5 Gunung Dekat Jakarta, Cocok untuk Menyepi dari Ramainya Ibukota

5 Gunung Dekat Jakarta, Cocok untuk Menyepi dari Ramainya Ibukota

Gunung dekat Jakarta
All Trail

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Bagi warga Jakarta yang hobi mendaki gunung, beberapa gunung dekat Jakarta ini bisa jadi cara menyalurkan hobi. Tak perlu khawatir karena akses ke sana juga lumayan mudah.

Sejumlah gunung dekat Jakarta ini bisa dikunjungi saat penat dengan kesibukan sehari-hari warga ibukota. Sebagai sarana hiburan, mendaki memang menyuguhkan pengalaman yang menyenangkan. Jauh dari hingar-bingar kota, dan masih asri.

Asiknya lagi, tidak butuh waktu lama untuk mendaki. Para pendaki hanya membutuhkan waktu 1 hingga 2 hari saja untuk mendaki gunung-gunung ini.

Sekiranya tertarik mendaki, silakan coba beberapa rekomendasinya berikut ini.

Gunung Dekat Jakarta

Gunung Gede Pangrango

5 Gunung Dekat Jakarta, Cocok untuk Menyepi dari Ramainya Ibukota - Gunung Gede Pangrangogetlost.id
Gunung Gede Pangrango/getlost id

Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu Gunung Dekat Jakarta. Gunung yang terletak di Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi ini memiliki tinggi 2.958 mdpl serta masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Gunung yang memiliki 3 jalur pendakian ini merupakan gunung yang masih aktif. Tiga trek yang ada di gunung ini adalah jalur Selabintana, jalur cibodas, dan jalur Putri.

Kondisi trek yang menanjak dan diselimuti dengan vegetasi yang lebat membuat pendakian Gunung Gede Pangrango cukup melelahkan namun tetap sejuk. Durasi pendakian Gunung Gede Pangrango sekitar 6-8 jam.

Untuk mendaki Gunung Gede Pangrango, wisatawan dapat membayar tiket masuk seharga Rp 17.500 hingga Rp 34.000 bagi wisatawan lokal dan Rp 320.000 hingga Rp 470.000 bagi wisatawan mancanegara.

Gunung Sanggabuana

5 Gunung Dekat Jakarta, Cocok untuk Menyepi dari Ramainya Ibukota - Gunung Sanggabuanagoodnewsfromindonesia.id
Gunung Sanggabuana/goodnewsfromindonesia.id

Gunung dekat Jakarta selanjutnya adalah Gunung Sanggabuana. Gunung yang satu ini terletak di Buanajaya, Tanjungsari, Bogor dan memiliki tinggi 1.292 mdpl.

Gunung yang terkenal dengan banyaknya kisah mistisnya ini memiliki pemandangan yang indah di atas puncaknya. Selain itu, gunung ini juga menjadi tempat ziarah bagi orang-orang yang melakoni ritual tertentu. Gunung Sanggabuana dapat ditempuh dengan waktu sekitar 2 hingga 3 jam. Tergantung kecepatan serta kondisi fisik pendaki.

Wisatawan cukup membayar Rp10.000 per orang dan Rp5.000 hingga Rp10.000 untuk biaya parkir untuk menikmati trek pendakian serta pemandangan yang disuguhkan oleh Gunung Sanggabuana.

Gunung Salak

5 Gunung Dekat Jakarta, Cocok untuk Menyepi dari Ramainya Ibukota - gunung salakpendakigunung.top
gunung salak/pendakigunung.top

Gunung Salak memiliki ketinggian 2.211 mdpl dan berlokasi di Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat. Pendakian unung ini terbilang sulit. Hal ini disebabkan oleh jalur pendakian yang sangat menanjak dan rapatnya vegetasi.

Selain menyuguhkan pemandangan yang sangat indah ketika sampai di puncak. Pendaki juga akan dimanjakan dengan pemandangan indah di sepanjang jalur pendakian. Selain itu, gunung ini memiliki tiga puncak yang berbeda yaitu Puncak Salak, Puncak Salak II dan juga Puncak Sumbul.

Wisatawan yang ingin mendaki gunung ini hanya perlu membayar Rp19.000 sebagai tiket masuk pendakian Gunung Salak.

Gunung Pancar

5 Gunung Dekat Jakarta, Cocok untuk Menyepi dari Ramainya Ibukota - Gunung Pancarazkarentcar.com
Gunung Pancar/azkarentcar.com

Gunung dekat Jakarta berikutnya adalah Gunung Pancar yang terletak di Bogor, Jawa Barat. Gunung Pancar sebenarnya tidak terlalu tinggi yaitu 800 mdpl saja. Sehingga, gunung ini cocok bagi wisatawan yang ingin sekadar melakukan pendakian ringan.

Selain pemandangan yang indah, gunung ini juga terkenal dengan pemandian air panas yang terletak di lereng Gunung Pancar yang dikelilingi oleh hutan pinus. Durasi pendakian gunung ini terbilang panjang yakni 6 hingga 8 jam.

Untuk mendaki gunung ini, wisatawan cukup merogoh kocek sebesar Rp10.000 untuk tiket masuk ke Gunung Pancar. Namun jika wisatawan ingin masuk ke dalam pemandian air panas, wisatawan akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp20.000 untuk masuk gerbang pemandian air panas dan Rp10.000 untuk kolam pemandian air panas umum dan Rp30.000 untuk tiket masuk privat room.

Gunung Batu Jonggol

5 Gunung Dekat Jakarta, Cocok untuk Menyepi dari Ramainya Ibukota - Gunung Batu Jonggoltripadvisor.co .id
Gunung Batu Jonggol/tripadvisor.co.id

Gunung Batu Jonggol memiliki tinggi 875 mdpl ini merupakan salah satu gunung dekat Jakarta. Gunung Batu Jonggol terletak di Sukaharja, Sukamakmur Bogor, Jawa Barat. Gunung ini juga cocok bagi wisatawan yang gemar mendaki gunung namun tidak memiliki waktu yang bayak.

Durasi pendakian gunung Batu Jonggol ini terbilang sangat singkat. Pendaki hanya membutuhkan waktu 1 jam 30 menit hingga 2 jam pendakian untuk sampai ke puncak gunung ini. keunikan dari gunung ini adalah puncaknya yang sangat sempit. Jika ingin berfoto di puncak Gunung ini, wisatawan harus bergantian. Digunung ini juga ada spot yang biasanya digunakan untuk berkemah.

Harga tiket untuk mendaki Gunung Batu Jonggol adalah Rp15.000 untuk tiket masuk dan Rp5.000 untuk biaya pendakian sampai ke puncaknya. Jika wisatawan ingin berkemah, maka akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp5.000 rupiah.

Kota Jakarta memang terkenal dengan kesibukannya sehingga orang-orangnya tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan olahraga pendakian gunung. Tenang saja, ada banyak gunung-gunung yang dengan Jakarta dan hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk didaki agar bisa tetap menyalurkan hobi dan berolahraga.

Baca Juga
Pantai Pathek Situbondo, Pantai Indah yang Bersejarah!
sejarah hari gunung internasional
tips-agar-tidur-nyenyak-di-pesawat
wisata danau di ntt
Perbedaan Gaya Liburan Gen-Z dan Seniornya/ Pexels: Riccardo
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel