3 Cagar Alam Terkenal di Singapura, Camping Gratis Juga Bisa!

3 Cagar Alam Terkenal di Singapura, Camping Gratis Juga Bisa!

cagar alam terkenal di singapura

DAFTAR ISI

Tahukah kamu kalau ada banyak cagar alam terkenal di Singapura? Ini menepis anggapan bahwa Singapura hanya dipenuhi dengan gedung-gedung pencakar langit yang megah.

Marina Bay Sands, Universal Studios Singapore, Merlion Park, dan Orchard Road, pasti kamu sudah tidak asing dengan nama-nama destinasi wisata populer di Singapura ini?

Jika kamu bosan dengan tempat-tempat tersebut, cobalah untuk datang ke cagar alam yang ada di Singapura. Apa saja? Simak artikel ini sampai selesai!

Daftar Cagar Alam Terkenal di Singapura

Bukit Timah Nature Reserve

cagar alam terkenal di singapura

Bukit Timah Nature Reserve memiliki daratan tertinggi di Singapura, yang dikenal sebagai Bukit Timah Hill. Bukit Timah Hill memiliki ketinggian sekitar 164 meter (538 kaki) di atas permukaan laut. Ini membuatnya menjadi salah satu tempat yang indah untuk melihat pemandangan kota Singapura dari ketinggian.

Meski berada di tengah kota, cagar alam satu ini memiliki jenis-jenis pohon langka. Selain itu, kekayaan fauna juga tak kalah menakjubkan. Ada monyet, kera, hingga burung endemik.

Di sini kita bersepeda, berkemah atau sekadar berjalan-jalan. Anak-anak pastilah sangat senang ada berada di Bukit Timah Nature Reserve yang menyediakan area piknik dan playgorund.

Bukit Timah Nature Reserve merupakan tempat yang cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati alam dengan santai dan mengenal lebih dekat tentang flora dan fauna Singapura.

Southern Ridges

cagar alam terkenal di singapura

Southern Ridges, sesuai namanya, terletak di sepanjang punggung bukit di selatan Singapura. Cagar alam satu ini terdiri dari beberapa taman yang saling terhubung, seperti Mount Faber Park, Telok Blangah Hill Park, HortPark, Kent Ridge Park dan Labrador Nature Reserve.

Dari tempat ini, kita bisa melihat pemandangan kota Singapura sekaligus hamparan laut biru yang indah. Southern Ridges tak jauh dari stasiun MRT dan bus sehingga memudahkan para pengunjung.

Sungei Buloh Wetland Reserve

Sungei Buloh Wetland Reserve adalah cagar alam yang terkenal di Singapura. Ini adalah kawasan ramsar yang terletak di barat laut Singapura dan menyajikan pemandangan alami yang indah dari hutan hujan tropis. Beberapa hal yang wajib diketahui tentang cagar alam ini adalah:

  1. Kebun binatang air: merupakan kawasan yang sangat cocok untuk melihat berbagai jenis burung air, ikan, dan reptil yang dapat ditemukan di sini, seperti burung-burung migrasi yang dapat ditemukan di sini.
  2. Aktivitas rekreasi: menyediakan berbagai aktivitas rekreasi seperti berjalan-jalan, bersepeda, berkemah, dan berfoto. Ada juga tersedia area piknik dan playground untuk anak-anak.
  3. Kekayaan flora dan fauna: menyajikan berbagai jenis flora dan fauna yang menakjubkan. Di sini, Anda dapat melihat berbagai jenis pohon, tumbuhan, dan hewan seperti monyet, kera, dan burung-burung endemik.
  4. Dapat dijangkau dengan mudah: Sungei Buloh Wetland Reserve mudah dijangkau dengan transportasi umum seperti bus dan MRT.
  5. Jam buka: buka setiap hari dari 5 pagi hingga 7 malam.
  6. Beberapa aktivitas yang dilarang di Sungei Buloh Wetland Reserve seperti merokok, membawa binatang peliharaan dan membuat api liar.

Informasi Tambahan

Semua tiga cagar alam yang disebutkan, yaitu Bukit Timah Nature Reserve, Southern Ridges, dan Sungai Buloh Wetland Reserve dapat diakses secara gratis. Namun, beberapa fasilitas mungkin memerlukan biaya tambahan seperti sewa sepeda atau biaya masuk ke beberapa area khusus dalam cagar alam.

Selain itu, jika kamu ingin mengambil bagian dalam tur atau aktivitas yang diatur oleh cagar alam, kamu mungkin perlu membayar biaya tambahan untuk itu. Tak perlu khawatir jika kamu hanya ingin berjalan-jalan atau berkemah di cagar alam, ini semua bisa dilakukan secara gratis.

Pastikan selalu cek website resmi dari cagar alam yang akan dikunjungi, atau mengecek dengan pihak yang berwajib dari cagar alam untuk memastikan apakah ada biaya tambahan yang dikenakan dan fasilitas yang tersedia.

Itu tadi informasi-informasi penting mengenai cagar alam terkenal di Singapura. Faktanya, Singapura tidak hanya berisi gedung tinggi atau pusat perbelanjaan. Di sini pemandangan alam juga bisa dinikmati. Apakah kamu tertarik untuk mengunjunginya?