6 Pilihan Aplikasi Pinjaman untuk Mahasiswa Tanpa Slip Gaji

6 Pilihan Aplikasi Pinjaman untuk Mahasiswa Tanpa Slip Gaji

pinjaman untuk mahasiswa tanpa slip gaji

DAFTAR ISI

Anda seorang mahasiswa, tapi butuh duit cepat? Pinjam duit teman gak enak, minta orang tua takut jadi beban, tapi juga gak punya pemasukan. Terus gimana? Tak perlu risau, saat ini banyak platform keuangan menyediakan pinjaman untuk mahasiswa tanpa slip gaji.

Masa remaja adalah masa paling melelahkan untuk dilalui dalam hidup, terlebih lagi mahasiswa. Belum kerja, ditambah mikirin kuliah, tapi sudah dituntut mandiri secara finansial. Selain punya kewajiban menuntut ilmu, mereka juga disibukkan dengan urusan biaya hidup.

Berbagai cara ditempuh untuk membangun kemerdekaan finansial; ikut magang, bisnis kecil-kecilan, sampai cara yang paling pragmatis, cari pasangan orang kaya. Ada? Adaaa. Semua itu dilakukan demi masa mendatang yang lebih mengerikan lagi. Fear Mongering, hahaha.

Alternatif Pinjaman untuk Mahasiswa Tanpa Slip Gaji

Daftar berikut akan mengulas berbagai aplikasi lending atau pinjaman untuk mahasiswa tanpa slip gaji agar bisa mengatasi masalah-masalah finansial.

Danadidik

Merupakan perusahaan keuangan dengan mekanisme kredit yang sangat unik. Seorang mahasiswa yang mengajukan pinjaman akan dipertemukan dengan pihak pendana. Oleh karenanya, Danadidik disebut sebagai platform peer-to-peer lending.

Lalu, apa yang dilakukan platform ini agar menarik pendana dan mau ikut berkontribusi? Danadidik menawarkan imbal hasil menarik sebanyak 15% setiap bulannya untuk para pendana yang mau membantu walau hanya Rp100.000 saja.

Danadidik hadir sebagai platform kredit keuangan yang mirip dengan sistem fundraising namun berfokus pada bidang pendidikan, termasuk peminjam di dalamnya adalah para mahasiswa. Berpartner dengan Kemenristekdikti, nantinya mahasiswa hanya perlu menyerahkan kartu identitas kampusnya sebagai persyaratan.

Dikutip dari situs resminya, saat ini Danadidik tercatat telah mengeluarkan pendanaan sebesar Rp 94 Miliar serta berhasil membantu 761 jumlah mahasiswa peminjam.

Danacita

Salah satu platform pendanaan yang memiliki banyak mitra perguruan tinggi dan lembaga kursus. Cara mengajukan pinjaman di platform ini pun cukup mudah. Mahasiswa hanya wajib memenuhi persyaratan berkewarganegaraan Indonesia, memastikan platform bermitra dengan lembaga pendidikanmu, dan selesaikan formulir pendaftaran.

Dengan platform ini, mahasiswa peminjam tak perlu melampirkan slip gaji, hanya wajib memiliki KTP dan tanda pengenal mahasiswa.

Koin Pintar

Aplikasi untuk mahasiswa tanpa slip gaji berikutnya adalah Koin Pintar. Platform ini berdiri di bawah naungan grup Koin Works, sebagai sebuah perusahaan Aplikasi Super Finansial. Koin Pintar tercatat telah memiliki sertifikat ISO 27001: 2013 Certificate sebagai Finansial Agregator Manajemen Sekuritas Informasi.

Dalam situs resminya, syarat yang ditetapkan oleh Koin Pintar bagi para peminjam adalah hanya lampiran KTP, KK, dan Mutasi Rekening selama 3 bulan terakhir.

Danarupiah

Aplikasi satu ini menawarkan pinjaman hingga sebesar Rp25 Juta dan pencairannya tidak lebih dari 1 jam. Danarupiah tidak mengenakan jaminan dalam pelayanan finansialnya. Ini adalah salah satu keunggulan Danarupiah.

Mahasiswa yang mengajukan peminjaman dana di aplikasi ini hanya butuh menyerahkan lampiran KTP. Tenor yang didapatkan adalah selama 91 hari dan maksimal APR 10,5% per tahunnya.

Kredivo

Adalah salah satu perusahaan teknologi finansial yang memberikan fasilitas pendanaan tanpa ketentuan uang muka. Untuk para mahasiswa hal ini sangat menguntungkan mengingat urgensi keterbutuhan dana bagi kalangan yang belum memiliki penghasilan.

Kredivo juga menyediakan limit kredit yang terhitung fantastis. Untuk akun premium, peminjam bisa mengajukan kredit hingga mencapai 20 juta rupiah dengan tenor pembayaran maksimal 30 hari.

Proses pendaftaran pada Kredivo bisa dibilang tidak rumit karena tidak mensyaratkan jaminan dan slip gaji.

Kredit Pintar

Kiprah platform ini dalam dunia teknologi finansial sudah terbilang lama dan tak perlu diragukan lagi. Aplikasinya pun sangat mudah didapatkan, total pengunduh sudah lebih dari 10 juta pengguna.

Kredit Pintar juga berhasil memenangi banyak penghargaan dalam bidang FinTech, salah satunya pada awal 2021 lalu, sebagai Top Brand Award online financing terbaik. Bagaimana tidak terbaik, fasilitas peminjaman yang ditawarkan sangat mudah karena hanya dengan KTP.

Limit yang ditawaran Kredit Pintar juga terbilang besar hingga mencapai 20 Juta Rupiah dan ketentuan tenor yang bervariasi hingga maksimal 12 bulan.

Demikianlah ulasan tentang berbagai pilihan aplikasi pinjaman untuk mahasiswa tanpa slip gaji yang bisa dijadikan referensi untuk memenuhi kebutuhan dana.