10 Cara agar Biaya Liburan ke Swiss Jadi Lebih Murah

10 Cara agar Biaya Liburan ke Swiss Jadi Lebih Murah

Ada banyak cara untuk menghemat pengeluaran saat kamu memutuskan untuk berlibur di negara yang indah ini.
biaya liburan ke swiss

DAFTAR ISI

Biaya liburan ke Swiss mahal? Info ini banyak tersebar tapi tidak sepenuhnya benar. Padahal, ada banyak cara untuk menghemat budget traveling jika kamu memutuskan untuk berkunjung ke negara penuh keindahan ini. 

Kenapa Harus Berkunjung ke Swiss?

Kita mungkin sempat berpikir tidak akan pernah mampu melakukan perjalanan ke Swiss tanpa menghabiskan tabungan pensiun karena kekhawatiran akan biaya liburan ke Swiss yang mahal. Namun terlepas itu, jauh di lubuk hati, tidakkah kamu masih ingin pergi ke sana?

Ada banyak alasan untuk pergi ke Swiss. Kita pernah mendengar tentang pemandangan yang menakjubkan, rasa coklat Swiss yang melekat di lidah, atau aroma beragam pilihan keju yang tak ada habisnya. 

Belum lagi keinginan untuk melihat Pegunungan Alpen dari dekat. Rasanya sulit untuk membendung hasrat untuk mengemas barang-barang sekarang juga.

Biaya Liburan Ke Swiss 2022

Kami berasumsi bahwa kamu sudah memiliki password dan visa sehingga poin ini tidak perlu dimasukkan dalam budget. Termasuk biaya asuransi kesehatan dan aspek fundamental lainnya.

Sedangkan untuk tiket pesawat, penerbangan untuk pulang dan pergi Indonesia-Swiss setidaknya perlu menyiapkan dana sebesar 11 juta rupiah. Tentu kamu bisa memantau promo untuk menekan biaya ini.

Nah selanjutnya, bagaimana dengan biaya liburan ke Swiss selama kita tinggal di negara tersebut? 

Perihal biaya hidup yang mencakup konsumsi, akomodasi, dan transportasi tidak ada patokan khusus. Sebab, ini berkaitan erat dengan gaya hidup setiap pelancong. 

Lebih rinci mengenai biaya liburan ke Swiss, kami akan membagikan tips-tips agar kamu bisa traveling dengan anggaran seminimal mungkin. Percayalah bahwa tips ini juga berlaku di negara yang terkenal memiliki biaya hidup tinggi seperti Swiss.

10 Tips Hemat Biaya Liburan Ke Swiss

Gunakan Transportasi Umum, Gratis!

Jika kita tinggal di Bern, Lucerne, Basel , Jenewa atau Lausanne, kita dapat menggunakan transportasi umum lokal secara gratis. Menginap di kanton-kanton tersebut berarti kamu akan mendapat tiket transportasi gratis selama berada di sana. 

Tidak hanya di tiga kanton. Kanton Ticino baru-baru ini juga ikut mengadopsi konsep ini sehingga bukan tidak mungkin kanton-kanton lainnya ikut menerapkan.

Setiap pengunjung yang menghabiskan setidaknya satu malam di empat kanton ini, akan menerima tiket gratis berbagai sarana transportasi. Mulai dari bus, kereta api serta diskon untuk kereta gantung, kapal, dan aktivitas tertentu.

Jadi, di manapun kita parkir pada malam hari, pastikan kita menghubungi resepsionis untuk mendapatkan tiket gratis.

Jangan Membeli Paket Tiket Perjalanan

Ini sangat tidak dianjurkan bagi traveler yang dananya tipis atau juga ingin lebih bebas dalam melakukan perjalanan. Paket tiket perjalanan bisa menjadi nilai uang yang luar biasa jika kita akan menggunakan transportasi umum. Angkanya bisa tidak masuk akal.

Untuk menghindari pemborosan dana pada sesuatu yang tidak kita butuhkan, sisihkan waktu untuk mencermati rute perjalanan kita sendiri. Untuk memilih kecocokan terbaik kita saat membeli tiket perjalanan, cobalah menjawab pertanyaan berikut setepat mungkin:

  • Ke mana tepatnya kita ingin pergi? Tempat apa yang ingin kamu lihat?
  • Apakah kita akan menempuh jarak jauh atau sebagian besar tinggal di area yang sama?
  • Seberapa sering kita akan menggunakan transportasi umum? Setiap hari? Hanya sekali atau dua kali selama masa tinggal kita?
  • Selain Swiss, apakah kita bepergian ke negara Eropa lainnya?

Gunakan Sepeda Kayuh Gratis

Jika pergi ke Zurich, Bern, Jenewa, Neuchâtel, Zug, atau Kanton Valais, kita siap untuk memanjakan diri. Tempat-tempat itu menawarkan sepeda gratis.

Beberapa untuk beberapa jam, beberapa untuk sepanjang hari dan beberapa bahkan lebih lama. Bawa ID kita dan 20 CHF untuk deposit. Dana ini akan dikembalikan setelah kamu mengembalikan sepeda yang kamu pinjam.

Di kota-kota lain menyewakan sepeda juga, tetapi tidak gratis. Tergantung pada rencana perjalanan kita, mungkin masih lebih murah daripada membayar transportasi umum.

Mengurus Semua Keperluan Sendiri

Kecuali jika kita sangat ingin, kita tidak perlu memesan paket tour untuk menjelajahi Swiss. Dengan transportasi umum yang efisien dan berlimpah, kita akan kesulitan menemukan tempat yang tidak dapat diakses dengan bus, kereta api, atau perahu.

Bus dan kereta sering beroperasi, jadi jangan khawatir terjebak di antah berantah. Namun, jika kita pergi ke tempat-tempat yang lebih terpencil, periksa kembali jadwalnya agar aman.

Gunakan Koneksi yang Ada

Tidak ada yang meringankan tekanan pada dompet backpacker seperti tinggal bersama seorang teman. Menghemat 30 – 40 CHF untuk akomodasi setiap malam cukup untuk membayar Swiss Travel Pass yang lengkap.

Dan dengan negara Swiss yang sekecil ini, kita dapat melakukan perjalanan sehari ke hampir setiap sudut negara.

Jika kita tidak memiliki siapapun yang dapat kita hubungi, cobalah Couchsurfing sebagai gantinya. Ini lebih umum daripada yang kita harapkan dan ini adalah cara yang fantastis untuk berhubungan dengan penduduk setempat.

Tidur di Atas Sapi

Percaya atau tidak, tapi ini ada. Asalkan kita tidak alergi terhadap jerami, tidur di atas jerami membuat kita bangun untuk malam yang tidak biasa. Apalagi jika kita senang bertualang dan bepergian dengan sleeping bag.

Agrowisata adalah tempat yang baik untuk mencari liburan Swiss dengan nuansa pertanian – Harga berkisar antara 25 – 35 CHF per orang, yang kira-kira sama atau bahkan lebih murah dari motel.

Harga tersebut sudah termasuk dengan sarapan gratis. Omong-omong, beberapa tempat juga memungkinkan kita mendirikan tenda sendiri dengan sedikit biaya. Dengan demikian, biaya liburan ke Swiss jauh lebih murah dari yang kita kira.

Mari Menjadi Koki untuk Diri Sendiri

Makan malam di restoran perlu mengeluarkan biaya setidaknya 20 – 30 CHF. Jika beruntung, kita mungkin bisa makan enak dengan 15 – 20 CHF. Tergantung keberuntungan.

Akan tetapi, memasak makanan sendiri jauh lebih terjangkau. Bergantung pada seberapa banyak bahan makanan yang kita gunakan, kita bisa bertahan dengan 60 – 80 CHF seminggu untuk bahan makanan.

Bahkan mungkin lebih murah jika kita mengurangi beberapa bahan. Tapi, anggaran setidaknya 50 CHF sudahlah cukup. Terlebih jika kamu berbelanja di supermarket seperti Migros, Coop, Denner, Aldi dan Lidl yang merupakan teman terbaik semua pelancong.

Beli Roti yang Hampir Kadaluarsa tapi Tidak Kadaluarsa

Sebuah konsep baru yang disebut Assbar telah berakar di Swiss. Untuk melawan pemborosan makanan, orang-orang ini mengumpulkan toko roti apa pun yang tidak bisa dijual di siang hari dan menawarkannya dengan setengah harga keesokan harinya.

Hasilnya, kita bisa mendapatkan kue kering, roti gulung, sandwich, dan roti gulung sosis dengan diskon besar-besaran. Kita dapat menemukan toko Assbar di St. Gallen, Winterthur, Zurich, Bern, Friborg dan Basel.

Camilan Gratis

Dan pasar petani adalah tempat yang sangat baik untuk mengambil sampel gratis dari waktu ke waktu.

Meskipun kita mungkin tidak akan mendapatkan makanan lengkap dari ini, mencicipi kerupuk gratis, zaitun, roti, sepotong keju atau kue sesekali adalah cara sempurna untuk mengatasi keinginan mengidam di pagi atau sore hari.

Pabrik coklat juga membagikan sampel tetapi karena mereka membuat kita membayar masuk sebaiknya jangan. Namun, pabrik biskuit Kambly di Trubschachen memungkinkan kita mencicipi makanan sampai perut kita meledak. Tanpa biaya tambahan.

Tetap Dengan Aktivitas Gratis

Biaya liburan ke Swiss bisa sangat ditekan jika kita tetap pada jalur melakukan aktivitas gratis. Coba ingat lagi apa yang sudah kami sampaikan di atas tentang alasan mengapa pergi ke Swiss. 

Menikmati pemandangan hamparan rumput hijau? Melihat aktivitas petani dan peternak? Mendaki gunung? Bermain di danau?

Ingatlah bahwa semua ini bisa kamu nikmati tidak hanya di Swiss sebab ini merupakan karya Tuhan yang tersebar di muka bumi dan kamu bisa merasakannya secara gratis. Berikut adalah beberapa hal gratis yang dapat dilakukan di Swiss:

  • Bergabunglah dengan tur jalan kaki gratis di berbagai kota di seluruh negeri.
  • Habiskan waktu berkualitas dengan beruang di Bern.
  • Kunjungi taman margasatwa gratis di Zurich, Aarau, Winterthur, St. Gallen, Interlaken, dan banyak tempat lainnya.
  • Kunjungi kota tua, gereja, dan museum gratis.
  • Kunjungi pabrik keju Appenzeller di Stein dan isi wajah kita dengan sampel gratis.
  • Bergabunglah dengan tur Bundeshaus (Gedung Parlemen) di Bern.
  • Berjalan-jalan melalui kebun raya dan taman.
  • Pergilah ke Schaffhausen dan kunjungi Air Terjun Rhine, air terjun terbesar di Eropa.
  • Berenang menyegarkan di danau.
  • Mendaki sampai kaki kita jatuh. 

Lagi pula, hal-hal inilah yang membuat Swiss terkenal, bukan? Jadi bagaimana, apakah anggapanmu tentang biaya liburan ke Swiss itu mahal sudah berubah? Sekarang tentukan jadwal yang paling tepat untuk memesan tiket ke sana. 

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 25 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut