Biaya Hidup di Italia 2022, Salah Satu yang Termurah di Eropa

Biaya Hidup di Italia 2022, Salah Satu yang Termurah di Eropa

Info mengenai biaya hidup di Italia. Mulai dari biaya makan, tranportasi dan tempat tinggal.
biaya hidup di Italia
Foto: Pixabay

DAFTAR ISI

Berapa biaya hidup di Italia? Informasi ini sangat penting baik untuk kamu yang ingin tinggal tetap, liburan, atau kuliah di Italia. Kami telah berusaha mengumpulkannya dari berbagai sumber penting.

Sebisa mungkin kami ingin menyampaikannya secara lengkap. Namun, jika kamu ingin jawaban cepat, paragraf kedua ini sudah cukup menjawab. Untuk biaya hidup di Italia 2022 per bulannya adalah sebesar 1500 Euro. Jika dirupiahkan dalam kurs rupiah hari ini (19 Juni 2022) sekitar 23 juta rupiah.

Detail Biaya Hidup di Italia 2022

Biaya hidup di Italia tentu saja bervariasi untuk setiap orang karena ini juga berkaitan erat dengan gaya hidup. Untuk itu, kami telah membaca dan merangkum cerita beberapa orang yang sudah tinggal di Italia.

Jika kamu memiliki energi lebih, kamu juga bisa mencarinya di google dengan kata kunci pengalaman tinggal di Italia. Sebaiknya, menuliskannya juga dengan bahasa Inggris agar semakin banyak referensi yang kamu dapatkan.

Di awal sudah disebutkan rata-rata dana yang harus disiapkan untuk hidup di Italia. Tepatnya di tahun 2022. Di bawah ini, kami coba mengklasifikasikannya untuk beberapa kota.

  • Biaya hidup di kota utama Italia: biaya hidup di Milan, Roma, Bologna, Firenze, Verona atau kota-kota besar lainnya lebih tinggi. Jika kamu berencana untuk datang ke salah satu tempat ini sebaiknya menambahkan sekitar 400 Euro.
  • Biaya hidup yang murah di Italia: Tempat tinggal termurah di Italia adalah kota-kota kecil di selatan negara itu.

Harga Makanan di Italia

Italia adalah kota dimana pizza dan banyak jenis kuliner lainnya berasal sebelum kemudian mendunia. Dalam mempertimbangkan biaya hidup, harga makanan juga poin penting yang harus kita ketahui.

Sekali makan di restoran sederhana, kamu perlu mengeluarkan kocek kisaran 15 Euro. Sedangkan jika di restoran kelas menengah, untuk dua orang biasanya dipatok dengan harga sekitar 60 Euro dan siapkan 2 Euro jika ingin menambah Cappucino.

Beberapa pasangan yang hidup di Italia mengatakan kamu hanya perlu menyiapkan dana sekitar 450 Euro untuk biaya makan per bulan. Dengan catatan lebih banyak makan di rumah dan setidaknya dua kali seminggu makan di restoran menengah.

Harga Sewa Rumah di Italia

hidup di italia
Foto: Pixabay

Perlu diketahui, bahwa birokrasi sewa rumah di Italia bukan perkara mudah. Pasalnya, setidaknya kamu harus mengontrak minimal selama dua tahun. Tentu itu nominal yang sangat besar.

Akan tetapi, itu bukan berarti tidak mungkin dengan catatan kita harus berupaya lebih keras mencari bantuan. Cobalah untuk mencari informasi pada warga setempat dimana kamu ingin tinggal. Apakah mereka atau kenalannya memiliki kamar untuk disewa.

Saat ini, paling mudah adalah menggunakan platform AirBnb. Ini adalah platform yang mempertemukan antar pemilik rumah yang ingin menyewarkan kamarnya kepada pelancong maupun pelajar. Rata-rata biaya sewa tempat tinggal di Italia adalah 570 Euro per bulan.

Biaya Transportasi di Italia

Selain informasi makanan dan biaya sewa tempa tinggal, biaya Transportasi di Italia juga penting untuk kamu ketahui. Seperti kebanyakan negara maju di Eropa yang telah mapan secara infrastruktur, rasanya kamu tidak perlu memiliki kendaraan pribadi jika ingin tinggal di Italia.

Kamu hanya perlu menyiapkan dana sebesar 50 Euro setiap bulannya. Ini termasuk jika kamu berencana tinggal di Milan sebagai salah satu kota yang padat. Biaya ini digunakan untuk membeli kartu bulanan yang bisa kamu gunakan selama menggunakan transportasi umum.

Namun, jika kamu ingin tinggal di kota kecil di Italia yang terbaik adalah sepeda. Kamu bisa membeli sepeda seharga 80 Euro dan menggunakannya untuk berkeliling kota. Jika sudah ingin pindah, tidak sulit menjualnya kembali ke pelancong lain ataupun warga setempat.

Itu setidaknya beberapa aspek penting mengenai biaya hidup di Italia. Dana sebesar 1400 Euro atau sekalian dibulatkan sebesar 1500 Euro sudah termasuk kemungkinan kamu ingin berjalan atau menikmati anggur di akhir pekan.

Sekali lagi, seberapa besar total biaya hidup di Italia akan sangat bergantung pada gaya hidup kamu. Tapi, kebanyakan orang sepakat kalau Italia adalah tempat yang bagus bagi mereka yang ingin memiliki kualitas hidup yang baik tanpa menghabiskan banyak uang.

Untuk referensi lainnya, kamu bisa membaca artikel kami berjudul ‘negara dengan biaya hidup termurah di Eropa’. Cukup untuk menjadi gambaran jika kamu berencana berkeliling eropa atau menempuh pendidikan berkualitas di sana.

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 25 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut