatkan Kazakhstan dengan kotanya bernama Almaty sebagai kota dengan biaya hidup termurah di dunia. Lalu, bagaimana saat ini? Apakah biaya hidup di Kazakhstan masih murah?

Seperti yang kita ketahui, bahwa biaya hidup di Singapura menjadi yang termahal di dunia menurut berbagai versi. Namun, di mana kita dapat menemukan kehidupan dengan biaya yang sangat murah? Kazakhstan mungkin masih masuk ke daftar ini namun bukan yang paling atas untuk sementara ini.

Kehidupan di Kazakhstan

Seorang penduduk lokal bernama Anel Moldakhmetova, berbagi kesan mengenai kehidupan di Kazakhstan melalui forum Quora. Dia menjabarkan bahwa kehidupan di Almaty, kota tempat ia tinggal selama lebih dari 25 tahun merupakan tempat yang sangat murah untuk tinggal.

Negara Kazakhstan secara umum memang bukan tujuan wisata yang populer. Namun, tidak bisa dilewatkan untuk menikmati kehidupan yang eksotis. Itu dapat dilihat dari arsitektur yang khas Kazakhstan diliputi aura pasca-soviet yang masih kental.

Di sini kita bisa melihat jajaran pegunungan Tian Shian yang sangat indah. Dengan hobi penduduk lokal maupun wisatawan yang gemar bermain ski dan snowboarding.

Benar bahwa Kazakhstan merupakan negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Ada banyak masjid di negara ini. Kendati demikian, janganlah kaget jika melihat banyak perempuan tidak menggunakan jilbab.

Informasi ini mungkin tidak begitu penting bagi sebagian orang, namun kamu yang selalu penasaran dengan paradoksial kehidupan akan menjumpai banyak hal unik yang layak untuk dikaji lebih lanjut.

Wisatawan mancanegara akan mendapat perlakukan yang spesial dari penduduk setempat. Mereka akan dengan senang hati mengajakmu berkeliling bahkan tanpa dibayar sekalipun. Cobalah untuk membangun kedekatan emosional dengan beberapa penduduk lokal dan rasakan sendiri keramahan mereka.

Dengan demikian, mungkin kamu tidak perlu lagi membayar tour guide. Dan, tentu saja bisa menghemat anggaran untuk biaya hidup di Kazakhstan.

Mata Uang Kazakhstan

Sejak tahun 1993, negara ini menggunakan mata uang Tenge Kazakhstan. Setelah sebelumnya mata uang rubel sebagaimana yang digunakan oleh negara-negara bekas Uni Soviet.

Wisatawan mancanegara tak perlu khawatir jika ingin bertransaksi di negara ini. Kazakhstan merupakan negara dengan sistem perbankan tercanggih di Asia Tengah.

Berbekal mata uang Euro maupun Dollar US kamu bisa menukarkannya di bank setempat yang buka hingga pukul 17.30. Dengan kurs tanggal 3 Desember 2022, (Kazakhstani tenge) KZT 1 sama dengan USD 0,0021 atau sekitar 33 ribu rupiah.

Untuk memudahkan perhitungan biaya hidup di Kazakhstan, selanjutnya kami akan menggunakan mata uang yang paling umum digunakan dunia internasional yakni Dollar Amerika Serikat.

Biaya Hidup di Kazakhstan

Bagaimanapun, biaya hidup di Kazakhstan sangat bergantung gaya hidup setiap orang. Setidaknya kita harus mempertimbangkan aspek paling penting, yakni akomodasi atau penginapan untuk tinggal, transportasi untuk mobilitas, dan tentu saja makanan.

Akomodasi

Apartemen bisa jadi opsi utama ketika kita ingin tinggal di Kazakhstan dan harganya pun bervariasi. Ini semua tergantung selera, gaya hidup, dan di mana tepatnya kota yang akan kita tempati. Lebih lenjut, simak table rata-rata harga sewa apartemen di Kazakhstan di bawah ini:

Sewa apartemen di KazakhstanHarga
Apartemen (1 kamar tidur) di Pusat Kota$302,34
Apartemen (1 kamar tidur) di luar Pusat$197,64
Apartemen (3 kamar tidur) di Pusat Kota$624,99

Makanan

Para penggemar kuliner pasti senang tinggal di Kazakhstan. Bahkan ketika makan di luar pun, mungkin kamu akan merasakan sensasi makan senyaman di rumah.

Selain itu, di sini kamu juga akan menemukan ragam kuliner khas negara lainnya. Bisa jadi lebih mahal terutama jika kamu memilih makanan khas Jepang dan Cina.

Hidangan berbahan dasar daging sapi lebih mahal daripada ayam sebagai bahan utama. Tentu saja, semakin berkelas restorannya, semakin mahal pula biaya makannya.

Makan siang atau makan malam yang layak di kafe atau makanan cepat saji rata-rata dapat berharga sekitar USD 6 sementara restoran yang lebih mewah mungkin mengenakan biaya sekitar USD 15-18.

Lebih rinci kami coba mengumpulkan daftar harga makanan di restoran murah saja. Simak tabel di bawah ini:

Makanan di Restoran Kazakhstan Harga
Makan (Restoran Murah)$5,33
Bir Domestik (0,5 Liter)$1,07
Air (0,33 Liter)$0,31

Selain makan di restoran, tentu makan di rumah bisa jadi lebih hemat. Jauh lebih hemat bahkan. Sehingga, biaya hidup di Kazakhstan jadi lebih murah. Berikut tabel makanan pada umumnya yang perlu kamu ketahui:

Bahan makanan di PasarHarga
Susu (1 Liter)$0,72
Roti Roti (500g)$0,25
Telur (12)$0,92

Transportasi

Dalam segi transportasi, kita tidak tidak punya banyak pilihan selain bus, kereta api, dan taksi yang juga tidak mencakup semua wilayah di Kazakhstan. Menyewa mobil mungkin jadi lebih baik untuk menjangkau semua wilayah namun biayanya cukup tinggi.

Sebagai pertimbangan, lihat tabel di bawah ini:

Tiket transportasi di KazakhstanHarga
Tiket sekali jalan$0,21
Tiket Bulanan$18,66
Bensin$0,44

Rekreasi

Perhitungan biaya hidup di Kazakhstan yang paling penting sudah kami sebutkan di atas. Yakni, akomodasi, makanan, dan tranportasi. Tapi, kami tidak ingin melewatkan poin lain yang juga penting yakni rekreasi.

Olahraga di gym atau pusat kebugaran lainnya, relatif mahal di nyaris semua tempat. Tapi ini di Kazakhstan, masih sangat murah dibanding negara lainnya.

Jika kita ingin pergi ke bioskop, tiket untuk satu kursi berharga sekitar $ 4 yang juga relatif murah untuk menonton film di sore hari yang menyenangkan. Simak tabel harga untuk rekreasi ringan di bawah ini:

Rekreasi ringan Harga
Klub Kebugaran, Biaya Bulanan untuk 1 Dewasa$45,24
Sewa Lapangan Tenis (1 Jam)$11,57
Bioskop, 1 Kursi, Rilis Internasional$4,00

Kesimpulan

Yupss! Apa yang kami ketahui tentang Kazakhstan sudah kami bagikan kepada kalian. Kesimpulannya, biaya hidup di Kazakhstan masih sangat murah meski bukan paling murah di dunia. Silakan atur jadwal terbaikmu untuk liburan, menempuh pendidikan, atau bahkan menetap menjadi penduduk di negara ini.

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 25 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut