Tidak Semua Jam Tangan Swiss Army Diproduksi Victorinox

Tidak Semua Jam Tangan Swiss Army Diproduksi Victorinox

Faktanya Victorinox, perusahaan produsen jam tangan Swiss Army terkadang juga meminjamkan logonya ke perusahaan lain.
jam tangan swiss army

Hanya sedikit orang yang memperhatikan cara menggunakan jam tangan. Baik itu di pergelangan tangan, tangan kanan, atau kiri, tidaklah lebih penting dibanding merk jam tangan itu sendiri. Di antara sekian banyak brand paling terkemuka, jam tangan Swiss Army akan selalu masuk daftar teratas.

Sebelum itu, ada pertanyaan umum yang sering muncul. Apa perbedaan antara Swiss Army dan Victorinox? Jawabannya, tidak ada perbedaan. Mereka adalah satu kesatuan, Victorinox adalah produsen brand Swiss Army.

Victorinox didirikan sejak tahun 1884 di Kota Ibach, Swiss. Lebih dari satu abad bertahan dan menjadi salah satu perusahaan produsen jam tangan terbaik di dunia.

Berikut adalah 6 fakta menarik tentang jam tangan Swiss Army. Kalau kamu datang ke sini karena judulnya, langsung aja baca nomor 6.

1. Produsen Pisau Swiss Army

Meski populer dan dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi jam tangan, faktanya Victorinox menciptakan barang lain yang tidak kalah baik. Jika kamu mengenal Swiss Army Knife, ini juga merupakan produk buatan Victorinox.

Kamu patut berbangga jika memiliki kedua produk tersebut. Sebuah kombinasi terbaik untuk tampil elegan dengan menggunakan jam tangan swiss army original dan pisau terbaik dari produsen yang sama.

pisau dan jam tangan swiss army
Photo by Michael Heng on Unsplash

2. Produsen Bayonet

Pada dasarnya perusahaan ini memang lahir sebagai produsen alat-alat bertahan hidup yang dibutuhkan tentara Swiss. Swiss Army Knife merupakan alat penting yang pasti dimiliki seorang tentara negara Swiss.

Kendati demikian, untuk satu markas tentara tentu harus memiliki senjata yang lebih tangguh lagi. Victorinox juga memproduksi bayonet yang telah dimiliki oleh tentara Swiss dalam beberapa dekade dengan kualitas yang selalu baik.

Lihat Juga: Mau Jadi Warga Negara Swiss? Ketahui Hal-Hal Berikut

3. Sejarah Jam Tangan Swiss Army

Merk jam tangan ini memang sejak awal bernama Swiss Army. Diproduksi pada tahun 1989 dengan target pasar utama saat itu adalah Amerika Serikat. Untuk dalam kurun waktu yang cukup lama mereka bahkan hanya menjual jam tangan ke Amerika Serikat.

Hal tersebut dilakukan bukan karena Victorinox tidak percaya diri atau terikat semacam kontrak dengan Amerika Serikat. Perusahaan ini sadar bahwa waktu itu semua orang tahu kalau mereka adalah produsen alat survival dan persenjataan. Itu mungkin akan membuat sebagian orang ragu dengan brand jam tangan yang mereka buat.

Akan tetapi, kini jam tangan ini telah populer di seluruh dunia dan menjadi sejarah membanggakan bagi negara Swiss sendiri. Semua orang telah mengakui kualitas jam tangan buatan negara penghasil keju terbaik ini.

4. Jam Tangan Swiss Army Paling Mahal

Pada mulanya memang diproduksi untuk para tentara negara Swiss. Tapi, Victorinox kemudian juga mendesain sekaligus memproduksi jam tangan paling mewah di dunia.

Salah satu jam tangan swiss army buatan Victorinox yang paling mahal adalah Legacy Reserve de Marche Platine (V.241086). Diproduksi pada tahun 2006 dan dibandrol dengan harga $ 19.500 atau setara dengan Rp 277.695. 600.

Bagaimanapun, jam tangan mereka dicintai banyak orang. Victorinox tahu cara membuat jam tangan mempesona sehingga tak heran mereka terus meraih kesuksesan dan bertahan sebagai merk jam tangan terbaik selama lebih dari satu abad.

5. Jam Tangan Tahan Air Terbaik

Banyak merk jam tangan menyelam yang berkualitas baik. Namun, hampir semuanya hanya bisa bisa tahan air sampai kedalaman 100 meter. Ada juga yang dapat digunakan menyelam hingga 250 meter, tapi hanya sedikit. Dari yang sedikit tersebut buatan Victorinox adalah yang terbaik.

Jam Tangan Swiss Army Anti Air
Photo by Alex Perez on Unsplash

6. Meminjamkan Logo Mereka ke Perusahaan lain

Ini adalah hal yang paling menarik dan jarang diketahui tentang jam tangan Swiss Army. Victorinox yang selama ini dikenal sebagai sang produsen, ternyata membuka diri untuk meminjamkan logo Swiss Army ke perusahaan lain. Semua orang tahu, menggunakan logo ini berarti akan mendapatkan kepercayaan publik. Lalu, bagaimana dengan kualitasnya?

Victorinox memiliki kualifikasi yang ketat soal kualitas. Mereka tidak ingin brand mereka rusak dengan salah memberikan izin perusahaan lain menggunakan logonya. Sehingga, dapat dipastikan kalau jam tangan swiss army original adalah produk terbaik yang pernah ada.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp