Pesona Phnom Aural, Gunung Tertinggi di Kamboja

Pesona Phnom Aural, Gunung Tertinggi di Kamboja

gunung tertinggi di kamboja

DAFTAR ISI

Pernahkah kamu mendengar tentang Phnom Aural? Ini adalah gunung tertinggi di Kamboja yang punya sejumlah keindahan.

Kamboja ternyata adalah salah satu negara yang memiliki kekayaan alam dan sumber daya alam yang melimpah. Gunung tertinggi di Kamboja, gunung Phnom Aural, bahkan terkenal sebagai salah satu tempat mendaki gunung di Asia Tenggara.

Nama Kamboja pada awalnya tidak diakui resmi secara internasional. Negara ini bernama asli Rath Kampuchea atau Republik Rakyat Kampuchea. Pada kudeta yang terjadi di tahun 1970, nama negara ini pun diubah menjadi Negara Kamboja.

Saat ini Kamboja menjadi negara mayoritas Budha yang kepala pemerintahannya dipimpin oleh Perdana Menteri. Kamboja memiliki sejumlah tempat dan tujuan wisata yang menarik bagi para wisatawan baik domestik maupun internasional.

Gunung Phnom Aural adalah gunung tertinggi Kamboja yang masuk dalam gugusan pegunungan Cardamom. Letaknya berada di bagian barat Kamboja tepatnya pada kawasan Aoral, Provinsi Speu. Berikut informasi mendetail tentang gunung Phnom Aural.

Kondisi Geografis Gunung Phnom Aural

Gunung Phnom Aural adalah gunung dengan ketinggian 1.813 meter di atas permukaan laut. Di sekitar rute pendakian gunung ini dihuni oleh para penduduk desa. Kamu bisa menjumpai penduduk desa yang ramah selama melakukan pendakian gunung di sini.

Mengunjungi dan menempuh rute gunung Phnom Aural membuat kamu bisa menemukan sebuah danau yang terkenal di Kamboja. Danau Tonle Sap adalah sebuah danau di Kamboja yang sekaligus menjadi danau terbesar di Asia Tenggara.

Ternyata dataran tertinggi danau Tonle Sap berada di kawasan pegunungan gunung Phnom Aural. Lalu bagaimana sih cara kita bisa sampai ke Gunung tertinggi di Kamboja ini?

Rute Menuju Gunung Phnom Aural

Untuk menuju Gunung Phnom Aural di Kamboja, kita dapat mengambil penerbangan ke bandara Phnom Penh, lalu menyewa mobil atau mengambil bus dari kota tersebut ke Provinsi Kandal.

Dari sana, kita dapat mengambil transportasi lokal ke desa paling dekat dengan gunung dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau menyewa perahu untuk sampai ke base camp.

Sebelum melakukan perjalanan, disarankan untuk mengecek kondisi jalan dan cuaca gunung, serta mempersiapkan diri dengan baik untuk menghindari risiko kecelakaan.

Pesona Gunung Phnom Aural

Gunung Phnom Aural memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi tujuan wisata alam yang menarik bagi pendaki dan pecinta alam. Salah satu kelebihannya adalah pemandangan yang indah dari puncak gunung, yang menawarkan panorama hutan hujan tropis, danau, danau dan lembah yang indah.

Tidak hanya gunung tertinggi di Kamboja. Gunung Phnom Aural juga merupakan habitat bagi berbagai jenis satwa liar dan burung, sehingga merupakan tempat yang cocok untuk melakukan kegiatan bird watching.

Pendakian di Gunung Phnom Aural

Ada beberapa jalur pendakian yang dapat diakses oleh pendaki dengan berbagai tingkat keahlian, mulai dari pendakian yang mudah hingga yang lebih sulit. Gunung Phnom Aural menawarkan pengalaman yang berbeda dari pendakian di gunung lainnya.

Jika kamu berencana melakukan pendakian di Gunung Phnom Aural, kamu memerlukan persiapan dan kondisi fisik yang baik. Sebab, medan di sini cukup ekstrem dan cuacanya sering berubah.

Pendakian dapat dilakukan dari beberapa base camp yang berbeda, namun base camp yang paling umum digunakan terletak di desa Thma Damrey. Dari sini, pendaki akan menempuh jalur pendakian yang berkelok-kelok dan berbatu, dengan beberapa bagian yang cukup steep dan menantang.

Pendakian ke puncak Gunung Phnom Aural dapat dilakukan dalam waktu sekitar 2-3 hari, dengan perjalanan dari base camp ke puncak dan kembali pos masuk. Selama pendakian, pendaki akan melewati hutan hujan tropis yang rimbun dan menyaksikan pemandangan yang indah dari lembah dan danau di sekitarnya.

Sekali lagi perlu diingat bahwa kondisi cuaca di Gunung Phnom Aural dapat berubah secara tiba-tiba dan cepat, oleh karena itu penting untuk selalu mempersiapkan peralatan untuk cuaca buruk.

Sangat disarankan untuk menggunakan jasa pemandu yang berpengalaman. Pemandu akan membantu Anda untuk menentukan jalur yang tepat, serta memberikan dukungan dan bantuan yang diperlukan selama perjalanan.