Inilah Peringkat Terbaru Universitas Terbaik di Kanada 2022-2023

Inilah Peringkat Terbaru Universitas Terbaik di Kanada 2022-2023

universitas terbaik di kanada
Photo by Emily Ranquist

DAFTAR ISI

Jika kamu seorang mahasiswa yang hendak melanjutkan studi di Kanada, inilah peringkat terbaru universitas terbaik di Kanada sebagai bahan referensi di mana kamu akan melanjutkan studi.

Peringkat terbaru universitas terbaik di Kanada ini berdasarkan pada penilaian tahunan yang dilakukan oleh Times Higher Education’s World University Rankings. Sepertinya sudah menjadi rahasia umum jika Kanada terkenal sebagi tempat bagi universitas top di dunia.

Tidak salah lagi, sebab sebanyak 31 universitas di Kanada masuk dalam daftar universitas terbaik di dunia versi Times Higher Education (THE). Mari kita cek listnya bersama-sama. Adakah universitas yang jadi incaranmu?

Apa itu Times Higher Education?

Bagi kamu yang belum tahu, Times Higher Education (THE) adalah lembaga legit yang kerjaannya membuat peringkat tentang pendidikan dunia khususnya di tingkat universitas.

Penilaiannya dilakukan secara global kepada universitas di seluruh dunia. Cara THE membuat peringkatnya berdasarkan pada aktivitas universitas tiap tahunnya.

Sebagai pendidikan tingkat tinggi, universitas dengan segala kegiatannya harus berpusat pada penelitian, pengajaran dan dampaknya bagi masyarakat.

Untuk peringkat universits terbaru tahun 2023 yang dihimpun THE. Tercatat sebanyak 1.799 universitas di 104 negara dan wilayah, menjadikannya peringkat universitas terbesar dan paling beragam hingga saat ini.

Penilaiannya berdasar pada 13 indikator kinerja yang mengevaluasi lembaga di empat bidang: pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan, dan wawasan internasional.

31 Universitas Terbaik di Kanada 2023

Sebanyak 31 universitas di Kanada masuk dalam daftar universitas terbaik di seluruh dunia versi Times Higher Education. Yuk kita intip daftarnya!

  1. University of Toronto (Peringkat 18 di dunia)
  2. University of British Columbia (Peringkat 40 di dunia)
  3. McGill Universisty (Peringkat 46 di dunia)
  4. McMaster University (Peringkat 85 di dunia)
  5. University of Montreal (Peringkat 111 di dunia)
  6. University of Alberta (Peringkat 118 di dunia)
  7. University of Ottawa (Peringkat 137 di dunia)
  8. University of Calgary (Peringkat 201-250 di dunia)
  9. University of Waterloo (Peringkat 201-250 di dunia)
  10. Western University (Peringkat 201-250 di dunia)
  11. Université Laval (Peringkat 251–300 di dunia)
  12. Queen’s University (Peringkat 251–300 di dunia)
  13. Simon Fraser University (Peringkat 251–300 di dunia)
  14. Dalhousie University (Peringkat 301-350 di dunia)
  15. University of Victoria (Peringkat 301-350 di dunia)
  16. University of Manitoba (Peringkat 351-400 di dunia)
  17. York University (Peringkat 401-500 di dunia)
  18. University of Guelph (Peringkat 501-600 di dunia)
  19. University of Saskatchewan (Peringkat 501-600 di dunia)
  20. Carleton University (Peringkat 601-800 di dunia)
  21. Concordia University (Peringkat 601-800 di dunia)
  22. Memorial University of Newfoundland (Peringkat 601-800 di dunia)
  23. University of New Brunswick UNB (Peringkat 601-800 di dunia)
  24. Ontario Tech University (Peringkat 601-800 di dunia)
  25. Université du Québec (Peringkat 601-800 di dunia)
  26. University of Regina (Peringkat 601-800 di dunia)
  27. University of Windsor (Peringkat 601-800 di dunia)
  28. Lakehead University (Peringkat 801 – 1000 di dunia)
  29. University of Northern British Columbia (UNBC) (Peringkat 801 – 1000 di dunia)
  30. Toronto Metropolitan University (Peringkat 801 – 1000 di dunia)
  31. University of Lethbridge (Peringkat 1201 – 1500 di dunia)

Sekilas Mengenai 5 Universitas Terbaik di Kanada

Dengan tujuh universitas berada di 200 teratas peringkat dunia, Kanada menawarkan banyak peluang untuk pendidikan kelas dunia bagi siswa internasional.

Dibandingkan dengan AS, Kanada juga dapat memberikan biaya kuliah yang lebih murah. Proses aplikasinya pun lebih sederhana, dan lebih banyak peluang untuk tinggal permanen setelah lulus.

Dua universitas terbaik di Kanada – University of Toronto dan University of British Columbia – mendapatkan nilai yang sangat tinggi untuk dampak penelitian.

Hal itu berarti universitas tersebut menghasilkan karya akademis berkualitas tinggi yang sangat dihormati. Akan kami berikan rangkuman singkat mengenai 5 universitas terbaik di Kanada.

University of Toronto

Sebagai satu-satunya universitas di Kanada yang masuk dalam 20 besar peringkat universitas terbaik di dunia 2023. Sistem pendidikan di universitas ini kurikulumnya disusun seperti universitas bergengsi di Inggris yaitu Oxford dan Cambridge.

Terdapat 10 pemenang penghargaan nobel yang merupakan lulusan universitas Toronto. Istimewanya, 25 persen mahasiswa di universitas terbaik ini adalah mahasiswa internasional. Jurusan kedokterannya merupakan salah satu yang terbaik di dunia.

University of British Columbia

Tiga perdana menteri Kanada pernah belajar di universita terbaik ke-2 di Kanada ini. University of British Columbia juga memberikan beasiswa untuk mahasiswa internasional yang negaranya dilanda perang melalui program Donald A. Wehrung International Student Award.

Tak mengherankan jika terdapat sekitar 33 persen mahasiswa internasional di kampus ini. Delapan pemenang hadiah nobel dan 65 peraih medali olimpiade juga tercatat pernah menempuh pendidikan di universtas terbaik ini.

McGill University

Berdiri sejak 1821, Universitas McGill memiliki beragam mahasiswa dari 150 negara. Universitas ini mendapatkan peringkat tinggi di dunia untuk program studi klinis.

Ada berbagai layanan untuk mahasiswa termasuk Layanan Perencanaan Karir, Kantor Siswa Penyandang Disabilitas dan Layanan Penasihat Akademik. Penyanyi-penulis lagu Leonard Cohen dan aktor William Shatner adalah lulusan McGill.

McMaster University

Universitas terbaik di Kanada yang satuini dinamai berdasarkan nama pendirinya, William McMaster. Seorang senator dan bankir terkemuka di Kanada yang menyumbangkan C$900.000 dalam pendirian universitas ini.

Jurusan kedokteran McMaster terkenal di dunia, di sana terdapat juga fakultas teknik, bisnis, humaniora, ilmu sosial, dan sains.

University of Montreal

Bahasa utama yang digunakan di universitas trbaik di Kanada ini adalah bahasa Prancis. Hampir seperempat dari mahasiswanya adalah mahasiswa internasional.

Universitas ini juga menjadi universitas dengan mahasiswa terbanyak kedua se-Kanada. Montreal memberikan fasilitas tempat tinggal penuh bagi mahasiswa sarjana dan pascasarjana. Kurang lebih 10 perdana menteri Quebec merupakan alumni Universitas Montreal.

Universitas Terbaik Kanada versi US News

Versi peringkat lain yang dibuat oleh US News untuk tahun 2023. Universitas-universitas tersebut diberi peringkat dan dievaluasi berdasarkan kinerja penelitian mereka oleh anggota komunitas akademik di seluruh dunia dan di Amerika Utara.

Tiga belas indikator penilaiannya sebagai berikut:

  • reputasi global dan regional;
  • indikator bibliometrik;
  • publikasi, buku;
  • konferensi;
  • dampak sitasi yang dinormalized;
  • total sitasi;
  • jumlah publikasi yang termasuk di antara 10 persen yang paling banyak dikutip;
  • kolaborasi internasional – relatif terhadap negara; dan
  • kerjasama internasional dan Sains

Inilah Daftar Universitas Terbaik Kanada versi US News yang sebenarnya tidak jauh berbeda pula dengan peringkat yang disusun oleh THE.

  1. University of Toronto
  2. University of British Columbia
  3. McGill University
  4. The University of Alberta
  5. McMaster University
  6. Montreal University
  7. University of Calgary
  8. University of Waterloo
  9. University of Ottawa
  10. University of Western Ontario

Demikianlah peringkat universitas terbaik di Kanada yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. Semoga bisa menjadi bahan referensi. Jadi, universitas mana yang kamu pilih untuk melanjutkan studi?

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 25 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut