7 Drakor Tentang Mental Health, Terbaru Daily Dose of Sunshine!

7 Drakor Tentang Mental Health, Terbaru Daily Dose of Sunshine!

drakor tentang mental health

DAFTAR ISI

Sediksi.com– Drama Korea memiliki banyak tema mulai dari politik, ekonomi, hingga hal-hal sosial lainnya. Salah satu tema yang turut dibahas adalah mental health atau kesehatan mental. Drakor tentang mental health secara tajam dan sensitif telah membangun kesadaran seputar kesehatan mental dan menyoroti berbagai perjuangan yang ada di dalamnya.

Tema-tema ini bertujuan untuk mengingatkan bahwa penonton tidak sendirian saat mengalami isu kesehatan mental. Berikut adalah drakor tentang mental health yang bisa kamu tonton saat waktu luang.

Rekomendasi Drakor tentang Mental Health

Our Blues

drakor tentang mental health
Soompi

Salah satu bab dalam antologi “Our Blues” adalah tentang Min Seon Ah (Shin Min Ah), seorang ibu muda yang menderita depresi. Acara ini secara ringkas menyoroti kelelahan yang dialami Shin Min Ah, ketidakmampuannya melakukan pekerjaan sehari-hari, terputusnya hubungan dari masa kini, dan keadaan bingungnya.

Dia kehilangan hak asuh atas anaknya mengingat kondisinya saat ini. Namun saat dia mencari terapi, dia juga dibantu oleh penjual keliling yang kasar bernama Lee Dong Suk (Lee Byung Hun), yang memiliki hubungan retak dengan ibunya setelah kematian saudara perempuannya.

Selain itu drama ini juga memiliki tag line acara tersebut yang menyentuh: “Kepada semua yang masih hidup, mari kita berbahagia.”

My Mister

7 Drakor Tentang Mental Health, Terbaru Daily Dose of Sunshine! - my mister
Soompi

Lee Ji An (IU) adalah seorang wanita muda yang terlilit hutang dan tidak pernah mengalami kemudahan. Ji An hanya berusaha untuk tetap bertahan di tengah gejolak kehidupannya. Saat dia sibuk antara beberapa pekerjaan paruh waktu dan merawat neneknya yang sakit, dia terus-menerus mengalami depresi.

Karena kewalahan dengan kehidupan, dia merasa seolah-olah tidak ada lagi yang bisa dinanti-nantikan, dan gelombang kesedihan yang berkepanjangan terus menyelimuti dirinya.

Namun, segalanya berubah ketika dia bertemu Park Dong Hoon (Lee Sun Kyung), seorang pekerja kantoran yang berempati dan optimis. Dia menjadi temannya, filsuf, dan pembimbing serta membantunya melihat sisi positif kehidupan dan memberinya dukungan emosional yang dia cari.

Its Okay, That’s Love

7 Drakor Tentang Mental Health, Terbaru Daily Dose of Sunshine! - Its okay thats love
Soompi

Rekomendasi drakor tentang mental health selanjutnya adalah Its Okay, That’s Love. Jang Jae Yeol (Jo In Sung) adalah novelis misteri terlaris dan joki radio. Dia pemurung, terkadang ceria, dan terkadang sedikit sombong. Dia menderita gangguan obsesif kompulsif, yang berawal dari masa lalunya yang traumatis.

Ji Hae Soo (Gong Hyo Jin) adalah seorang psikiater simpatik yang berkomitmen penuh pada karirnya tetapi sangat pesimis dalam hal cinta dan hubungan.

Jae Yeol dan Hae Soo memulai dengan langkah yang salah, dan ketidakstabilan mereka semakin diperburuk oleh kepribadian mereka yang kuat. Namun, saat mereka semakin dekat dan jatuh cinta, mereka menyadari bahwa masalah kesehatan mental Jae Yeol jauh lebih serius daripada yang mereka perkirakan.

Ada juga Park Soo Kwang (Lee Kwang Soo), penderita Sindrom Tourette, dan Jo Dong Min (Sung Dong Il), yang tinggal serumah dengan Hae Soo. Bersama-sama, individu-individu ini memulai perjalanan penyembuhan dan pemberdayaan.

Pertunjukan dan keterbukaan yang ditampilkan dalam drama ini terhadap kesehatan mental membantu menegaskan bahwa menerima apa yang kamu alami dan mencari bantuan adalah hal yang baik-baik saja.

It’s Okay to Be Not Okay

7 Drakor Tentang Mental Health, Terbaru Daily Dose of Sunshine! - its okay to not be okay
Soompi

Moon Kang Tae (Kim Soo Hyun) adalah seorang perawat di rumah sakit jiwa. Dia mengabdikan diri untuk melayani pasiennya, namun dunianya berkisar pada kesejahteraan kakak laki-lakinya Sang Tae (Oh Jung Se). Sang Tae adalah seorang calon seniman yang termasuk dalam spektrum autisme.

Kedua bersaudara ini memiliki masa kecil yang sulit karena Sang Tae terus mengalami trauma atas kematian ibunya dan kenangan tersebut dapat memicu kehancuran. Moon Young (Seo Ye Ji) adalah penulis buku anak-anak terlaris.

Secara emosional tidak terikat dan tidak menyesal sampai-sampai menjengkelkan, dia bukanlah orang yang suka bergaul. Moon Young adalah seorang wanita muda bermasalah yang terjebak dalam kenangan masa kecilnya yang kelam.

Saat Moon Young jatuh cinta pada Gang Tae, dia mencoba memenangkan hatinya dengan caranya sendiri yang sombong, dengan memanipulasi Sang Tae untuk mengilustrasikan bukunya. Seiring berjalannya waktu, ketiganya membentuk hubungan kekerabatan yang erat, menjadi keluarga yang belum pernah mereka miliki satu sama lain.

“It’s Okay to Be Not Okay” secara sensitif membahas isu-isu yang berkaitan dengan kesehatan mental, terutama tentang bagaimana trauma masa kecil jika tidak ditangani akan meninggalkan luka yang dalam dan luka emosional.

Fix You/ Soul Mechanic

7 Drakor Tentang Mental Health, Terbaru Daily Dose of Sunshine! - Fix You
Soompi

Lee Shi Joon (Shin Ha Kyun) adalah seorang psikiater yang memiliki cara baru dalam menyembuhkan pasiennya. Dia benar-benar prihatin terhadap mereka, dan meskipun banyak yang menganggap caranya eksentrik, dia berhasil membantu kliennya mengatasi trauma dan masalah kesehatan mental mereka. Han Woo Joo (Jung So Min) adalah seorang aktris, yang dikenal memiliki serangan panik dan kehancuran emosional.

Saat Shi Joon bertemu Woo Joo, dia berusaha keras untuk membantunya sembuh. Sabar dan berdedikasi dalam menasihatinya, Shi Joon membantu Woo Joo melewati banyak masalah yang menghalanginya menjalani kehidupan terbaiknya. Kisah cinta yang berkembang selama ini sungguh menyenangkan.

“Fix You” menunjukkan bagaimana mendapatkan konselor dan terapis yang tepat dapat membantu pasien mengatasi masalah mereka. Sebuah drama yang sangat unik dan menginspirasi, “Fix You” adalah acara yang sangat diremehkan dan pastinya harus ada dalam daftar tontonanmu.

Kill Me Heal Me

7 Drakor Tentang Mental Health, Terbaru Daily Dose of Sunshine! - Kill Me Heal Me
Soompi

Do Hyun (Ji Sung) adalah pewaris sebuah perusahaan besar. Do Hyun sedang dirawat karena masalah kesehatan mentalnya yang rumit. Dia menderita gangguan identitas disosiatif dan “hidup” dengan enam kepribadian lainnya, yang masing-masing muncul ke permukaan tergantung situasinya.

Do Hyun menciptakan kepribadian ini untuk menghadapi masa lalunya yang traumatis dan penuh kekerasan sebagai seorang anak, yang terus menghantuinya di masa dewasa. Ketika Ri Jin (Hwang Jung Eum), seorang psikiater, bertemu dengan Shin Se Gi, seorang bintang rock yang kasar, dia kemudian menyadari bahwa itu adalah salah satu dari banyak kepribadian Do Hyun.

Ri Jin segera mengetahui bahwa dia dan Do Hyun berbagi masa lalu sebagai anak-anak. Meskipun ingatannya hilang, masalah yang tertanam dalam ingatan itulah yang memegang kunci kesehatan mental Do Hyun.

Daily Dose of Sunshine

7 Drakor Tentang Mental Health, Terbaru Daily Dose of Sunshine! - sinopsis daily dose of sunshine 1
Netflix

Nah, rekomendasi drakor tentang mental health yang terakhir ada Daily Dose of Sunshine. Drama ini baru saja tayang awal November ini.

Daily Dose of Sunshine adalah serial Korea yang penuh kebaikan dan sisipan humor dalam menghadapi gangguan mental. Kisahnya berpusat pada Jung Da-eun (diperankan oleh Park Bo-Young), seorang perawat berbakat yang tiba-tiba dipindahkan dari departemen penyakit dalam ke departemen psikiatri di Rumah Sakit Universitas Myongshin.

Ia bingung saat harus beradaptasi dengan poli jiwa. Tapi dengan bimbingan Kepala Perawat Song Hyo-Jin (diperankan oleh Lee Jung Eun), dia berusaha yang terbaik untuk merawat pasien-pasiennya dan menjadi seorang perawat yang luar biasa.

Yang membuat acara ini istimewa adalah keinginan unik Da-eun untuk memahami realitas aneh dan khayalannya pasien. Ini tentang kehidupannya dan pertumbuhan profesionalnya, sambil membentuk hubungan yang bermakna dengan beragam pasien di poli jiwa.

Nggak lengkap kalau tidak membicarakan romansa.  Dong Go Yoon (diperankan oleh Yeon Woo Jin), seorang proktolog, jatuh hati pada sifat baik hati Da Eun. Dia sering tersenyum ketika berada di sekitarnya.

Selain itu, Da Eun berteman dengan Song Yoo Chan (diperankan oleh Jang Dong Yoon), yang mungkin cerdas di permukaan, tetapi menyimpan kesedihan yang dalam.

Serial ini berdasarkan pengalaman nyata Lee Ra-ha, seorang mantan perawat, dan mencerahkan tantangan yang dihadapi oleh pasien ward psikiatri yang hati dan pikirannya hancur karena peristiwa traumatis.

Itulah 7 rekomendasi drakor tentang mental health. Ada yang ingin kamu tonton duluan?

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel