Biaya Hidup di Belanda untuk Pelajar Internasional (Desember 2022)

Biaya Hidup di Belanda untuk Pelajar Internasional (Desember 2022)

biaya hidup di belanda

DAFTAR ISI

Berapa biaya hidup di Belanda? Kami telah mengumpulkan semua biaya yang perlu disiapkan seorang pelajar yang berencana pergi menempuh pendidikan di negara kincir angin ini.

Sebagaimana yang umum diketahui, Belanda adalah tempat yang sangat baik untuk belajar. Pasalnya, di negara ini terdapat beberapa universitas tertua dan terbaik di dunia yang menjadikannya sebagai tujuan paling populer untuk mengejar gelar sarjana, magister maupun doktoral.

Lalu, berapa biaya hidup di Belanda yang perlu diketahui pelajar internasional?

Ikhtisar Biaya Hidup di Belanda untuk Pelajar

Menurut QS World University Ranking 2022, setidaknya ada sembilan universitas di Belanda yang berada di peringkat 200 teratas di dunia. Dua di antaranya adalah UvA University of Amsterdam (55) dan Delft University of Technology (57) yang ada dalam daftar 100 teratas. 

Universitas di Belanda menyediakan berbagai alternatif kursus, yang sering diberikan bersamaan dengan program gelar, program sertifikat, atau seri pengembangan profesional. 

Ada berbagai poin yang membentuk total pengeluaran per bulan di Belanda. Di bawah ini adalah perhitungan secara umum biaya yang perlu disiapkan ketika tinggal di Belanda. Selanjutnya, setiap aspek akan dibahas lebih detail lagi.

AspekTotal dalam EuroTotal dalam Rp (Kurs 3/12/22)
Akomodasi (Tempat tinggal)€500 – €10008.012.000-16.024.000
Makanan & Bahan Makanan€200 – €3003.204.800-4.807.000
Tranportasi€30- €40480.720-640.960
Tagihan rumah tangga€40 – €50640.960-801.200
Hiburan€30- €50480.720-801.200
Aneka ragam€100 – €3001.602.400-4.807.000
tabel biaya hidup di Belanda

Jadi, biaya hidup di Belanda dalam rupiah sekitar14-27 juta rupiah per bulan atau kisaran 900 EUR-1740 EUR. Apa aspek terpenting yang perlu diperhatikan saat menghitung biaya hidup bagi pelajar di Belanda? Berikut ulasannya.

Berapa Harga Sewa Apartemen di Belanda?

Di Belanda, akomodasi mewakili porsi terbesar dari biaya hidup. Ini menyumbang sebagian besar anggaran yang harus kita siapkan. 

Kendati demikian, jika kamu adalah pelajar maka ada lebih banyak akomodasi untuk dipilih. Mulai dari apartemen individu, perumahan komunal, asrama, asrama universitas, dan apartemen bersama. 

Jenis akomodasi yang paling disukai untuk pelajar internasional adalah perumahan mahasiswa atau apartemen. Rata-rata kamar di Belanda berharga antara € 300 dan € 600 per bulan. 

Besaran biaya tergantung pada kota tempat kita belajar, sebab biaya sewa biasanya sudah diatur oleh institusi pemerintah setempat. Perumahan di Amsterdam misalnya, lebih mahal daripada di kota-kota kecil seperti Enschede.

Berapa Harga Makanan di Belanda?

Sebagian besar institusi pendidikan tinggi menawarkan makanan panas dengan harga yang wajar. Semua kota memiliki pub (disebut eetcafés ) di mana kamu bisa mendapatkan makanan enak dengan harga terjangkau. 

Beberapa harga rata-rata makanan di Belanda:

  • Secangkir kopi/teh di kafe: € 3,00
  • Sandwich keju: € 4,00
  • Makan malam di restoran khas mahasiswa: € 12,50

Di kota-kota besar, kamu akan menemukan banyak restoran asing. Tapi cara termurah untuk makan adalah memasak sendiri. Dengan demikian, biaya hidup di Belanda jadi jauh lebih murah. 

Berikut harga makanan pokok jika kamu berencana lebih banyak makan di rumah:

  • Roti (1 bungkus): €1,88
  • 1 liter susu: €1,00
  • Ayam Filet (1 Kg): €8.00
  • 12 Telur: €1,95
  • Buah-buahan: €2,13
  • Sayuran: €1,19
  • Beras: €1,91
  • Keju Lokal (1 kg): €11,11

Biaya Transportasi

Kita dapat berkeliling kota dengan mudah menggunakan sepeda. Ini tidak hanya khas Belanda tetapi juga alat transportasi yang murah. 

Komuter dalam kota untuk bekerja atau untuk kelas adalah faktor yang perlu diperhitungkan ketika melihat biaya yang dikeluarkan per bulan. Ada berbagai diskon bagi mahasiswa ketika mereka pergi kuliah menggunakan bus atau kereta api yang bisa membuat biayanya sedikit lebih murah.

Jaringan perjalanan di Eropa terhubung dengan sangat baik dan mudah digunakan sehingga kebanyakan orang lebih memilih transportasi umum dibandingkan dengan mobil mereka sendiri. 

Jika kamu berencana menggunakan transportasi umum, tiket bus berharga sekitar € 2 untuk satu tarif di kota. Kamu dapat membeli kartu diskon 40% untuk tiket kereta api agar bisa tetap hemat bepergian di luar jam sibuk.

Kunjungi situs web kereta api Belanda untuk informasi lebih lanjut.

Hiburan

Meski tujuan kamu datang ke Belanda adalah untuk belajar bukan berarti kamu tidak ingin liburan, bukan? Poin ini tetap penting diperhitungkan. Beruntungnya, kamu bisa menggunakan diskon pelajar untuk menghemat pengeluaran.

Banyak bar, restoran, museum, dan bioskop memberikan diskon untuk pelajar. Sebagian besar meminta bukti berupa kartu pelajar dari universitas tempat kamu kuliah.

International Student Identity Card (ISIC) dapat memberi kita diskon untuk perjalanan, belanja, dan museum. Tidak hanya bagi pelajar lokal tapi juga untuk pelajar internasional.

Tagihan Rumah Tangga

Ketika tinggal di Belanda, sejumlah pengeluaran rumah tangga juga harus diperhatikan. Tagihan listrik, air, ponsel, dan utilitas lainnya harus dibayar tepat waktu. 

Memang, sebagian besar persewaan tempat tinggal biayanya sudah mencakup semua hal-hal ini, tetapi tidak semua. Kita tetap harus memperhitungkan biaya berbagai pengeluaran selama tinggal di Belanda. 

Untuk asuransi mungkin sedikit lebih murah jika siswa terdaftar di asuransi melalui universitas daripada perusahaan asuransi swasta. Ada banyak hal lain yang bisa dilakukan mahasiswa selain hanya belajar dan bekerja.

Aspek sosial kehidupan juga sangat penting bagi semua orang karena membantu membangun koneksi dan membantu kita bertemu banyak orang.

Bagaimana? Apakah informasi tentang biaya hidup di Belanda ini cukup membantu?

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 25 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut