Sensasi Mendaki Phan Xi Pang, Gunung Tertinggi di Vietnam

Sensasi Mendaki Phan Xi Pang, Gunung Tertinggi di Vietnam

gunung tertinggi di vietnam

DAFTAR ISI

Mari kita menjelajahi gunung tertinggi di Vietnam, yakni Gunung Phan Xi Pang. Apakah cocok untuk para pendaki gunung?

Negara Vietnam adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki jajaran pegunungan yang terkenal indah. Gunung Phan Xi Pang pun menjadi gunung tertinggi di Vietnam dan dinilai ideal untuk untuk menjadi jalur para pendaki gunung. Apa kira-kira alasannya?

Gunung Phan Xi Pang memiliki berbagai alasan mengapa menjadi obyek wisata alam terkenal dari Vietnam. Gunung Phan Xi Pang dalam bahasa Vietnam ini juga sering disebut dengan nama Gunung Fansipan.

Di manakah lokasi dan apa saja keindahan dari Phan Xi Pang, gunung tertinggi di Vietnam ini?

Kondisi Geografis Gunung Tertinggi di Vietnam

Gunung Phan Xi Pang merupakan puncak tertinggi Vietnam yang berada di wilayah barat laut Vietnam. Detailnya berada di perbatasan provinsi Lao Cai dan provinsi Lai Chao. Ketinggian gunung Phan Xi Pang ini mencapai 31.473 meter atau setara dengan 10.312 kaki.

Gunung Phan Xi Pang terkenal dengan keindahan beraneka ragam flora dan fauna yang tinggal di dalamnya. Gunung ini memiliki hutan yang lebat, ribuan varietas bunga, dan ratusan spesies hewan.

Sebagai puncak tertinggi di Vietnam, Gunung Phan Xi Pang akhirnya juga terkenal dengan sebutan Atap Indochina. Hal ini karena Gunung Phan Xi Pang menjadi yang tertinggi untuk di wilayah Vietnam, Kamboja, dan juga Laos.

Gunung Phan Xi Pang ini merupakan salah satu puncak gunung dari pegunungan Hoang Lien Son dan masuk ke dalam Taman Nasional Hoang Lien. Perlu jarak sekitar 256 km dari kota Hanoi untuk mengunjungi gunung Phan Xi Pang.

Keindahan yang Dimiliki Gunung Phan Xi Pang

Gunung Phan Xi Pang memiliki sejumlah keindahan yang tersimpan dan menjadi daya tarik utamanya bagi para wisatawan. Bahkan para wisatawan yang datang berkunjung tidak hanya wisatawan domestik tetapi juga dari mancanegara.

Yang unik dari Gunung Phan Xi Pang adalah gunung yang satu ini memiliki 4 musim sekaligus yakni musim panas, musim semi, musim gugur, dan musim salju. Sehingga, menemukan salju di puncak Gunung Phan Xi Pang pun sudah lumrah bagi para pendaki.

Selain memiliki keindahan alam yang luar biasa, sepanjang Gunung Phan Xi Pang juga dirawat dan dilengkapi fasilitas terbaik oleh pemerintah Vietnam. Bahkan di bagian puncak gunung, kita bisa menemukan beberapa spot untuk berfoto yang memang dibuat untuk memanjakan para wisatawan yang datang.

Beberapa spot foto terbaik di puncak gunung Phan Xi Pang di antaranya: monumen logam Phan Xi Pang berbentuk segitiga, lukisan tiga wanita H’Mong, dan ada juga sebuah pagoda Budha yang siap menyambut para wisatawan terutama pendaki.

Sebagai Jalur Pendakian Gunung Terkenal

Gunung Phan Xi Pang sangat terkenal bagi para pendaki gunung. Diperlukan waktu selama 2 hingga 3 hari lamanya jika ingin menjelajahi gunung Phan Xi Pang full dengan mendaki sendiri. Namun, kini sudah ada satu jalur pendakian baru yang bisa membantu para pendaki dengan menggunakan kereta gantung.

Semenjak tahun 2016, pemerintah Vietnam meresmikan kereta gantung bertali tiga sebagai alat tranportasi yang bisa dipilih para wisatawan dan pendaki untuk berangkat ke puncak gunung Phan Xi Pang. Kereta gantung ini bisa diakses dengan cara mengunjungi kota Sa Pa dan membeli tiketnya langsung di sana.

Dari waktu yang biasanya hingga 3 hari lamanya bisa dipangkas agar menuju puncak lebih awal dan tidak perlu berhari-hari lagi. Apalagi kereta gantung yang diresmikan pemerintah Vietnam ini telah dilengkapi teknologi teranyar dan jalur keretanya terbentang hingga 63 km panjangnya.

Dengan menaiki kereta gantung, kita bisa meluncur selama 20 menit di atas lembah Muong Ha menuju lembah gunung Phan Xi Pang. Sesampainya di lembah, akan ada sekitar 630 anak tangga yang bisa dilewati dengan berjalan kaki bagi yang berkenan melanjutkan pendakian.

Meskipun begitu, tetap ada alternatif lain yang disediakan jika kita tidak ingin mendaki untuk mencapai ke puncak. Kita bisa memilih untuk naik trem funicular selama beberapa menit hingga akhirnya sampai di puncak Gunung Phan Xi Pang.

Untuk menaiki kereta gantung, harga tiket yang harus kita bayar sekitar USD30 sedangkan untuk naik trem funicular perlu membayar sekitar USD5. Meski merogoh kantong lebih banyak, namun kita bisa menuju puncak gunung Phan Xi Pang lebih cepat dan mudah. Namun, pilihan untuk mendaki atau menaiki kereta gantung adalah pilihan masing-masing orang.

Itulah tadi informasi mendetail tentang gunung tertinggi di Vietnam yaitu Gunung Phan Xi Pang. Semoga bisa menjadi salah satu bacaan rekomendasi untuk berkunjung ke negara Vietnam dan mendaki puncak gunung tertinggi negara ini.

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 25 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut