6 Comeback Terbaik di Premier League Sepanjang Sejarah, Ada yang Bangkit dari Ketertinggalan 4 Gol

6 Comeback Terbaik di Premier League Sepanjang Sejarah, Ada yang Bangkit dari Ketertinggalan 4 Gol

Comeback Terbaik di Premier League Sepanjang Sejarah

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Keberhasilan Manchester United membalikkan ketertinggalan 2 gol dan memenangkan pertandingan dengan skor 3-2 pada laga Boxing Day menjadi salah satu hasil comeback terkini dalam Premier League.

Di sepanjang sejarahnya, ada berbagai comeback terbaik di Premier League yang telah tercipta. Beberapa tim membuktikan bahwa ketertinggalan 2 gol, 3 gol, atau bahkan 4 gol tidak menjadi masalah.

Tim-tim penghasil comeback terbaik di Premier League tersebut memperlihatkan dengan nyata aksi semangat pantang mundur di atas lapangan.

Pada artikel ini, Sediksi memilih beberapa comeback terbaik di Premier League sepanjang sejarah yang banyak di antaranya masih selalu diingat hingga saat ini. Berikut ulasannya.

6 Comeback Terbaik di Premier League

Liverpool 3-3 Manchester United (1993/94)

6 Comeback Terbaik di Premier League Sepanjang Sejarah, Ada yang Bangkit dari Ketertinggalan 4 Gol - Liverpool Manchester United 3 3 1024x703 jpg
Gambar: Getty Images

Pemuncak klasemen sementara, Manchester United, melawat ke Anfield dalam lanjutan pekan 24 Premier League 1993/94. Laga berjalan 24 menit, setan merah yang lebih diunggulkan sudah memimpin 3-0, masing-masing lewat Steve Bruce, Ryan Giggs, dan Denis Irwin.

Namun, dukungan penuh semangat dari publik Anfield berhasil membuat The Reds bangkit. Setelah berhasil memperkecil ketertinggalan sebelum babak pertama berakhir lewat 2 gol dari Nigel Clough, Liverpool akhirnya sukses menyamakan kedudukan pada menit 79 melalui tandukan bek tengah mereka, Neil Ruddock.

West Bromwich Albion 5-5 Manchester United (2012/13)

6 Comeback Terbaik di Premier League Sepanjang Sejarah, Ada yang Bangkit dari Ketertinggalan 4 Gol - West Brom vs Manchester United 5 5 1024x661 jpg
Gambar: Getty Images

Setelah 27 tahun penuh kesuksesan, Sir Alex Ferguson memimpin tim setan merah untuk terakhir kalinya pada laga tandang menghadapi West Brom.

MU membuka laga dengan baik dan sudah memimpin 3-0 saat laga baru berjalan setengah jam. Tuan rumah sendiri sempat memperkecil ketertinggalan menjadi 2-3.

Setelahnya, MU kembali berhasil memperlebar keunggulan menjadi 5-2, membuat laga perpisahan Sir Alex nampaknya akan berakhir manis.

Akan tetapi, 10 menit jelang berakhirnya waktu normal, The Baggies berhasil mencetak 3 gol. Romelu Lukaku melengkapi hattrick-nya di menit 86 dan membuat tuan rumah menyamakan kedudukan, sekaligus merusak hari perpisahan Fergie di hari itu.

Crystal Palace 3-3 Liverpool (2013/14)

6 Comeback Terbaik di Premier League Sepanjang Sejarah, Ada yang Bangkit dari Ketertinggalan 4 Gol - Crystal Palace Liverpool 3 3 1024x682 jpg
Gambar: Getty Images

Alih-alih berakhir manis, salah satu comeback terbaik di Premier League satu ini berakhir tragis bagi Liverpool. Musim 2013/14 sendiri menjadi salah satu peluang terbesar The Reds untuk mengakhiri puasa gelar liga Inggris mereka yang sudah saat itu sudah berjalan selama 24 tahun.

Anak asuh Brendan Rodgers saat itu sangat membutuhkan kemenangan demi memberi tekanan pada pesaing terdekat mereka, Manchester City. Laga berajalan 55 menit, Liverpool sudah memimpin 3-0, masing-masing lewat gol Joe Allen, Daniel Sturridge, dan Luis Suárez.

Saat Liverpool terlihat akan pulang dari Selhurst Park dengan poin penuh, Palace memberi kejutan. Mereka berhasil membuat skor menjadi sama kuat hanya dalam tempo 9 menit, melalui Damien Delaney dan 2 gol dari Dwight Gayle.

Skor 3-3 berakhir hingga peluit panjang dibunyikan. Hasil ini semakin menyulitkan peluang The Reds dalam perburuan gelar juara Premier League, yang pada akhirnya berhasil dimenangkan oleh City.

Norwich City 4-5 Liverpool (2015/16)

6 Comeback Terbaik di Premier League Sepanjang Sejarah, Ada yang Bangkit dari Ketertinggalan 4 Gol - Norwich Liverpool 4 5 1024x773 jpg
Gambar: Getty Images

Liverpool melawat ke Carrow Road pada pekan 23 Premier League 2015/16, atau di musim perdana Jürgen Klopp menukangi klub. Setelah unggul terlebih dahulu lewat Roberto Firmino, The Reds kemudian tertinggal setelah Norwich berhasil menciptakan 3 gol balasan.

Dalam rentang 20 menit selanjutnya, Liverpool berhasil mencetak 3 gol dan kembali merebut keunggulan. Memasuki masa injury time, publik tuan rumah bersorak setelah tendangan Sébastien Bassong menjebol gawang Simon Mignolet.

Akan tetapi, 3 menit berselang, tepatnya di menit 95, Adam Lallana berhasil memberikan The Reds salah satu comeback terbaik di Premier League lewat golnya.

Selain berakhir dengan raihan 3 poin, gol tersebut juga berakhir dengan rusaknya kacamata Klopp saat ikut melakukan selebrasi dengan anak asuhnya.

Newcastle United 4-4 Arsenal (2010/11)

6 Comeback Terbaik di Premier League Sepanjang Sejarah, Ada yang Bangkit dari Ketertinggalan 4 Gol - Newcastle vs Arsenal 4 4 1024x681 jpg
Gambar: Getty Images

Selain menjadi salah satu comeback terbaik di Premier League sepanjang masa, duel antara The Magpies dan The Gunners ini juga menjadi satu-satunya laga di mana ada tim yang berhasil bangkit dari ketertinggalan 4 gol.

Meskipun berstatus sebagai tim tamu, Arsenal sudah memimpin 4-0 saat laga baru memasuki menit 26, berkat gol-gol dari Theo Walcott, Johan Djourou, serta 2 gol dari Robin van Persie.

Akan tetapi, 22 menit sebelum waktu normal berakhir, skuad asuhan Arsène Wenger gagal mempertahankan keunggulan besar mereka. Dua gol penalti dari Joey Barton serta 1 gol dari Leon Best memperkecil ketertinggalan tuan rumah.

Dan akhirnya, pada menit 87, tendangan jarak jauh Cheik Tioté melengkapi comeback spektakuler Newcastle di laga pekan 26 Premier League 2010/11 ini.

Manchester City 3-2 Queens Park Rangers (2011/12)

6 Comeback Terbaik di Premier League Sepanjang Sejarah, Ada yang Bangkit dari Ketertinggalan 4 Gol - Manchester City vs QPR 3 2 1024x712 jpg
Gambar: Getty Images

Laga ini sering disebut-sebut sebagai comeback terbaik di Premier League sepanjang sejarah dikarenakan drama yang menghiasinya. The Citizens menjalani pekan terakhir Premier League 2011/12 dengan koleksi poin yang sama dari pesaing terdekat mereka, Manchester United.

Tampil di hadapan pendukungnya sendiri, City berhasil unggul di menit 39 lewat Pablo Zabaleta. Akan tetapi, tim tamu membalas dengan merobek jala Joe Hart sebanyak 2 kali, masing-masing lewat Djibril Cissé dan Jamie Mackie.

City yang berupaya menciptakan gol balasan sempat terbantu setelah Joey Barton diusir wasit ke luar lapangan. Namun, mereka harus menunggu hingga menit 92 untuk menyamkan kedudukan lewat Edin Dzeko.

Sementara itu, di Stadium of Light, para fans setan merah sudah bersorak menyusul kemenangan tipis MU atas Sunderland. Di Etihad, para fans tuan rumah harap-harap cemas sambil menunggu keajaiban tercipta.

Dan momen ajaib itu datang di menit 94, setelah Sergio Agüero berhasil membobol gawang Paddy Kenny dan memastikan gelar liga Inggris pertama City sejak 1968.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel