5 Cara Menghilangkan Bibir Hitam Secara Alami, Merona Lagi!

5 Cara Menghilangkan Bibir Hitam Secara Alami, Merona Lagi!

Cara menghilangkan bibir hitam secara alami

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Seiring waktu, bibir bisa menjadi lebih hitam karena mengonsumsi rokok dan kafein. Sebetulnya, banyak pula penyebabnya.

Sebagai upaya menghilangkan bibir hitam, sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan, termasuk dengan cara alami.

Sebelum kamu menemukan cara menghilangkan bibir hitam secara alami pada artikel ini lebih jauh, simaklah terlebih dahulu penyebab bibir hitam lainnya.

Penyebab bibir hitam

Dilansir dari healthline, bibir berwarna hitam bisa jadi akibat hiperpigmentasi. Ini merupakan kondisi yang tidak berbahaya, biasanya disebabkan karena kelebihan melanin. Hiperpigmentasi bibir dapat disebabkan berikut ini:

  • Paparan sinar matahari yang berlebihan
  • Kurangnya hidrasi
  • Merokok
  • Reaksi alergi terhadap pasta gigi, lipstik, dan lainnya
  • Terlalu banyak mengonsumsi kafein
  • Mengisap bibir

Penyebab dari bibir hitam tersebut dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup, seperti mulai rutin menggunakan tabir surya, membatasi asupan kafein, atau mengganti merek pasta gigi. Mengurangi rokok, atau bahkan berhenti sama sekali juga amat dianjurkan.

Selain itu, bibir hitam juga bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti, kemoterapi, anemia, kekurangan vitamin, penggunaan florida yang berlebihan.

Cara menghilangkan bibir hitam secara alami

Cara menghilangkan bibir hitam secara alami ini bisa dilakukan untuk membuat kondisi bibir tampak lebih cerah. Tentu, bahan-bahan alami bisa ditemukan tanpa repot. Lebih aman pula.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bibir hitam terjadi akibat hiperpigmentasi. Melakukan perawatan laser dan penggunaan bahan kimia dapat digunakan untuk mengatasi hiperpigmentasi bibir.

Kabar baiknya, kamu tidak perlu melakukannya jika merasa takut, tidak yakin dan tentunya membutuhkan banyak biaya. Cukup dengan menemukan pencerah bibir alami yang sesuai dengan kebutuhan bibir.

Ada beberapa bahan natural yang bisa diolah dan digunakan sebagai cara menghilangkan bibir hitam secara alami.

Apa saja bahannya?

Jeruk Lemon

5 Cara Menghilangkan Bibir Hitam Secara Alami, Merona Lagi! - top view fresh ripe lemons wicker basket black with copy space
stockking/freepik

Dalam sebuah studi yang ditulis oleh Kenroh Sasaki dan Fumihiko Yoshizaki pada tahun 2002 berjudul Biological and Pharmaceutical Bulletin, menunjukkan bahwa kulit buah jeruk dapat bertindak sebagai melanin.

Melamin inilah yang dapat memberikan pigmen warna juga menyebabkan perubahan warna bibir.

Cara mengaplikasikannya, gunakanlah setiap malam hari sebelum tidur. Potong lemon dan gosokkan bagian yang berair dengan lembut pada bibir. Keesokan paginya, bilas bibir dengan air dingin. Ulangilah langkah tersebut secara rutin di setiap malam sampai terlihat hasilnya. Mungkin membutuhkan waktu sekitar 30 hari.

Lemon dan gula

Cara lain dalam menghilangkan bibir hitam bisa dilakukan dengan lemon dan gula. Lakukanlah sebelum tidur, potong irisan lemon dan celupkan ke dalam gula. Lalu, gosok bibir dengan lemon bergula tersebut. Keesokan paginya, bilaslah bibir dengan air hangat.

Kunyit

Kunyit yang merupakan produk rempah-rempah ini dapat bertindak sebagai penghambat melanin. Dalam menggunakannya, gunakanlah bubuk kunyit dan 1 sendok makan susu. Lalu aduk pada mangkuk kecil.

Cara pengaplikasiaannya, gunakan ujung jari yang basah, gosokkan pasta tersebut ke bibir. Biarkan selama sekitar lima menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Setelah mengeringkan bibir, aplikasikan pelembap favoritmu.

Scrub Madu

5 Cara Menghilangkan Bibir Hitam Secara Alami, Merona Lagi! - natural honey pouring bowl
freepik

Medical News Today menyebut pengelupasan bibir dengan scrub madu dapat membantu mengangkat sel kulit mati.

Cara mengaplikasikannya juga terbilang sangatlah mudah. Cukup campurkan 1 sdt madu dan 1 sdt gula. Gosoklah secara perlahan campuran tersebut ke bibir menggunakan gerakan melingkar kecil.

Jika sudah, bilas menggunakan air hangat. Cara ini bisa kamu lakukan cukup sekali seminggu. Eksfoliasi pada bibir yang terlalu sering justru bisa menyebabkan iritasi dan sensitivitas.

Lidah Buaya

Cara lainnya yang bisa kamu coba dalam menghilangkan bibir hitam yaitu dengan menggunakan lidah buaya.

Dalam sebuah studi tahun 1999, Jin dkk menulis jurnal berjudul ‘Aloesin and arbutin inhibit tyrosinase activity in a synergistic manner via a different action mechanism.’ Inti dari studi tersebut menunjukkan bahwa senyawa dalam lidah buaya menghambat produksi melanin.

Kamu perlu menggunakannya setiap hari dengan cara oleskan selapis tipis gel lidah buaya segar ke bibir. Setelah kering, bilaslah dengan air hangat.

Itulah 5 cara menghilangkan bibir hitam secara alami yang bisa kamu coba terapkan sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel