Cara Nego Gaji Saat Perpanjang Kontrak, Biar Nggak Segitu-segitu Aja!

Cara Nego Gaji Saat Perpanjang Kontrak, Biar Nggak Segitu-segitu Aja!

Cara nego gaji saat perpanjang kontrak

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Bagi karyawan kontrak, keputusan perpanjangan kontrak dari atasan adalah hal yang dapat membahagiakan mereka. Tapi walaupun sebagai karyawan kontrak, keinginan untuk mendapatkan gaji lebih tinggi pasti selalu ada, karena itu ada beberapa cara nego gaji saat perpanjang kontrak.

Dalam beberapa kasus, perusahaan mungkin tidak menawarkan kenaikan gaji secara otomatis saat kontrak kerja diperpanjang, meskipun kamu sudah bekerja baik dan menunjukkan kinerja yang baik juga.

Maka dalam kasus seperti itu, karyawan harus punya inisiatif untuk mengajukan negosiasi tentang gaji mereka, jika ingin mendapatkan kenaikan gaji. Namun bagi kebanyakan karyawan, negosiasi gaji bisa menjadi proses yang membingunkan sekaligus menakutkan.

Tenang, kiat-kiat dan cara nego gaji saat perpanjang kontrak untuk karyawan berikut ini akan menjawab keresahanmu. Berikut langkah-langkahnya:

Cara Nego Gaji Saat Perpanjang Kontrak

Bekali dengan argumen

Sebelum bernegosiasi gaji, langkah pertama dalam cara nego gaji saat perpanjang kontrak adalah kamu perlu mempersiapkan diri dengan baik.

Hal ini meliputi mengevaluasi kinerja selama periode kontrak kerja yang lalu, mengumpulkan data tentang gaji rata-rata untuk pekerjaan yang serupa, dan menentukan gaji yang wajar berdasarkan keterampilan dan pengalaman.

Persiapkan juga argumen-argumen yang kuat yang dapat membantu meyakinkan perusahaan bahwa kamu layak mendapatkan kenaikan gaji.

Sebagai contoh, tunjukkan prestasi-prestasi yang telah dicapai selama bekerja di perusahaan tersebut atau menyebutkan keterampilan khusus yang kamu miliki yang dapat memberikan manfaat bagi perusahaan.

Cari waktu yang tepat

Tentukan waktu yang tepat untuk bernegosiasi gaji. Sebaiknya tidak menunggu hingga kontrak kerja hampir habis, tetapi lakukanlah jauh-jauh hari. Karena hal ini akan memberikan waktu yang cukup bagi perusahaan untuk mempertimbangkan permintaanmu dan memberikan tanggapan yang lebih baik.

Ini juga bisa memberimu kepastian apakah kontrakmu akan diperpanjang atau tidak. Sekiranya diperpanjang dan kinerja sesuai target, tak perlu ragu meminta kenaikan gaji.

Tak perlu memaksa

Cara nego gaji saat perpanjang kontrak selanjutnya adalah tetap menjaga profesionalisme dan tidak memaksa. Berarti kamu harus memperlakukan pihak perusahaan dengan hormat dan menghargai keputusan mereka.

Cara agar tetap profesional adalah dengan mengekspresikan keinginan dengan jelas dan runtut. Ungkapkan dengan jelas kepada atasan bahwa kamu ingin mendiskusikan kemungkinan kenaikan gaji, namun tidak perlu terlalu menekan atau memaksa mereka untuk memberikan apa yang kamu inginkan.

Dalam melakukan negosiasi, sikap ramah dan terbuka juga penting. Dengan berbicara secara jujur dan terbuka, kamu dapat membangun hubungan yang baik dengan pihak perusahaan dan menunjukkan bahwa kamu benar-benar menghargai kesempatan bekerja di perusahaan tersebut.

Pastikan untuk mendengarkan dengan baik apa yan dikatakan oleh pihak perusahaan dan menghargai pandangan mereka, sehingga negosiasi dapat berjalan dengan lancar dan baik bagi kedua belah pihak.

Pastikan nominal

Saat ditanya ingin gaji berapa saat negosiasi, sebisa mungkin hindari untuk menyebutkan kisaran. Selain kelihatan bahwa kamu tidak yakin, kamu juga terlihat asal, tidak melakukan riset sebelumnya.

Tawarkan dengan tegas ingin gaji berapa. Misal, gajimu sebelumnya 3 juta, maka jangan jawab “antara 3-4 juta”, tegas katakana 3,8 juta (misalnya).

Berikan alasan kenapa kamu berhak mendapat kenaikan gaji sekian tersebut berdasarkan riset yang telah dilakukan, bisa dengan alasan kebutuhan saat ini sedang naik, hasil pekerjaanmu selalu baik dan tepat waktu, atau kontribusi kepada perusahaan yang memberikan dampak positif.

Hal ini akan membuat pihak perusahaan akan lebih mudah untuk menerima asalanmu dan besaran gaji yang kamu tawarkan.

Jika permintaan ditolak, tanyakan alasannya

Cara nego gaji saat perpanjang kontrak yang terakhir adalah menanyakan alasan mengenai kenapa permintaanmu ditolak. Berdiskusilah bersama untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan.

Tak hanya soal gaji, kamu bisa menanyakan opsi-opsi lain yang dapat membantu meningkatkan pendapatan, seperti peluang untuk mengikuti pelatihan atau proyek-proyek spesifik sebagai jalan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Dalam proses negosiasi gaji, ada beberapa kata kunci yang penting untuk diperhatikan, seperti persiapan, waktu yang tepat, argumen yang kuat, profesional, dan tidak memaksa.

Dengan memahami dan mengikuti tips cara nego gaji saat perpanjang kontrak tersebut, kamu dapat lebih siap dan percaya diri saat melakukan negosiasi gaji, dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan kenaikan gaji yang pantas.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel