Cara Membilas Hidung dengan Teknik Irigasi Nasal

Cara Membilas Hidung dengan Teknik Irigasi Nasal

Teknik Irigasi Nasal

DAFTAR ISI

Sediksi – Sering mengalami hidung tersumbat, tekanan sinus, atau alergi? Jika ya, mungkin kamu dapat mencoba dan merasakan manfaat dari teknik sederhana dan alami yang disebut teknik irigasi nasal.

Irigasi nasal adalah praktik membersihkan saluran hidung dengan larutan garam untuk mengeluarkan lendir, kuman, alergen, dan zat iritan lainnya. Ini dapat membantu kamu bernapas lebih lega, meredakan gejala sinus, dan mencegah infeksi.

Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan apa itu teknik irigasi nasal, bagaimana cara kerjanya, apa saja manfaatnya, dan bagaimana cara melakukannya dengan aman dan efektif.

Apa itu Teknik Irigasi Nasal?

Cara Membilas Hidung dengan Teknik Irigasi Nasal - Nasal Irrigation
Image from Cabothealth

Teknik irigasi nasal juga dikenal sebagai nasal douche, atau bilas sinus. Ini melibatkan penggunaan alat seperti neti pot, botol semprot, spuit bola, atau Waterpik untuk mengirimkan larutan garam ke salah satu lubang hidung dan membiarkannya mengalir keluar dari lubang hidung lainnya.

Larutan garam dapat dibeli sebagai produk jadi atau dibuat di rumah dengan air suling dan garam. Tujuan dari teknik irigasi nasal adalah untuk membersihkan lendir dan kotoran berlebih yang dapat menumpuk di hidung dan sinus akibat berbagai kondisi seperti alergi, pilek, flu, sinusitis.

Apa Saja Manfaat Teknik Irigasi Nasal?

Irigasi nasal memiliki banyak manfaat bagi orang yang menderita masalah hidung atau sinus. Beberapa manfaatnya antara lain:

  • Melembapkan jaringan hidung dan sinus, sehingga meningkatkan kekebalan hidung.
  • Membantu mengurangi sumbatan hidung dan sinus untuk memudahkan bernapas.
  • Meredakan tekanan dan nyeri sinus.
  • Meningkatkan efektivitas semprotan hidung berobat (jika dilakukan 10-15 menit sebelum obat).
  • Mencegah atau mengobati infeksi dengan membersihkan patogen seperti bakteri dan virus.
  • Mengurangi peradangan dan iritasi dengan menghilangkan alergen seperti serbuk sari, debu, dan bulu hewan.
  • Meningkatkan indera penciuman dan pengecap dengan membersihkan reseptor penciuman.

Bagaimana cara melakukan irigasi nasal?

Irigasi nasal adalah prosedur yang sederhana dan aman yang dapat dilakukan di rumah. Namun, ada beberapa tindakan pencegahan yang perlu diikuti untuk menghindari komplikasi seperti infeksi atau cedera.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan irigasi nasal dengan benar:

Siapkan larutan irigasi nasal

Jika kamu menggunakan produk jadi, ikuti petunjuk pada kemasannya. Jika mau membuat larutan sendiri, gunakan air suling atau air yang telah direbus selama minimal tiga menit (dan kemudian didinginkan) untuk mencegah kuman masuk ke hidung.

Kamu juga dapat menggunakan air steril atau garam fisiologis yang dijual di apotek. Campurkan satu sendok teh garam (sebaiknya tanpa yodium dan tanpa tambahan) dan satu sendok teh baking soda dalam satu cangkir air.

Suaikan jumlah garam sesuai dengan preferensi. Beberapa orang mungkin merasa lebih nyaman dengan garam lebih sedikit, sementara yang lain mungkin membutuhkan garam lebih banyak untuk hasil yang lebih baik.

Siapkan wadahnya

Tuangkan larutan garam ke dalam wadah yang akan digunakan untuk membilas hidung. Jika kamu menggunakan neti pot, pastikan corongnya pas dengan lubang hidung.

Jika menggunakan botol semprot, spuit bola, atau Waterpik, pastikan ujungnya bersih dan lembut pada lubang hidung .

Posisikan diri

Miringkan tubuh ke atas wastafel atau berdiri di bawah shower dan miringkan kepala ke satu sisi. Bernapaslah melalui mulut dan biarkan mulut terbuka selama prosedur.

Mulai irigasi

Masukkan corong atau ujung wadah ke lubang hidung atas dan perlahan tuangkan atau semprotkan larutan ke hidung. Larutan harus mengalir keluar dari lubang hidung bawah dan ke saluran pembuangan.

Kamu mungkin merasakan sedikit tekanan atau kesemutan di hidung, tetapi tidak seharusnya sakit. Jika merasakan ketidaknyamanan, berhenti dan sesuaikan sudut kepala atau kekuatan larutan.

Ganti sisi

Setelah membilas satu lubang hidung, tiup hidungmu dengan lembut untuk membersihkan larutan atau lendir yang tersisa. Kemudian ulangi langkah yang sama pada lubang hidung lainnya.

Bersihkan

Setelah membilas kedua lubang hidung, tiup hidung lagi untuk mengeluarkan larutan atau lendir yang tersisa. Bilas mulut dengan air untuk menghilangkan rasa asin. Bersihkan wadah dengan sabun dan air dan biarkan kering sepenuhnya sebelum menyimpannya.

Itulah dia ulasan mengenai teknik irigasi nasal. Teknik ini adalah cara alami dan efektif untuk meningkatkan kesehatan hidung dan sinus. Ini dapat membantu kamu bernapas lebih lega, meredakan gejala sinus, dan mencegah infeksi.

Namun, penting untuk mengikuti teknik dan tips keamanan yang tepat untuk menghindari komplikasi apa pun. Jika kamu memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang irigasi nasal, konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan sebelum mencobanya.

Saya harap kamu menikmati membaca artikel ini dan belajar sesuatu yang baru tentang irigasi nasal. Sekian, terimakasih!

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel