Hasil Premier League 2023/24 Pekan 20 Liverpool vs Newcastle, The Reds Awali 2024 di Posisi Puncak

Hasil Premier League 2023/24 Pekan 20 Liverpool vs Newcastle, The Reds Awali 2024 di Posisi Puncak

Hasil Premier League 2023/24 Pekan 20 Liverpool vs Newcastle

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Laga seru tercipta di Anfield pada lanjutan Premier League pekan 20 antara Liverpool vs Newcastle United di hari Selasa (2/1/2024) dini hari. Kemenangan menjadi keharusan bagi skuad asuhan Jürgen Klopp yang mencoba sedikit menjauhkan jarak dari para pesaingnya di papan klasemen.

Sebelum pertandingan dimulai, The Reds memiliki torehan poin yang sama dengan Aston Villa dan hanya terpaut 2 angka dari Manchester City dan Arsenal.

The Villans dan City sama-sama berhasil poin penuh pada laga tengah pekan, sementara The Gunners kembali tersandung setelah kembali menelan kekalahan di pertandingan hari Minggu (31/12/2023).

Review Premier League 2023/24 Pekan 20 Liverpool vs Newcastle

Hasil Premier League 2023/24 Pekan 20 Liverpool vs Newcastle, The Reds Awali 2024 di Posisi Puncak - Mo Salah vs Newcastle 1024x683 jpg
Gambar: Getty Images

Tampil di hadapan pendukungnya sendiri, Liverpool sukses mengawali tahun 2024 sebagai pemuncak klasemen lewat kemenangan 4-2 atas The Magpies.

Dari menit pertama, Virgil van Dijk dan kawan-kawan langsung tancap gas dengan membombardir pertahanan Newcastle. Meskipun tampil dominan di babak pertama, Liverpool gagal menciptakan satu pun gol.

Luis Díaz sebenarnya sempat menjebol gawang Martin Dúbravka. Namun, gol dari sayap asal Kolombia tersebut dianulir karena offside. Pada menit 22, The Reds memperoleh hadiah penalti. Akan tetapi, eksekusi penalti Mohamed Salah masih mampu digagalkan oleh Dúbravka.

Tim tamu juga sempat menciptakan gol dari situasi serangan balik. Sayangnya, gol yang dilesakkan oleh Dan Burn tersebut juga dianulir karena offside.

Memasuki 45 menit kedua, Liverpool tetap melancarkan gempuran. Namun, penampilan gemilang Dúbravka di bawah mistar gawang membuat skor kacamata tetap terjaga.

Meskipun akhirnya harus memungut bola dari jalanya sebanyak 4 kali, penjaga gawang asal Slovakia itu tampil memukau dengan mencatatkan total 11 penyelamatan, termasuk menepis penalti Salah di babak pertama.

Gol untuk Liverpool sendiri baru tercipta di menit 49 lewat sontekan Salah memanfaatkan umpan pendek Darwin Núñez. Tetapi, publik tuan rumah sempat dibuat terdiam sekitar 5 menit berselang.

Berawal dari aksi solo Anthony Gordon dari sisi kiri yang melewati hadangan 2 pemain, ia kemudian mengirimkan umpan terobosan menuju Alexander Isak. Penyerang asal Swedia tersebut membuat skor menjadi sama kuat lewat penyelesaian yang sangat baik.

The Reds selanjutnya kembali memborbardir pertahanan tim tamu. Mereka harus menunggu sampai menit 74 sebelum akhirnya kembali unggul melalui sontekan Curtis Jones yang memanfaatkan umpan pendek Diogo Jota.

Empat menit kemudian Anfield kembali bergemuruh setelah Cody Gakpo berhasil mencetak gol ketiga Liverpool di laga ini, memanfaatkan umpan ciamik dari Salah.

Newcastle sempat memperkecil ketertinggalan di menit 81 lewat tandukan Sven Botman yang bermula dari situasi sepak pojok. Akan tetapi, tak berapa lama kemudian, The Reds kembali berada di atas angin setelah Jota dilanggar di kotak terlarang.

Salah yang kembali dipercaya sebagai eksekutor penalti tidak menyia-nyiakan kesempatan keduanya dan berhasil mengecoh Dúbravka. Gol tersebut menjadi yang ke-151 bagi Salah di Premier League sejak berseragam Liverpool pada 2017.

Pemain berusia 31 tahun ini memang tampil begitu luar biasa dalam laga Liverpool vs Newcastle. Ia memiliki peran penting bagi terciptanya seluruh gol The Reds di laga ini.

Sehingga, berangkatnya Salah ke Piala Afrika (AFCON) untuk membela timnas Mesir menjadi kehilangan signifikan bagi skuad asuhan Klopp dalam menatap berbagai pertandingan penting di bulan Januari serta kemungkinan di awal Februari, jika Mesir berhasil melaju lebih jauh.

Skor 4-2 pada pertandingan Liverpool vs Newcastle ini sendiri bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Banyak yang menilai bahwa jika bukan karena aksi gemilang Dúbravka atau jika Liverpool—lebih tepatnya Darwin Núñez—mampu melakukan penyelesaian yang lebih baik, mereka seharusnya bisa menciptakan lebih dari 4 gol.

Dilansir dari The Athletic, total expected goals (xG) The Reds di laga ini menjadi yang terbanyak di Premier League sejak musim 2010/11. Ada 7,27 xG yang mereka catatkan, namun hanya 4 yang berbuah gol.

Sementara bagi The Magpies, kekalahan ini memperpanjang rekor buruk mereka yang belum pernah menang di Anfield sejak 1995. Skuad asuhan Eddie Howe sendiri sementara ini masih tertahan di urutan 9 klasemen, hanya terpaut 1 angka dari Chelsea di peringkat 10.

Hasil Premier League 2023/24 Pekan 20

Luton Town 2-3 Chelsea

(Ross Barkley 80’, Elijah Adebayo 87’; Cole Palmer 12’, 70’, Noni Madueke 37’)

Crystal Palace 3-1 Brentford

(Michael Olise 14’, 58’, Eberechi Eze 39’; Keane Lewis-Potter 2’)

Manchester City 2-0 Sheffield United

(Rodri 14’, Julián Álvarez 61’)

Aston Villa 3-2 Burnley

(Leon Bailey 28’, Moussa Diaby 42’, Douglas Luiz 89 (P)’; Zeki Amdouni 30’, Lyle Foster 71’)

Wolverhampton Wanderers 3-0 Everton

(Max Kilman 25’, Matheus Cunha 53’, Craig Dawson 61’)

Nottingham Forest 2-1 Manchester United

(Nicolás Domínguez 64’, Morgan Gibbs-White 82’; Marcus Rashford 78’)

Fulham 2-1 Arsenal

(Raúl Jiménez 29’, Bobby De Cordova-Reid 59’; Bukayo Saka 5’)

Tottenham Hotspur 3-1 Bournemouth

(Pape Matar Sarr 9’, Son Heung-min 71’, Richarlison 80’; Alex Scott 84’)

Liverpool 4-2 Newcastle United

(Mohamed Salah 49’, 86 (P)’, Curtis Jones 74’, Cody Gakpo 78’; Alexander Isak 54’, Sven Botman 81’)

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel