30+ Kata-kata Sindiran Buat Orang Sok Suci dari Para Tokoh Penting

30+ Kata-kata Sindiran Buat Orang Sok Suci dari Para Tokoh Penting

Merasa paling suci sangatlah berbahaya bagi diri kita sendiri
kata-kata sindiran

DAFTAR ISI

Tak bisa dipungkiri kalau orang belagu bisa kita jumpai dimanapun dan kapanpun. Parahnya lagi, seringkali mereka tampil sok suci dan merasa paling baik dibanding orang lain. Wajar saja kalau kita juga terbesit untuk mencari tahu kata kata sindiran buat orang sok suci.

Kata-kata sindiran buat orang sok suci sebenarnya tak mesti ampuh. Mereka yang merasa dirinya lebih unggul dibanding yang lain tidak mudah lho untuk kesindir. Ya bagaimana lagi nama juga orang merasa paling benar, paling alim, dan paling-paling lainnya…

Kumpulan Kata kata Sindiran Buat Orang Sok Suci

Gejala sosial ini cukup mudah dijumpai. Tak heran, banyak pula tokoh dari mulai penulis, musisi, seniman, politikus hingga filsuf punya pendapat sendiri buat orang-orang sok yes ini. Ini dia sederet kata-kata sindiran buat orang sok suci dari tokoh-tokoh penting di penjuru dunia.

kata-kata sindiran buat orang sok suci
Quotes sindiran buat orang sok suci by Jrx

“Setiap orang suci memiliki masa lalu (yang belum tentu baik) dan setiap pendosa memiliki masa depan (yang bisa jadi jauh lebih baik).”

– Oscar Wilde

“Saya mungkin telah memahami dan mengajarkan apa itu orang suci, tetapi saya tidak pernah mengatakan bahwa saya adalah orang suci.”

– Arthur Schopenhauer

“Jangan percaya pada dia yang tampaknya orang suci.”

– Thomas Fuller

“Kita hidup di bumi ini tidak harus menjadi atau merasa paling bermoral, paling beriman, paling suci. Semua manusia itu sama.”

– Jerinx

“Iblis dapat mengutip kitab suci untuk tujuannya.”

– William Shakespeare

“Manusia menganggap suci apa yang dia yakini, seperti menganggap indah apa yang dia cintai.”

– Ernest Renan

“Orang suci membutuhkan orang berdosa.”

– Alan Watts

“Perbedaan antara seorang suci dan seorang munafik adalah bahwa yang satu berbohong karena agamanya, yang lain olehnya.”

– Minna Antrim

Kata-kata Sindirian Buat Orang Sok Alim

Apa sih yang paling menjengkelkan dari keberadaan orang-orang sok alim ini? Mereka, yang merasa paling suci, alim dan benar sebenarnya harus diingatkan bahwa kebaikan itu datang dari dalam. Bukan hanya penampilan.

Pasalnya, sifat merasa sok benar itu juga berbahaya bagi dirinya sendiri. Tanpa kerendahan hati, orang lain pun enggan akan menghormati mereka.

kata-kata sindiran buat orang sok alim
Sindiran buat orang munafik oleh William Shakespeare

“Yang menyedihkan ialah bahwa tak selamanya terbukti dasar agama bisa menggerakkan hati untuk tidak menindas orang lain; bahkan prinsip itu sering membikin kita merasa paling benar & paling suci, dan seperti mendapatkan lisensi untuk melikuidasikan pendapat & kehadiran orang lain.”

– Goenawan Mohamad

“Iman bukanlah kemelekatan pada tempat suci tetapi peziarahan hati yang tak berkesudahan dan tak terkendali.”

– Abraham J. Heschel

“Orang gila terburuk adalah orang suci yang menjadi gila.”

– Alexander Pope

“Manusia, pada dasarnya, memiliki dua sisi. Tak ada yang dilahirkan bak malaikat suci. Seperti DNA, kedua sisi itu mengalir dalam darahmu, dan tak bisa kau pisahkan apalagi kauhilangkan dengan ramuan obat atau jampi-jampi apa pun.”

– Anastasia Aemilia

“Menertawakan apa yang Anda anggap suci, dan tetap menganggapnya suci.”

– Abraham H. Maslow

“Pai lumpur memuaskan salah satu naluri pertama dan terbaik kami. Selama kita kotor, kita suci.”

– Charles Dudley Warner

“Saya sendiri ketika muda benar-benar sering mengunjungi dokter dan orang suci, dan mendengar argumen hebat tentang hal itu dan tentang: tetapi lebih banyak lagi keluar melalui pintu yang sama seperti saat saya pergi.”

– Omar Khayyam

Kata-kata Kita Jangan Sok Suci, Kita Sama-sama Pendosa

Baik dan buruk lahir di dunia secara bersamaan dan itu ada dalam diri manusia. Sehingga, sulit untuk menampikkan fakta bahwa tidak ada orang yang paling suci di dunia ini.

Dengan demikian, menghargai orang lain sudahlah menjadi kewajiban kita semua yang berlumuran dosa ini. Cobalah perhatikan kata-kata sindiran buat orang sok suci dari tokoh-tokoh terkemuka berikut.

“Tidak ada manusia yang sempurna! Bisa ditemukan orang-orang yang baik, sangat baik, pada kenyataannya, hebat. Sebenarnya ada pencipta, pelihat, orang bijak, orang suci, penggerak, dan penggerak … bahkan jika mereka tidak umum dan tidak datang selusin. Namun, orang-orang yang sama ini terkadang bisa membosankan, menjengkelkan, pemarah, egois, marah, atau depresi. Untuk menghindari kekecewaan dengan sifat manusia, pertama-tama kita harus melepaskan ilusi kita tentang hal itu.”

– Abraham H. Maslow

“Tidak ada orang berdosa seperti orang suci muda.”

– Aphra Behn

“Urusan para hakim yang paling suci bukanlah untuk meratifikasi kehendak mayoritas tetapi untuk melindungi minoritas dari tirani.”

– Anna Quindlen

“Satu-satunya hal yang lebih berbahaya dari ketidaktahuan adalah kesombongan.”

– Albert Einstein

“Kesopanan hanyalah kesombongan dengan sembunyi-sembunyi.”

– Terry Pratchett

“Ada dua keadaan yang menyebabkan kesombongan: satu adalah ketika Anda salah dan Anda tidak dapat menghadapinya; yang lain adalah ketika Anda benar dan tidak ada orang lain yang dapat menghadapinya.”

– Kris Jami

“Wanita yang paling berbudi memiliki sesuatu yang tidak pernah suci.”

– Honoré de Balzac

“Karena doa yang lebih suci, ucapan terima kasih yang lebih menggelora daripada kegembiraan bisu jiwanya, tidak bisa diungkapkan dalam bahasa manusia.”

– Eduard Douwes Dekker

“Nanti di lokalisasi dipasang plang orang suci dilarang masuk.”

– Basuki Tjahaja Purnama

“Arogansi adalah ketika mulut saya bergerak tetapi kata-kata saya tidak.”

– Craig D. Lounsbrough.

“Para fanatik religius ingin orang-orang mematikan pikiran mereka sendiri, mengabaikan bukti, dan membabi buta mengikuti kitab suci yang didasarkan pada ‘wahyu’ pribadi.”

– Richard Dawkins

“Bidah selalu lebih baik mati. Dan mata yang fana tidak dapat membedakan orang suci dari yang sesat.”

– George Bernard Shaw

“Jika Anda mencakar beberapa orang suci, Anda akan menemukan iblis.”

– Austin O’Malley

Kata-kata Sindiran Buat Orang Munafik

Kita tahu bahwa sifat munafik itu tidak disukai baik oleh sesama manusia maupun oleh Tuhan. Maka, patutlah kita semua berhati-hati agar tidak terjerumus dalam sifat ini. Sesekali mari kita renungkan sederet kata-kata sindiran buat orang sok suci di bawah ini.

“Jika kau merasa suci, periksa jiwamu. Mungkin itu putihnya nanah dari luka nurani.”

– Salim A Fillah

“Kesombongan adalah pengetahuan dikurangi kebijaksanaan.”

– Celso Cukierkorn.

“Bukankah tidak ada yang lebih suci bagi seorang pemuda daripada membela kepentingan bangsanya?”

– Pramoedya Ananta Toer

“Sepanjang hemat kami, agama yang paling indah dan paling suci ialah Kasih Sayang. Dan untuk dapat hidup menurut perintah luhur ini, haruskah seorang mutlak menjadi Kristen? Orang Buddha, Brahma, Yahudi, Islam, bahkan orang kafir pun dapat hidup dengan kasih sayang yang murni.”

– Raden Adjeng Kartini

“Ada empat pertanyaan dalam hidup: Hal apa yang paling suci? Dari apa sebuah jiwa lahir? Untuk apa hidup ini benar-benar berarti? Dan untuk apa mati benar-benar berarti? Dan semua jawaban untuk pertanyaan adalah sama: Cinta.”

– Johnny Depp

“Kita kadang merasa lebih benar, lebih baik, lebih tinggi, dan lebih suci dibanding mereka yang kita nasehati. Hanya mengingatkan kembali kepada diri ini: jika kau merasa besar, periksa hatimu. Mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci, periksa jiwamu. Mungkin itu putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa tinggi, periksa batinmu. Mungkin ia sedang melayang kehilangan pajakan. Jika kau merasa wangi, priksa ikhlasmu, mungkin itu asap dari amal shalihmu yang hangus dibakarnya.”

– Salim Akhukum Fillah

“Kesombongan dan ketidaktahuan berjalan beriringan.”

– Metallica

“Tuhan selamatkan saya dari orang bodoh dengan sedikit filosofi – tidak ada yang lebih sulit dijangkau.” – Epictetus

– Metallica

“Hatimu adalah pusat kerendahan hati, pikiranmu bisa menjadi sumber kesombongan.”

– Tariq Ramadhan.

“Ketika manusia paling yakin dan arogan, mereka biasanya paling keliru, memandang nafsu tanpa pertimbangan yang tepat yang hanya dapat mengamankan mereka dari absurditas yang paling menjijikkan.”

– David Hume

“Orang-orang yang berpikir bahwa mereka tahu segalanya adalah gangguan besar bagi kita yang mengetahuinya.”

– Isaac Asimov

“Saya lebih suka kehilangan kecerdasan saya daripada kerendahan hati saya.”

– Abhijit Naskar

“Jangan sombong, karena kesombongan membunuh rasa ingin tahu.”

– Mina Bissell

Nah, itu tadi kata-kata sindiran buat orang sok suci dan bukan penulis yang mengatakannya, ya! Kata-kata tersebut kami rangkup dari berbagai sumber dan faktanya memang tak sedikit orang penting yang memiliki pandangan terhadap golongan si paling-paling ini.

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 25 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut